Friday, December 6, 2019

Macam Gerak Dengan Tumbuhan, Contoh Dengan Gambar

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog . Senang sekali rasanya kali ini becus kami bagikan materi Biologi yaitu Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan beserta contoh lagi gambarnya. Berikut artikel selengkapnya...

Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan

Ciri dari mahluk hidup salah satunya adalah bergerak. Dengan demikian tumbuhan sebagai mahluk hidup juga melakukan gerak. Jika hewan lagi manusia becus melakukan gerakan secara aktif lagi berpindah tempat, tapi gerakan dengan tumbuhan sangat terbatas. Sehingga tumbuhan dikatakan melakukan gerak pasif. Gerakan yg dilakukan oleh tumbuhan hanya dilakukan dengan bagian tertentu. Misalnya bagian ujung tunas, bagian ujung akar, ataupun dengan bagian lembar daun tertentu.

Pada prinsipnya, gerakan tumbuhan terjadi karena adanya proses pertumbuhan lagi adanya kepekaan terhadap rangsang alias irritabilitas yg dimiliki oleh tumbuhan tersebut. Sebagai tanggapan terhadap rangsang terebut, tumbuhan melakukan gerakan yg mungkin menuju kearah rangsang alias menjauhi, alias melakukan gerak tanpa menunjukan arah tertentu.

Gerak dengan tumbuhan dibedakan menjadi dua, yaitu :

1. Gerak Endonom/Autonom


Gerak endonom adalah gerakan dengan tumbuhan yg diakibatkan oleh rangsangan yg berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri.

Gerak endonom ada 2 yaitu :
a. Endonom nutasi yg merupakan gerakan spontan (gerak aliran sitoplasma dengan tanaman air Hydrilla verticillata).

b. Endonom higroskopis yaitu akibat kadar air yg rendah 
Contoh : Pecahnya kulit buah polong-polongan (lamtoro, kembang merak, kacang buncis, kacang kedelai). Hal ini disebabkan berkurangnya air dengan kulit buah. Kulit buah menjadi kering, retak lagi akhirnya pecah sehingga bijinya terpental ke luar. Pecahnya kulit buah lagi terpentalnya biji sebenarnya merupakan cara tumbuhan tersebut memencarkan alat perkembangbiakannya. Gerak higroskopis juga terjadi dengan membukanya kotak spora (sporangium) tumbuhan paku (Pteridophyta) lagi lumut (Bryophyta).

 Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan materi Biologi yaitu  Macam Gerak Pada Tumbuhan, Contoh  lagi Gambar


2. Gerak Etionom / Gerak Esionom


Gerak etionom adalah gerakan dengan tumbuhan yg disebabkan oleh rangsangan yg berasal dari luar tumbuhan tersebut. Faktor penyebab gerakan etionom bisa berasal dari faktor rangsang sentuhan, air, cahaya, temperatur/suhu, zat kimia, gravitasi, lagi lain sebagainya.

Beberapa jenis gerakan etionom yaitu tropisme, taksis, lagi nasti. 

A. Gerak Tropisme

Tropisme adalah gerakan tumbuhan yg arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Rangsang dari luar yg mempengaruhi gerak tumbuhan ada bermacam-macam. Misalnya cahaya, gravitasi, air alias kelembaban, lagi sentuhan alias singgungan. Berdasarkan jenis rangsangan tersebut, tropisme dibedakan menjadi fototropisme, geotropisme, hidrotropisme, lagi tigmotropisme.

a) Fototropisme 

 Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan materi Biologi yaitu  Macam Gerak Pada Tumbuhan, Contoh  lagi Gambar

Fototropisme  adalah gerak bagian tumbuhan yg dipengaruhi oleh rangsang cahaya. Apabila gerak tumbuhan tersebut menuju kearah cahaya, berarti tumbuhan tersebut melakukan gerak fototropisme positif. Apabila gerakan tumbuhan ini menjauhi arah cahaya, maka disebut fototropisme negatif. Contoh gerak fototropisme positif adalah tanaman biji-bijian yg sedang tumbuh tunas.

b) Geotropisme

 Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan materi Biologi yaitu  Macam Gerak Pada Tumbuhan, Contoh  lagi Gambar
Geotropisme adalah gerakan bagian tumbuhan karena pengaruh gravitasi (gaya tarik) bumi. Apabila arah pertumbuhan tersebut ke atas, maka termasuk geotropisme negatif. Akan tetapi, apabila arah pertumbuhan menuju kebawah berarti termasuk gerak geotropisme positif. Contoh geotropisme positif adalah pertumbuhan akar yg selalu menuju kebawah alias kedalam tanah.

c) Hidrotropisme

Hidrotropisme adalah gerak bagian tumbuhan menuju kearah yg basah alias berair. Arah pertumbuhan menuju tempat yg berair disebut gerak hidrotropisme positif. Apabila arah pertumbuhan tanaman menjauhi tempat yg berair disebut gerakan hidrotropisme negatif. Contoh hidrotropisme positif adalah arah pertumbuhan ujung akar didalam tanah yg selalu menuju ketempat yg mengandung air.

d) Tigmotropisme

Tigmotropisme adalah gerak tumbuhan dari bagian tumbuhan akibat persinggungan. Contohnya sulur markisa lagi batang mentimun yg membelit tanaman lain.

