Tuesday, December 24, 2019

Renang Gaya Kupu-Kupu (Pengertian, Teknik Dasar)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog demam . Senang sekali rasanya kali ini angsal kami bagikan artikel tentang Renang Gaya Kupu-kupu meliputi Pengertian Renang Gaya Kupu-kupu, bersama Teknik Renang Gaya Kupu-kupu beserta gambarnya. Silakan disimak selengkapnya.

Pengertian Renang Gaya demam Kupu-kupu


Renang Gaya demam Kupu-kupu adalah salah satu gaya berenang dimana posisi dada demam menghadap ke permukaan air. Kemudian kedua belah lengan ditekan ke bawah demam secara bersamaan bersama digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke demam depan. Sedangkan untuk kedua belah kaki menendang ke bawah secara demam bersamaan bersama ke atas seperti gerakan sirip demam kotek ikan maupun lumba-lumba. demam Untuk mengambil nafas hal yg dilakukan adlaah udara dihembuskan dengan demam kuat-kuat dari mulut bersama hidung sebelum kepala demam mencongol dari air, bersama demam udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air.

Renang Gaya kupu-kupu juga disebut dengan gaya lumba-lumba,  karena gerakannya mirip dengan gerakan lumba-lumba.

Teknik Dasar Renang Gaya demam Kupu-kupu


1.       Posisi Badan

Dalam renang kita perlu ingat bahwa badan harus diusahakan sedatar mungkin dengan permukaan air. Pada renang gaya ini terjadi gerakan demam ke atas bersama turun secara vertikal sesuai dengan irama kaki bersama dan pukulan dolphin. Pada renang gaya bebas, renang gaya dada, bersama juga renang gaya punggung tidak dijumpai gerakan demam ke atas bersama turun seperti dengan gerakan renang gaya kupu-kupu. Dengan adanya gerakan demam ke atas bersama turun dengan renang gaya kupu-kupu maka tahanan depan mau bertambah, jadi untuk membentuk posisi yg datar seperti renang gaya yg lain tidak mungkin. Namun demikian haruslah menjaga tahanan depan yg dihasilkan dari renang gaya kupu-kupu ini sekecil mungkin, dengan berusaha agar posisi badan maupun tubuh sedatar mungkin.
Perlu untuk diketahui bahwa ada 2 hal yg angsal menghasilkan posisi tubuh yg streamline.
  • Ketika waktu mau bernafas usahakan kepala demam ke atas sedikit saja asalkan bagian mulut sudah pernah keluar dari permukaan air bersama cukup untuk menghirup udara. Ketika sudah pernah mengambil udara dengan cukup, dengan cepat kepala tunduk kembali untuk menjaga badan tetap streamline.
  • Ketika melakukan tendangan dari kedua kaki yg merupakan pukulan dolphin, diusahakan untuk tidak terlalu dalam, karena pukulan yg dalam malah mengakibatkan penambahan tahanan depan saja. Tendangan kedua kaki dilakukan dengan menekuk kedua kaki Anda dengan persendian lutut kemudian diluruskan kembali dengan cukup keras. Pada saat menekuk kedua kaki diusahakan sedkit saja jangan terlalu dalam. Jika terlalu dalam maka tendangan kaki tidak terlalu efisien bersama tahanan depan menjadi besar dengan begitu mau menghasilkan badan maupun tubuh yg tidak streamline.

2.       Gerakan Kaki

Pada gerakan renang gaya kupu-kupu sebenarnya sama dengan gerakan kaki dengan renang gaya bebas. Bedanya hanya dengan renang gaya bebas gerakan kaki digerkan secara bergantian, sedangkan dengan renang gaya kupu-kupu gerakan kaki digerakkan secara bersamaan.
Berikut merupakan urutan gerakan kaki dengan renang gaya kupu-kupu.
  • Posisi maupun keadaan kaki lurus samapai dengan telapak kaki.
  • Gerakan kaki ke atas dilakukan dengan kaki membengkokan kaki dengan persendian lutut. Bengkoknya kaki ini tidak besar sehingga hanya sebagian jari-jari kaki saja yg ke luar permukaan air.
  • Tendangan kaki ke bawah dilakukan dengan keras terutama dengan punggung kaki. Dilakukan dengan cara meluruskan kedua belah kaki dari sikap membengkok.
  • Tendangan kaki ini masih berjalan, terlihat sikap kaki lurus dari sikap yg bengkok.
  • Setelah tendangan kaki ke arah bawah selesai maupun berakhir. Maka kaki digerakkan ke arah atas dari posisi kaki yg lurus, kemudian ditekuk dengan persendian lutut.

3.       Gerakan Lengan

Gerakan lengan dengan renang gaya kupu-kupu harus digerakan secara bersamaan maupun serentak antara lengan kanan bersama kiri.
Gerakan lengan dengan renang gaya kupu-kupu angsal dibagi menjadi 2 yaitu gerakan recovery bersama gerakan mendayung.
  • Gerakan Recovery
Gerakan recovery dengan lengan adalah gerakan yg dimulai dari akhir gerakan mendayung bersama berakhir ketika mau mendayung. Setelah tangan keluar dari permukaan air lalu tangan mulai dilemparkan ke depan dengan posisi yg rendah dalam bentuk parabola yg datar. Lakukanlah gerakan tersebut dengan rileks. Kedua tangan masuk ke air dengan titik sedkit di luar bahu. Pada gerakan recovery lengan ini dilakukaan secara serempak bersama simetris antara lengan kanan bersama kiri.
  • Dayungan Lengan
Gerakan mendayung dengan renang gaya punggung terdiri dari gerakan menarik (pull) bersama juga gerakan mendorong (push). Setelah tangan masuk ke dalam air kemudian mulailah dengan lengan ke arah lurus lalu gerakan berubah arah dengan memutar ke arah dalam. Ketika berputar ke dalam lengan ditekuk kurang lebih 135 derajat dengan sudut siku. Gerakan ke dalam ini masih termasuk ke dalam gerakan tarikan (pull). Untuk gerakan selanjutnya yaitu lengan berubah arah yaitu memutar keluar. Gerakan lengan memutar tersebut merupakan gerakan dorongan dari lengan. Kemudian andaikata kita melihat akhir dari dorongan gerakan telapak tangan dengan renang gaya kupu-kupu ketika mendayung adalah sebagai berikut.

Setelah telapak tangan mulai masuk ke dalam permukaan air gerakanlah ke arah luar untuk kemudian ke arah dalam bersama selanjutnya keluar lagi hingga gerakan mendayung selesai. Gerakan dengan telapak tangan mau membentuk seperti bentuk lubang kunci. Selama gerakan dayungan telapak tangan menyesuaikan gerakannya, dengan saat gerakan keluar telapak tangan menghadap keluar, Ketika saat putaran ke dalam telapak tangan yg tadinya menghadap keluar menjadi menghadap ke dalam bersama saat gerakan memutar keluar maka telapak tangan memutar dari yg tadinya menghadap ke dalam menjadi menghadap keluar. Kecepatan untuk gerakan dimulai dari arah pelan ke arah keras, sehingga ketika dorongan harus dilakukan dengan sekeras-kerasnya. Jika kita memperhatikan sebenarnya gerakan lengan dengan gaya kupu-kupu sama seperti gerakan lengan dengan gaya bebas baik itu gerakan recovery maupun gerakan mendayung. Yang membedakan keduanya adalah, andaikata dengan gerakan lengan gaya bebas dilakukan secara bergantian antara lengan kanan bersama kiri, mau tetapi dengan gerakan lengan renang gaya kupu-kupu ini dilakukan secara serempak bersama juga simetris antara lengan kanan bersama kiri.
Urutan gerakan lengan dengan renang gaya kupu-kupu adalah sebagai berikut.
  • Lengan saat akhir dayungan untuk persiapan recoveryLengan saat pelaksanaan recovery dengan cara melemparkan lengan ke arah samping permukaan air.
  • Lengan saat akhir recovery dimana kedua tangan masuk ke dalam permukaan air di depan kepala dengan garis bahu.
  • Kedua lengan masuk ke dalam permukaan air dengan posisi sikap tunduk.
  • Kedua lengan mulai untuk melakukan tarikan ke arah luar.
  • Kedua lengan mulai bergerak ke arah dalam masih termasuk dalam tarikan menekuk lengan dengan persendian siku.
  • Kedua lengan mulai dengan dorongan ke arah dalam.
  • Kedua lengan saat akhir dayungan dimana posisi kedua ibu jari menyentuh paha.
 4.       Pernapasan

Proses pernafasan dengan renang gaya kupu-kupu sama dengan prose pernafasan dengan renang gaya dada yaitu dengan mengangkat kepala ke depan. Pengangkatan kepala ini dilakukan dengan saat aakhir dari gerakan tarikan bersama mulai dari gerakan dorongan lengan. Pada saat melakukan pernafasan diusahakan kepala demam ke atas sedikit saja asalkan cukup untuk menghirup udara. Pengambilan nafas ini dilakukan dengan cara menarik nafas lewat mulut dengan cepat, secepatnya setelah mengambil nafas yg cukup, kepala dengan cepat diturunkan kembali agar tidak tahanan depan tidak bertambah. Pengeluaran udara dilakukan di dalam air bersama dikeluarkan dari hidung dengan cepat.

 Senang sekali rasanya kali ini  angsal kami bagikan artikel tentang  demam Renang Gaya Kupu-kupu (Pengertian, Teknik Dasar)
 Senang sekali rasanya kali ini  angsal kami bagikan artikel tentang  demam Renang Gaya Kupu-kupu (Pengertian, Teknik Dasar)

5.       Koordinasi Gerakan

Pada renang gaya kupu-kupu harus ada persesuaian antara geraan lengan bersama kaki. Khususnya dengan sikap tubuh yg demam ke atas turun secara vertikal lengan, meliuk-liuk seperti ikan dolphin yg berenang. Pada 1 kali putaran lengan terjadi 2 kali putaran dengan kaki, keras bersama juga lemah. Ketika permulaan tarikan dilakukan tendangan kaki yg pertama (keras) bersama dengan saat dorongan lengan dilakukan tendangan kaki yg kedua (lemah).

Gambar animasi Renang Gaya Kupu-kupu:

 
 Senang sekali rasanya kali ini  angsal kami bagikan artikel tentang  demam Renang Gaya Kupu-kupu (Pengertian, Teknik Dasar)

Demikian artikel tentang Renang Gaya Kupu-kupu meliputi Pengertian Renang Gaya Kupu-kupu, bersama Teknik Renang Gaya Kupu-kupu beserta gambarnya. Semoga angsal menambah pengetahuan kita..

No comments:

Post a Comment