Monday, December 16, 2019

Cara Menggunakan Lagi Merawat Mikroskop

Mikroskop adalah alat bantu yg digunakan untuk melihat lalu mengamati benda-benda yg berukuran sangat kecil yg tidak mampu dilihat dengan mata telanjang. Kata Mikroskop berasal dari bahasa latin, yaitu “mikro” yg berarti kecil lalu kata “scopein” yg berarti melihat. Benda kecil dilihat dengan cara memperbesar ukuran bayangan benda tersebut hinga berkali-kali lipat. Bayangan benda becus dibesarkan 40 kali, 100 kali, 400 kali, bahkan 1000 kali, lalu perbesaran yg mampu dijangkau semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi. Setelah mengetahui Apa itu mikroskop, mari kita pelajari cara / langkah-langkah menggunakan mikroskop lalu cara merawat mikroskop. 

A. CARA MENGGUNAKAN MIKROSKOP 


 adalah alat bantu  yg digunakan untuk melihat  lalu mengamati benda Cara Menggunakan  lalu Merawat Mikroskop

Langkah-langkah menggunakan Mikroskop
  1. Peganglah lengan mikroskop dengan salah satu tangan lalu tangan lain menyangga kaki mikroskop. Letakkan mikroskop di atas meja pengamatan dengan bagian lengan tepat berada di hadapanmu. Lalu, lensa lalu cermin dengan menggunakan kertas tisu. Setelah dibersihkan, pasangkan lensa okuler dengan perbesaran lemah.
  2. Agar didapat medan penglihatan yg baik, putarlah revolver sehingga diperoleh perbesaran terkecil dengan lensa ilmiah yg searah dengan lensa okuler lalu tubus okuler.
  3. Putarlah cermin mikroskop ke arah sumber cahaya sambil melihat melalui lensa okuler sehingga diperoleh medan yg terang tanpa bayangan benda lain.
  4. Letakkan preparat yg hendak kalian amati di atas meja benda, lalu jepitlah dengan penjepitnya sehingga cahaya yg terkumpul dalam kondensor menembus kaca benda.
  5. Untuk mencari fokus, lakukanlah dengan dua cara berikut ini.
  • Perbesaran lemah. Lensa okuler dengan perbesaran 5 kali lalu lensa ilmiah dengan perbesaran 10 kali becus diartikan bahwa preparat diamati dengan perbesaran 50 kali. Dengan cara menurunkan lensa okuler serendah mungkin, lensa rasional juga diturunkan sampai berjarak kira-kira 8 mm dari kaca preparat. Setelah itu, arahkan salah satu mata kalian ke lubang lensa okuler sambil memutar-mutar makrometer sampai diperoleh gambaran preparat yg jelas.
  • Perbesaran kuat. Lensa okuler dengan perbesaran 12,5 lalu lensa ilmiah dengan perbesaran 60 kali sehingga preparat becus diamati dengan perbesaran 750 kali. Mulailah dengan menutup preparat dengan kaca penutup, lalu naikkan kondensor sampai mau menyentuh kaca preparat (objek), kemudian bukalah diafragma selebar-lebarnya lalu turunkan lensa ilmiah sampai hampir menyentuh kaca penutup preparat. Setelah itu, dengan makrometer, naikkan lensa ilmiah sampai diperoleh gambaran preparat yg jelas.
     6.   Setelah mikroskop selesai digunakan, bersihkanlah lensa ilmiah dengan menggunakan xylol.