B. Gerak Taksis

Tumbuhan umumnya hanya mampu melalukan gerak dengan sebagian anggota tubuhnya, misalnya akar yg mendekati air alias pucuk yg mendekati cahaya. Namun, dengan tumbuhan tingkat rendah mampu melakukan gerak berpindah tempat. Seluruh tubuhnya berpindah. Misalnya, tumbuhan euglena lagi bakteri besi. Gerak seluruh tubuh tumbuhan yg disebabkan oleh datangnya rangsang disebut gerak taksis.

Berdasarkan rangsang penyebabnya, taksis dibedakan menjadi fototaksis lagi kemotaktis.

a) Fototaksis

Fototaksis merupakan gerak seluruh tubuh tumbuhan yg disebabkan oleh rangsang cahaya. Misalnya gerakan euglena yg selalu mendekati cahaya.
 Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan materi Biologi yaitu  Macam Gerak Pada Tumbuhan, Contoh  lagi Gambar

b) Kemotaksis

Kemotaksis adalah gerak taksis yg disebabkan oleh rangsang berupa zat kimia. Contohnya Spermatozoid dengan Arkegonium lumut-lumutan lagi paku-pakuan yg bergerak karena tertarik oleh zat gula alias protein.

3. Galvanotaksis

Galvanotaksis merupakan gerak taksis karena pengaruh arus listrik. Contohnya adalah gerakan bakteri ke arah kutub positif alias negatif.


C. Gerak Nasti

Gerak nasti adalah gerak dengan tumbuhan yg arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Sama halnya dengan gerak tropisme, gerak nasti juga dipengaruhi oleh rangsang dari luar seperti cahaya, suhu, sentuhan/singgungan, bahan kimia, serta kondisi gelap.

Macam-macam gerak nasti:

a) Fotonasti
    
Fotonasti adalah gerak nasti yg dipengaruhi oleh rangsang berupa cahaya. Contoh fotonasti adalah gerak mekarnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) dengan sore hari.

b) Thermonasti

Thermonasti adalah gerak nasti yg dipengaruhi rangsang berupa suhu. Contohnya mekarnya bunga tulip dengan suhu tertentu.

c) Niktinasti

Niktinasti adalah gerak nasti karena kondisi gelap. Contohnya gerak menutupnya daun majemuk (lamtoro, turi) karena cahaya gelap.

 Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan materi Biologi yaitu  Macam Gerak Pada Tumbuhan, Contoh  lagi Gambar


d) Seismonasti

Seismonasti adalah gerak nasti karena pengaruh rangsang berupa sentuhan. Contoh seismonasti adalah gerak menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica) karena sentuhan. Daun putri malu bagi menutup apabila disentuh. Dan setelah didiamkan agak lama, daun tersebut bagi membuka kembali. Gerak tersebut sebagai tanggapan atas reaksi yg datang dari luar, sedangkan arah gerakannya tidak ditentukan oleh arah datangnya rangsang.

 Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan materi Biologi yaitu  Macam Gerak Pada Tumbuhan, Contoh  lagi Gambar

e) Kemonasti

Kemonasti adalah gerak nasti karena pengaruh rangsang berupa zat kimia. Contohnya adalah membukanya mulut daun (stomata) dengan siang hari karena adanya karbondioksida.

f) Nasti kompleks

Nasti kompleks adalah gerak nasti yg dipengaruhi lebih dari satu macam rangsang. Contohnya gerak membuka lagi menutupnya mulut daun (stomata) karena cahaya matahari, zat kimia, air lagi suhu.

Artikel terkait :
Struktur lagi Fungsi Jaringan Tumbuhan
Organ dengan Tumbuhan lagi Fungsinya
Bagaimana Cara Tumbuhan Memperoleh Energi ? 
Pengangkutan Air lagi Mineral Pada Tumbuhan.
Macam Gerak Pada Tumbuhan
Hama lagi Penyakit Pada Tumbuhan

(Sumber : Ipa Terpadu, Hal : 71- 74, Penerbit : Erlangga, Penulis : Tim Abdi Guru : Eka Purjiyanta S.Pd.2006.Jakarta. Percetakan : PT Gelora Aksara Pratama) 

Demikian materi Biologi yaitu Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan beserta contoh lagi gambarnya. Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment