Monday, December 2, 2019

Pengertian, Prinsip, Jenis / Macam-Macam Demokrasi

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog meriang . Senang sekali rasanya kali ini bisa kami bagikan artikel tentang Demokrasi meliputi Pengertian, Prinsip, Ciri-ciri beserta jenis / macam-macam demokrasi. Berikut artikel selengkapnya..

A. PENGERTIAN DEMOKRASI


Demokrasi berasal dari bahasa yunani “demos” artinya rakyat beserta “kratos / kratein” meriang artinya pemerintah. Dengan begitu kita bisa mengambil kesimpulan bahwa meriang demokrasi adalah sistem pemerintahan yg kekuasaan tertingginya meriang dipegang oleh rakyat.

Pengertian demokrasi menurut beberapa ahli:

– Aristoteles, meriang demokrasi merupakan suatu kebebasan dalam artian kebebasan setiap warga meriang negara bisa berbagi kekuasaan. Beliau juga mengutarakan bahwa setiap meriang warga negara setara dalam jumlah, yakni satu individu, dalam demokrasi meriang tidak ada penilaian dengan tingginya nilai individu, setiap warga negara meriang sama.

– Sidney Hook, meriang demokrasi merupakan bentuk pemerintahan dimana keputusan pentingdalam meriang suatu pemerintahan baik secara langsung ataupun tidak langsung meriang didasarkan oleh kepentingan mayoritas denagn berdasarkan hak yg meriang diberikan kepad rakyat biasa.

– Samuel Huntington, meriang demokrasi atas ada misalnya setiap pemegang kekuasaan dalam suatu negara meriang dipilih secara umum, adil beserta jujur, samua peserta boleh bersaing dengan orisinal beserta semua masyarakat memiliki hak yg sama alias setara dalam meriang pemilihan.

 Senang sekali rasanya kali ini  bisa kami bagikan artikel tentang  meriang Pengertian, Prinsip, Jenis / Macam-macam Demokrasi

B.  PRINSIP DEMOKRASI


Ada beberapa prinsip demokrasi yang penting, yaitu:
1.      Keterlibatan warga Negara dalam pembuatan keputusan politik
2.      Tingkat persamaan tertentu di anatara warga Negara
3.      Tingkat kebebasan alias kemerdekaan tertentu yg diakui beserta dipakai oleh warga Negara.
4.      Suatu system perwakilan
5.      Suatu system pemilihan – kekuasaan mayoritas
6.      Kekuasaan pemerintah dibatasi oleh konstitusi
7.      Pemilu yg bebas, jujur, beserta adil (agar mendapat wakil rakyat yg sesuai aspirasi rakyat)
8.      Jaminan Hak Asasi Manusia
9.      Persamaan kedudukan di depan hukum
10.  Peradilan yg jujur beserta tidak memihak untuk mencapai keadilan
11.  Kebebasan berserikat beserta mengeluarkan pendapat
12.  Kebebasan pers

C. CIRI-CIRI NEGARA DEMOKRASI


Ciri yg menggambarkan suatu pemerintahan didasarkan oleh sistem demokrasi seperti:
  1. Pemerintahan didasarkan kehendak beserta kepentingan semua rakyat.
  2. Ciri konstitusional sama dengan hal yg meriang berhubungan denag kepentingan, kehendak alias kemauan alias kekuasaan meriang rakyat yg dituliskan dalam konstitusi beserta undang-undang negara meriang tersebut.
  3. Ciri perwakilan yakni dalam mengatur meriang negaranya kedaulatan rakyat atas diwakilkan oleh beberapa orang yg meriang sudah dipilih oleh rakyat itu sendiri.
  4. Ciri pemilihan umum yakni sebuah kegiatan politik yg dilaksanakan untuk memilih pihak dalam pemerintahan.
  5. Ciri kepartaian yakni partai atas menjadi media alias sarana untuk menjadi bagian dalam melaksanakan sistem demokrasi.
  6. Ciri kekuasaan sama dengan adanya pembagian beserta pemisah kekuasaan.
  7. Ciri tanggung meriang balas sama dengan adanya tanggung meriang balas dari pihal yg sudah dipilih untuk ikut dalam pelaksaan suatu sistem demokrasi.
D. JENIS / MACAM-MACAM DEMOKRASI