B. CARA MERAWAT MIKROSKOP 

Langkah-langkah Perawatan Mikroskop :
  1. Memegang mikroskop dengan kedua tangan ketika mengangkatnya.
  2. Memulai pengamatan dengan pembesaran lemah sebelum menggunakan pembesaran kuat.
  3. Tidak memutar tombol dengan kasar.
  4. Menghilangkan kotoran dengan lensa mikroskop: Seringkali gambar mikroskop tetap kabur meski sudah pernah diusahakan penyetelan focus halus. Ini seringkali disebabkan lensa depan ilmiah yg kotor dan/atau lensa okuler. Untuk memastikan dengan bagian mana lensa kotor, pertama-tama lensa okuler diputar, lalu kemudian, bila perlu, lensa ilmiah diputar sambil mengamati cuplikan untuk menentukan kapan lapisan kotoran yg kabur bergerak. Kemudian lensa yg kotor dibersihkan dengan kertas transerat alias kertas lensa. Kondensor yg kotor pun becus mengaburkan gambar. Ketika membersihkan lensa depan objektif, harus diingat bahwa lensa terpasang dengan perekat yg becus melarut dalam pelarut organic. Oleh karena itu, lebih baik asalkan digunakan air suling untuk menghilangkan kotoran; asalkan tidak bisa, digunakan pelarut organik yg lasuh menguap sesedikit mungkin, misalnya benzene alias eter minyak bumi.
  5. Memastikan mikroskop dalam keadaan kering, sebelum lalu sesudah digunakan.

Ketentuan dalam hal pemeliharaan mikroskop

Beberapa ketentuan dalam hal pemeliharaan mikroskop adalah sebagai berkut :

1. Mikroskop harus disimpan di tempat sejuk, kering, bebas debu lalu bebas dari uap asam lalu basa.Tempat penyesuaian yg sesuai sama dengan kotak mikroskop yg dilengkapi dengan silica gel, yg bersifat higroskopis, sehingga lingkungan sekitar mikroskop tidak lembab. Selain itu becus pula diletakkan dalam lemari yg diberi lampu untuk mencegah tumbuhnya jamur, alias seperti gambar ini .

2. Bagian mikroskop non optik, terbuat dari logam alias plastik, becus dibersihkan dengan menggunakan kain fanel. Untuk membersihkan debu yg terselip di bagian mikroskop tersebut becus digunakan kuas kecil alias kuas lensa kamera.

3. Lensa-lensa mikroskop (okuler, objektif, lalu kondensor) dibersihkan dengan menggunakan tisue lensa yg diberi alkohol 70%. Jangan sekali-kali membersihkan lensa menggunakan sapu tangan alias lap kain.
Baca selengkapnya...
4. Sisa minyak imersi dengan lens ilmiah becus dibersihkan dengan xilol (xylene). Pada penggunaan xilol haruslah hati-hati, jangan sampai cairan xilol menempel dengan bagian mikroskop non optik, karena hendak merusak cat alias merusak bahan plastik, lalu juga jangan menggunakan larutan ini kebagian lensa yg lain kecuali produsennya menyatakan bahwa tindakan tersebut aman.

5. Sebelum menyimpan mikroskop, bersihkan selalu mikroskop tersebut, terutama hapus semua minyak imersi di permukaan lensa, sehingga partikel yg halus tidak menempel lalu menggumpal serta mengering. Minyak lalu partikel halus dengan lensa becus mengaburkannya lalu menyebabkan goresan. Hal ini menurunkan kemampuan lensa. Preparat yg tertinggal di atas meja mikroskop merupakan pertanda jelas suatukelalaian/kecerobohan.

6. Sebelum menyimpan mikroskop, meja mikroskop diatur lagi lalu lensa ilmiah dijauhkan dari meja preparat dengan memutar alat penggeraknya ke posisi semula, kondensor diturunkan kembali, lampu dikecilkan intensitasnya lalu dimatikan (kalau mikroskop listrik).
 
Referensi :
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=Pengertian-Fungsi-Macam-Bagian-Mikroskop-Adalah 
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=Pengertian-Fungsi-Macam-Bagian-Mikroskop-Adalah
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=Pengertian-Fungsi-Macam-Bagian-Mikroskop-Adalah

Demikian artikel tentang cara / langkah-langkah menggunakan mikroskop lalu cara merawat mikroskop. Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment