Thursday, December 26, 2019

20 Contoh Kasus Pelanggaran Ham Di Indonesia

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog demam . Senang sekali rasanya kali ini boleh kami bagikan 20 contoh Kasus Pelanggaran HAM yg terjadi di Indonesia. Silakan disimak selengkapnya.

1. Peristiwa Trisakti bersama Semanggi (1998)

 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan  demam 20 Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia
Tragedi Trisakti terjadi dengan 12 Mei 1998. Peristiwa ini berkaitan dengan gerakan di era reformasi yg gencar disuarakan di tahun 1998. Gerakan tersebut dipicu oleh krisis moneter bersama tindakan KKN presiden Soeharto, sehingga para mahasiswa kemudian melakukan demo besar-besaran di berbagai wilayah yg kemudian berujung dengan bentrok antara mahasiswa dengan aparat kepolisian.

Tragedi ini mengakibatkan (4 mahasiswa meninggal bersama puluhan lainnya luka-luka). Tragedi Semanggi I terjadi dengan 11-13 November 1998 (17 orang warga sipil meninggal) bersama tragedi Semanggi II dengan 24 September 1999 (1 orang mahasiswa meninggal bersama 217 orang luka-luka). 

2. Kasus Marsinah (1993)

Kasus Marsinah terjadi dengan 3-4 Mei 1993. Seorang pekerja bersama aktivitas wanita PT Catur Putera Surya Porong, Jatim.

Peristiwa ini berawal dari aksi mogok yg dilakukan oleh Marsinah bersama buruh PT CPS. Mereka menuntun kepastian dengan perusahaan yg sudah pernah melakukan PHK mereka tanpa alasan. Setelah aksi demo tersebut, Marsinah malah ditemukan tewas 5 hari kemudian. Ia tewas di kawasan hutan Wilangan, Nganjuk dalam kondisi mengenaskan bersama diduga menjadi korban pelanggaran HAM berupa penculikan, penganiayaan bersama pembunuhan. Penyelidikan masih belum menemukan titik terang hingga sekarang. 

3. Aksi Bom Bali 2002

 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan  demam 20 Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia
Peristiwa ini terjadi dengan tahun 2002. Sebuah bom diledakkan di kawasan Legian Kuta, Bali oleh sekelompok jaringan teroris.

Kepanikan sempat melanda di penjuru Nusantara akibat peristiwa ini. Aksi bom bali ini juga banyak memicu tindakan terorisme di kemudian hari.

Peristiwa bom bali menjadi salah satu aksi terorisme terbesar di Indonesia. Akibat peristiwa ini, sebanyak ratusan orang meninggal dunia, mulai dari turis asing hingga warga lokal yg ada di sekitar lokasi.

4. Peristiwa Tanjung Priok (1984)

 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan  demam 20 Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

Kasus tanjung Priok terjadi tahun 1984 antara aparat dengan warga sekitar yg berawal dari masalah SARA bersama unsur politis.

Peristiwa ini dipicu oleh warga sekitar yg melakukan demonstrasi dengan pemerintah bersama aparat yg hendak melakukan pemindahan makam keramat Mbah Priok. Para warga yg menolak bersama marah kemudian melakukan unjuk rasa, hingga memicu bentrok antara warga dengan anggota polisi bersama TNI.

Dalam peristiwa ini diduga terjadi pelanggaran HAM dimana terdapat ratusan korban meninggal dunia akibat kekerasan bersama penembakan.

5. Kasus Penganiayaan Wartawan Udin (1996)

Kasus penganiayaan bersama terbunuhnya Wartawan Udin (Fuad Muhammad Syafruddin)terjadi di yogyakarta 16 Agustus 1996. Sebelum kejadian ini, Udin kerap menulis artikel kritis tentang kebijakan pemerintah Orde Baru bersama militer. Ia menjadi wartawan di Bernas sejak 1986. Udin adalah seorang wartawan dari harian Bernas yg diduga diculik, dianiaya oleh orang tak dikenal bersama akhirnya ditemukan sudah tewas.  

6. Kasus Pembunuhan Munir (2004)

Munir Said Thalib adalah aktifis HAM yg pernah menangani kasus-kasus pelanggaran HAM. Munir demam tumbuh di Malang, tanggal 8 Desember 1965. Munir meninggal dengan tanggal 7 September 2004 di dalam pesawat Garuda Indonesia ketika ia sedang melakukan perjalanan menuju Amsterdam, Belanda. Spekulasi mulai bermunculan, banyak berita yg mengabarkan bahwa Munir meninggal di pesawat karena dibunuh, serangan jantung bahkan diracuni. Namun, sebagian orang percaya bahwa Munir meninggal karena diracuni dengan Arsenikum di makanan ataupun minumannya saat di dalam pesawat.

Kasus ini sampai sekarang masih belum ada titik jelas, bahkan kasus ini sudah pernah diajukan ke Amnesty Internasional bersama tengah diproses. Pada tahun 2005, Pollycarpus Budihari Priyanto selaku Pilot Garuda Indonesia dijatuhi hukuman 14 tahun penjara karena terbukti bahwa ia merupakan tersangka dari kasus pembunuhan Munir, karena dengan sengaja ia menaruh Arsenik di makanan Munir bersama meninggal di pesawat.

7. Pembantaian Santa Cruz (1991)
 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan  demam 20 Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia
Kasus ini masuk dalam catatan kasus pelanggaran HAM di Indonesia, yaitu pembantaian yg dilakukan oleh militer ataupun anggota TNI dengan menembak warga sipil di Pemakaman Santa Cruz, Dili, Timor-Timur dengan tanggal 12 November 1991. Kebanyakan warga sipil yg sedang menghadiri pemakaman rekannya di Pemakaman Santa Cruz ditembak oleh anggota militer Indonesia. Puluhan demonstran yg kebanyakkan mahasiswa bersama warga sipil mengalami luka-luka bersama bahkan ada yg meninggal. Banyak orang menilai bahwa kasus ini murni pembunuhan yg dilakukan oleh anggota TNI dengan melakukan agresi ke Dili, bersama merupakan aksi untuk menyatakan Timor-Timur ingin keluar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bersama membentuk negara sendiri.

8. Peristiwa 27 Juli (1996)
 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan  demam 20 Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

Peristiwa ini disebabkan oleh para pendukung Megawati Soekarno Putri yg menyerbu bersama mengambil alih kantor DPP PDI di Jakarta Pusat dengan tanggal 27 Juli 1996. Massa mulai melempari dengan batu bersama bentrok, ditambah lagi kepolisian bersama anggota TNI bersama ABRI datang berserta Pansernya.

Kerusuhan meluas sampai ke jalan-jalan, massa mulai merusak bangunan bersama rambu-rambu lalu-lintas. Dikabarkan lima orang meninggal dunia, puluhan orang (sipil maupun aparat) mengalami luka-luka bersama sebagian ditahan. Menurut Komnas Hak Asasi Manusia, dalam peristiwa ini sudah pernah terbukti terjadinya pelanggaran HAM.

9. Kasus Dukun Santet di Banyuwangi (1998)

 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan  demam 20 Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

Peristiwa beserta pembunuhan ini terjadi dengan tahun 1998. Pada saat itu di Banyuwangi lagi hangat-hangatnya terjadi praktek dukun santet di desa-desa mereka. Warga sekitar yg berjumlah banyak mulai melakukan kerusuhan berupa penangkapan bersama pembunuhan terhadap orang yg dituduh sebagai dukun santet. Sejumlah orang yg dituduh dukun santet dibunuh, ada yg dipancung, dibacok bahkan dibakar hidup-hidup. Tentu saja polisi bersama anggota TNI bersama ABRI tidak tinggal diam, mereka menyelamatkan orang yg dituduh dukun santet yg masih selamat dari amukan warga.

10. Pelanggaran HAM di Daerah Operasi Militer (DOM), Aceh

Peristiwa ini sudah pernah menimbulkan bentuk bentuk pelanggaran HAM terhadap penduduk sipil yg berupa penyiksaan, penganiayaan, bersama pemerkosaan yg berulang-ulang dengan pola yg sama. Kasus-kasus dari berbagai bentuk tindakan kekerasan yg dialami perempuan yg terjadi dari ratusan kekerasan seputar diberlakukannya Daerah Operasi Militer selama ini tidak pernah terungkap.

Ada beberapa alasan yg menyebabkan informasi ini tidak diketahui oleh masyarakat luas bersama dunia
internasional seperti :
  • Korban pemerkosaan terutama di Aceh, sering dianggap aib bersama memalukan. Akibatnya korban ataupun keluarga selalu berusaha untuk menutupi kejadian tersebut.
  • Adanya ancaman dari pelaku untuk tidak "mengungkap" kejadian tersebut kepada orang lain, karena  pelakunya aparat yg sedang bertugas di daerah tersebut, membuat korban/keluarga selalu berada dalam kondisi diintimidasi.
  • Penderitaan bersama trauma yg dialami oleh korban sangat mendalam, sehingga sangat sulit bagi korban untuk menceritakan pengalaman buruknya, apalagi kepada orang yg tidak terlalu dikenalnya.
  •  Adanya ancaman dari pihak-pihak tertentu terhadap orang ataupun LSM yg mendampingi korban.
11. Pembantaian Rawagede 

 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan  demam 20 Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia
Pembantaian Rawagede merupakan pelanggaran HAM yg terjadi penembakan bersama pembunuhan penduduk kampung Rawagede (sekarang Desa Balongsari, Rawamerta, Karawang, Jawa Barat) oleh tentara Belanda tanggal 9 Desember 1945 bersamaan dengan Agresi Militer Belanda I. Akibatnya puluhan warga sipil terbunuh oleh tentara Belanda yg kebanyakan dibunuh tanpa alasan yg jelas. Tanggal 14 September 2011, Pengadilan Den Haaq menyatakan pemerintah Belanda bersalah bersama harus bertanggung demam jawaban dengan membayar ganti rugi kepada para keluarga korban pembantaian Rawagede.

Baca pula : 

No comments:

Post a Comment