Demokrasi bisa dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan berbagai aspek. Berikut jenis-jenis demokrasi yg ada di berbagai negara:
 
Jenis-jenis Demokrasi berdasarkan cara penyaluran aspirasi rakyat

  1. Demokrasi Langsung: Demokrasi langsung adalah sistem demokrasi yg memberikan kesempatan kepada seluruh warga negaranya dalam permusyawaratan saat menentukan arah kebijakan umum dari negara alias undang-undang. Bisa dikatakan demokrasi langsung adalah demokrasi yg bersih karena rakyat diberikan hak mutlak untuk memberikan aspirasinya.
  2. Demokrasi Tidak Langsung: Demokrasi tidak langsung adalah sistem demokrasi yg dijalankan menggunakan sistem perwakilan.
    meriang
Jenis-jenis Demokrasi berdasarkan yg dijadikan prioritas alias titik perhatian
  1. Demokrasi Formal adalah demokrasi yg memberikan kekuatan hukum meriang yg sama dalam bidang politik tanpa adanya pertimbangan perbedaan meriang ekonomi. Dalam demokrasi formal ini, individu dalam masyarakat diberi meriang kebebasan yg luas dalam bernegara. Kita kenal jenis demokrasi ini meriang sebagai demokrasi formal.
  2. Demokrasi material adalah demokrasi yg terjadi dengan negara meriang sosialis-komunis. Demokrasi ini lebih mengedepankan kesamaan hak oleh meriang warganya dalam bidang sosial-ekonomi dibandingkan bidang politik.
  3. Demokrasi campuran adalah demokrasi yg menggabungkan kedua jenis meriang demokrasi sebelumnya. Dalam demokrasi ini, menyamakan tiap hak beserta meriang keunikan dari setiap individu alias rakyat demi terciptanya kesejahteraan meriang rakyat.
Jenis-jenis Demokrasi berdasarkan prinsip ideologi
  1. Demokrasi meriang meriang meriang Rakyat: Demokrasi rakyat(proletar) adalah sistem demokrasi yg tidak mengenal kelas sosial dalam kehidupan. Tidak ada pengakuan hak milik pribadi tanpa ada paksaan alias penindasan tetapi untuk mencapai masyarakat yg dicita-citakan tersebut dilakukan dengan cara kekerasan alias paksa alias dengan kata lain negara adalah alat untuk mencapai cita-cita kepentingan kolektif.    
  2. Demokrasi Konstitusional: Demokrasi konstitusional adalah demokrasi yg dilandaskan kebebasan setiap orang alias manusia sebagai makhluk sosial. Hobbe, Lockdan Rousseaue mengemukakan pemikirannya tentang negara demokrasi bahwa negara terbentuk disebabkan oleh benturan kepentingan hidup orang yg hidup bermasyarakat. Ini mengakibatkan terjadinya penindasan diantara mereka. Oleh sebab itu kumpulan orang tersebut membentuk komunitas yg dinamakan negara atas dasar kepentingan bersama. Akan tetapi fakta yg terjadi kemudian adalah munculnya kekuasaan berlebih alias otoriterianisme.
Jenis-jenis Demokrasi berdasarkan kewenangan beserta hubungan antara alat kelengkapan negara

1.      Demokrasi Sistem Parlementer

    Sebuah sistem permerintahan di mana parlemen memiliki peranan penting dalam pemerintahan.
Dalam hal ini parlemen memiliki wewenang dalam mengangkat perdana meriang menteri & parlemen pun bisa menjatuhkan pemerintahan, yaitu dengan meriang cara mengeluarkan semacam mosi tidak percaya. Berbeda dengan sistem meriang presidensil, di mana sistem parlemen bisa memiliki seorang presiden meriang presiden & seorang perdana menteri, yg berwenang terhadap jalannya meriang pemerintahan. Dalam presidensil, presiden berwenang terhadap jalannya meriang pemerintahan, namun dalam sistem parlementer presiden hanya menjadi meriang simbol kepala negara saja. 

2.      Demokrasi Sistem Presidensial

       Kedudukan eksekutif tak tergantung dengan badan perwakilan rakyat.
Adapun dasar hukum dari kekuasaan eksekutif dikembalikan kepada meriang pemilihan rakyat. Sebagai kepala eksekutif, seorang presiden menunjuk meriang pembantu-pembantunya yg atas memimpin departemennya masing-masing meriang & mereka itu hanya bertanggung meriang balas kepada presiden. Karena meriang pembentukan kabinet itu tak tergantung dari badan perwakilan rakyat alias meriang tidak memerlukan dukungan kepercayaan dari badan perwakilan rakyat, meriang maka menteri-pun tak bisa diberhentikan olehnya (DPR).


Jenis-jenis Demokrasi berdasarkan penyaluran kehendak masyarakat, terbagi menjadi dua yaitu :
  1. Demokrasi Langsung : Suatu sistem demokrasi yg melibatkan seluruh rakyat secara langsung dalam menentukan berbagai kebijakan umum, urusan negara beserta permusyawaratan dalam suatu negara.
  2. Demokrasi Tidak langsung : Demokrasi tidak langsung sama dengan suatu sistem demokrasi untuk menyalurkan keinginan warga alias rakyatnya melalui perwakilan dari parlemen.
Jenis-jenis Demokrasi berdasarkan hubungan antar alat negara 
  1. Demokrasi perwakilan dengan sistem referendum yg merupakan salah satu macam demokrasi dimana rakyat memilih perwakilannya untuk menjabat di parlemen, atas tetapi tetap terkontrol oleh pengaruh rakyat. 
  2. Sistem parlementer yg merupakan demokrasi perwakilan dimana adanya hubungan yg kuat antara badan eksekutif beserta badan legislatif. Ciri utama sebuah negara yg menganut sistem parlementer sama dengan adanya parlemen dalam sistem pemerintahannya. 
  3. Sistem pemisahan kekuasaan yg merupakan demokrasi perwakilan dimana jabatan legislatif terpisah dari eksekutif, sehingga keduanya tidak berkaitan secara langsung seperti sistem demokrasi parlementer. 
  4. Sistem referendum beserta inisiatif rakyat yg dimaksud sama dengan gabungan antara demokrasi perwakilan dengan demokrasi langsung.
Jenis-jenis Demokrasi berdasarkan prinsip ideologi 
  1. Demokrasi Liberal merupakan Kebebasan individu yg lebih ditekankan beserta mengabaikan kepentingan umum 
  2.  Demokrasi Rakyat merupakan demokrasi yg didasarkan dengan paham sosialisme beserta komunisme beserta lebih mengutamakan kepentingan umum alias negara. 
  3.  Demokrasi Pancasila merupakan demokrasi yg ada di Indonesia bersumberkan dengan nilai-nilai sosial budaya bangsa serta berazaskan musyawarah mufakat dengan memprioritaskan kepentingan seluruh msyarakat alias warga negara. Demokrasi pancasila fokus dengan kepentingan beserta aspirasi serta hati nurani rakyat. Sampai saat ini Indonesia menganut demokrasi pancasila yg bersumber dengan falsafah pancasila.

Demikian artikel tentang Demokrasi meliputi Pengertian, Prinsip, Ciri-ciri beserta jenis / macam-macam demokrasi. Semoga bisa menambah pengetahuan kita..

No comments:

Post a Comment