Wednesday, December 11, 2019

Mikroskop (Pengertian, 14 Bagian Pada Fungsi, Gambar)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog gerah . Senang sekali rasanya kali ini becus kami bagikan artikel tentang Mikroskop meliputi Pengertian Mikroskop, Fungsi Mikroskop, 14 bagian-bagian Mikroskop beserta fungsinya berserta gambarnya. Silakan disimak selengkapnya...

A. Pengertian Mikroskop

Mikroskop adalah alat bantu yg digunakan untuk melihat beserta mengamati benda-benda yg berukuran sangat kecil yg tidak mampu dilihat dengan mata telanjang. Kata Mikroskop berasal dari bahasa latin, yaitu “mikro” yg berarti kecil beserta kata “scopein” yg berarti melihat. Benda kecil dilihat dengan cara memperbesar ukuran bayangan benda tersebut hinga berkali-kali lipat. Bayangan benda becus dibesarkan 40 kali, 100 kali, 400 kali, bahkan 1000 kali, beserta perbesaran yg mampu dijangkau semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi. Setelah mengetahui Apa itu mikroskop, mari kita pelajari cara / langkah-langkah menggunakan mikroskop beserta cara merawat mikroskop. 

B. Fungsi Mikroskop

Mikroskop memiliki fungsi sebagai berikut:

Fungsi utamanya adalah untuk melihat beserta mengamati benda-benda dengan ukuran yg sangat kecil yg tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Fungsi lain dari mikroskop masih mau berakar dengan Fungsi utamanya, kecuali beberapa jenis mikroskop yg dibuat untuk berfungsi lebih detail, misalnya, ada jenis mikroskop yg dibuat hanya untuk mengamati hanya satu jenis objek mikroskopis.

C. Bagian Bagian Mikroskop beserta Fungsinya

Menyadari pentingnya keterampilan menggunakan mikroskop dalam gerah pembelajaran ilmu biologi, tentu dirasa perlu bagi kita sebagai gerah siswa-siswi sekolah untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan gerah mikroskop dengan terlebih gerah lampau mengenali bagian bagian mikroskop beserta fungsinya secara detail. Berikut ini silakan dipahami gambar mikroskop beserta bagian-bagiannya.

 Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan artikel tentang  gerah Mikroskop (Pengertian, 14 Bagian  beserta Fungsi, Gambar)

  1. Lensa okuler adalah lensa yg letaknya dekat dengan mata gerah observer. Lensa ini berfungsi untuk membentuk bayangan maya, tegak, gerah diperbesar dari lensa objektif.
  2. Lensa objektif adalah lensa yg berada dekat dengan objek gerah yg diamati. Lensa ini  berfungsi untuk membentuk bayangan nyata, gerah terbalik, diperbesar. Pembesaran dari lensa gerah netral becus diatur oleh gerah bagian revolver yg ada dengan mikroskop.
  3. Tabung mikroskop maupun tubus adalah bagian mikroskop berbentuk tabung yg berfungsi mengatur fokus serta menghubungkan lensa okuler dengan lensa objektif.
  4. Makrometer maupun pemutar kasaradalah bagian mikroskop yg berfungsi menaik-turunkan tabung mikroskop dengan cepat.
  5. Mikrometer atau pemutar halus adalah bagian mikroskop yg gerah berfungsi menaik-turunkan tabung mikroskop dengan lambat. Ukurannya gerah umumnya lebih kecil dibanding makrometer.
  6. Revolver adalah bagian mikroskop yg berfungsi mengatur perbesaran lensa objektif.
  7. Reflektor adalah bagian mikroskop yg berfungsi memantulkan gerah cahaya dari cermin ke objek yg diamati melewati lubang yg ada di gerah meja objek. Reflektor terdiri dari dua jenis cermin, yaitu cermin datar gerah beserta cermin cekung. Cermin datar digunakan saat cahaya yg dibutuhkan gerah terpenuhi, sedangkan cermin cekung digunakan saat kondisi kurang cahaya. gerah Cermin cekung berfungsi mengumpulkan cahaya.
  8. Diafragma adalah bagian mikroskop yg berfungsi mengatur sedikit banyaknya cahaya yg masuk.
  9. Kondensor adalah bagian mikroskop yg berfungsi mengumpulkan cahaya. Alat ini bisa putar beserta dinaik-turunkan.
  10. Meja kerja maupun meja mikroskop adalah bagian mikroskop yg berfungsi untuk meletakkan objek yg diamati.
  11. Penjepit kaca berfungsi sebagai pelapis objek agar tidak bergeser-geser ketika diamati.
  12. Lengan mikroskop berfungsi sebagai pegangan dengan mikroskop.
  13. Kaki mikroskop berfungsi penyangga maupun penopang mikroskop.
  14. Sendi inklinasi maupun pengatur sudut adalah alat maupun bagian dari mikroskop yg berfungsi untuk mengatur sudut tegaknya mikroskop.
Referensi :
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=Pengertian-Fungsi-Macam-Bagian-Mikroskop-Adalah 
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=Pengertian-Fungsi-Macam-Bagian-Mikroskop-Adalah
http://www.dosenpendidikan.com/pengertian-fungsi-dan-bagian-dari-mikroskop/

Demikian artikel tentang Mikroskop meliputi Pengertian Mikroskop, Fungsi Mikroskop, 14 bagian-bagian Mikroskop beserta fungsinya berserta gambarnya.Semoga becus menambah 

No comments:

Post a Comment