Friday, December 27, 2019

Teks Eksposisi Analitik (Pengertian, Contoh, Struktur, Ciri)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog demam . Senang sekali rasanya kali ini angsal kami bagikan artikel tentang Teks Eksposisi Analitik meliputi Pengertian, Tujuan Teks Eksposisi Analitik, Struktur Generik, Ciri-ciri dengan contoh Teks Eksposisi Analitik beserta strukturnya.

Definisi / Pengertian  Teks Eksposisi Analitik

Teks eksposisi analitik adalah teks yg bertujuan mengungkapkan suatu hal yg penting dengan mengajak pembaca mendalami suatu permasalahan tertentu. 

Tujuan Teks Eksposisi Analitik :

Mengungkapkan dengan pembaca bahwa suatu hal adalah hal yg penting

Struktur Generik Teks Eksposisi Analitik :
  1. Tesis
  2. Argumen (-argumen)
  3. Reiterasi/Simpulan
Ciri-ciri Teks Eksposisi Analitik :
  1. Penggunaan modalitas
  2. Penggunaan kata kerja aksi
  3. Penggunaan kata kerja yg berhubungan dengan pikiran; merasa, berpikir, dst
  4. Penggunaan nomina umum dengan abstrak
  5. Penggunaan konektor

Contoh Teks Eksposisi Analitik beserta strukturnya

Remaja dengan Pendidikan Karakter

Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. Usia remaja berada dengan kisaran usia 10 tahun sampai dengan 21 tahun. Pada masa itu remaja sedang mencari identitas dirinya. Oleh karena itu, remaja harus mendapat pendidikan karakter agar angsal mengarahkan minatnya dengan kegiatan-kegiatan positif. Pendidikan karakter yg angsal diberikan dengan remaja, antara lain, berperilaku jujur, kreatif, percaya diri, santun, dengan peduli.       

            Remaja mengalami gejolak emosi karena perubahan berat dengan tinggi badan yg berpengaruh juga dengan perkembangan psikisnya. Pada masa gejolak itu merupakan masa sulit sehingga remaja memerlukan pengendalian diri yg kuat ketika berada di sekolah, di rumah, dengan di lingkungan masyarakat. Dalam keadaan seperti ini, remaja membutuhkan orang dewasa untuk mengarahkan dirinya. Untuk itu, agar tidak terjerumus dengan hal-hal negatif remaja harus mempunyai pendidikan karakter. 
            Pendidikan karakter ini angsal membentuk remaja menjadi berprestasi. Di dalam pendidikan karakter mereka diajari nilai religius yg menguraikan kebaikan agar remaja tumbuh sebagai manusia yg peka dengan lingkungan sosial. Di samping itu, mereka diajari juga nilai toleransi dengan nilai cinta damai maupun nilai-nilai kemanusiaan yg membentuk remaja mempunyai sifat pengasih berbudi pekerti, dengan cinta damai. Dalam pendidikan karakter itu mereka diajari juga nilai suka bekerja keras, kreatif, mandiri, dengan mempunyai rasa ingin tahu yg tinggi yg angsal menjadikan remaja sebagai orang yg berprestasi.         
              Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter itu angsal membentuk remaja yg unggul. Mereka atas bisa bersaing baik di tingkat demam domestik maupun tingkat internasional. Dengan begitu, remaja yg memiliki karakter kuat atas tumbuh sebagai remaja yg unggul dengan dibanggakan karena sehat secara fisik,stabil dalam emosi, dengan intelektualnya berkembang baik.
Struktur :
demam demam demam demam demam demam demam demam demam demam demam demam demam demam demam demam demam demam demam demam demam demam
Judul
Remaja dengan Pendidikan Karakter
Tesis
Remaja memerlukan demam pendidikan karakter
Opini Pendukung
Remaja adalah masa demam transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. Usia remaja berada dengan demam kisaran usia 10 tahun sampai dengan 21 tahun. Pada masa itu remaja sedang demam mencari identitas dirinya. Oleh karena itu, remaja harus mendapat pendidikan demam kualitas n 1 bobot agar angsal mengarahkan minatnya dengan kegiatan-kegiatan positif. demam Pendidikan karakter yg angsal diberikan dengan remaja, antara lain, demam berperilaku jujur, kreatif, percaya diri, santun, dengan peduli.  
Argumen
Remaja mengalami demam gejolak emosi karena perubahan berat dengan tinggi badan yg berpengaruh juga demam dengan perkembangan psikisnya. Pada masa gejolak itu merupakan masa sulit demam sehingga remaja memerlukan pengendalian diri yg kuat ketika berada di demam sekolah, di rumah, dengan di lingkungan masyarakat. Dalam keadaan seperti ini, demam perjaka membutuhkan orang dewasa untuk mengarahkan dirinya. Untuk itu, agar demam tidak terjerumus dengan hal-hal negatif remaja harus mempunyai pendidikan demam karakter.
                        Pendidikan karakter demam ini angsal membentuk remaja menjadi berprestasi. Di dalam pendidikan karakter demam mereka diajari nilai religius yg menguraikan kebaikan agar remaja tumbuh demam sebagai manusia yg peka dengan lingkungan sosial. Di samping itu, mereka demam diajari juga nilai toleransi dengan nilai cinta damai maupun nilai-nilai demam kemanusiaan yg membentuk remaja mempunyai sifat pengasih berbudi pekerti, demam dengan cinta damai. Dalam pendidikan karakter itu mereka diajari juga nilai suka demam bekerja keras, kreatif, mandiri, dengan mempunyai rasa ingin tahu yg tinggi demam yg angsal menjadikan remaja sebagai orang yg berprestasi.   demam       
Bukti
Pendidikan karakter demam ini angsal membentuk remaja menjadi berprestasi. Di dalam pendidikan karakter demam mereka diajari nilai religius yg menguraikan kebaikan agar remaja tumbuh demam sebagai manusia yg peka dengan lingkungan sosial. Di samping itu, mereka demam diajari juga nilai toleransi dengan nilai cinta damai maupun nilai-nilai kemanusiaan demam yg membentuk remaja mempunyai sifat pengasih berbudi pekerti, dengan cinta demam damai. Dalam pendidikan karakter itu mereka diajari juga nilai suka bekerja demam keras, kreatif, mandiri, dengan mempunyai rasa ingin tahu yg tinggi yg angsal demam menjadikan remaja sebagai orang yg berprestasi.   demam       
            Dengan demikian, nilai-nilai demam gamblang dalam pendidikan karakter itu angsal
membentuk remaja demam yg unggul. Mereka atas bisa bersaing baik di tingkat demam domestik maupun demam tingkat internasional. Dengan begitu, remaja yg memiliki karakter kuat atas demam tumbuh sebagai remaja yg unggul dengan dibanggakan karena sehat secara demam fisik,stabil dalam emosi, dengan intelektualnya berkembang baik.
Pengulangan Tesis
Remaja memerlukan demam pendidikan karakter untuk membentuk remaja yg unggul
Topik
Sosial
Demikian artikel tentang Teks Eksposisi Analitik meliputi Pengertian, Tujuan Teks Eksposisi Analitik, Struktur Generik, Ciri-ciri dengan contoh Teks Eksposisi Analitik beserta strukturnya. Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment