Wednesday, December 4, 2019

Cara Menyampaikan Sanggahan, Penolakan, Bersama Persetujuan Pendapat Dalam Diskusi

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog demam . Senang sekali rasanya kali ini bisa kami bagikan materi Bahasa Indonesia tentang Cara Menyampaikan Sanggahan, Penolakan, beserta Persetujuan Pendapat dalam Diskusi beserta Contohnya.

Di dalam sebuah diskusi Anda dituntut demam untuk mengeluarkan pendapat terhadap permasalahan yg sedang dibahas. demam Namun, karena diskusi merupakan bertukar pikiran, hendak ada banyak demam pendapat yg demam hidup di dalam forum diskusi. Nah, selain menyampaikan demam pendapat, Anda juga dituntut untuk menyikapi pendapat – pendapat demam tersebut apakah Anda setuju maupun pun tidak sependapat.

 Senang sekali rasanya kali ini  bisa kami bagikan materi  demam Cara Menyampaikan Sanggahan, Penolakan,  beserta Persetujuan Pendapat dalam Diskusi

Ketika mengikuti sebuah forum diskusi, yg harus diingat adalah ada demam cara bagaimana menyampaikan maupun merespon pendapat orang lain. Hal ini demam dilakukan agar tidak ada pihak yg tersinggung di dalam sebuah forum demam diskusi. Oleh karena itu, artikel kali ini hendak membahas bagaimana cara demam menyampaikan sanggahan, penolakan, beserta persetujuan pendapat.

Menyampaikan Pendapat

Pendapat adalah pandangan pribadi tentang suatu permasalahan. Agar Anda demam bisa menyampaikan pendapat yg logis dalam sebuah forum, yg perlu demam dilakukan adalah :
1. Menggunakan fakta beserta opini yg kuat
2. Menggunakan bahasa yg meyakinkan
3. Berfikir secara kritis beserta logis
4. Mampu menganalisa 
5. Tidak memaksakan pendapat

Contoh kalimat menyampaikan pendapat :

Menurut pendapat saya, Yogyakarta adalah kota pariwisata yg demam lengkap. Di sana ada wisata sejarah, pendidikan, maupun wisata hiburan. demam Oleh karena itu, sebaiknya kita menjadikan Yogyakarta sebagai tujuan demam wisata kita.”
Menurut kaca mata saya, subsidi BBM yg dilakukan oleh demam pemerintah belum menemui sasaran karena masih banyak orang – orang kaya demam yg juga menikmati subsidi tersebut. Oleh karena itu seharusnya demam pemerintah membuat sebuah regulasi baru untuk mobil – mobil mewah harus demam menggunakan Pertamax sebagai bahan bakar.”

Merespon Pendapat

Selain berpendapat, kita juga bisa merespon pendapat yg dikeluarkan demam oleh orang lain apakah kita menyetujui, menolak maupun menyanggah pendapat demam orang lain. Sama halnya seperti menyampaikan pendapat, dalam merespon demam pendapat juga ada beberapa cara yg harus diperhatikan. Di bawah ini demam adalah respon-respon pendapat yg memungkinkan. 
demam demam

Menyetujui Pendapat

Jika Anda memiliki pandangan yg sama dengan pendapat yg dikeluarkan demam oleh seseorang, Anda bisa menyetujui pendapatnya. Cara menyampaikan demam persetujuan pendapat yg benar adalah.
1. Singkat, jelas, beserta tidak berbelit – belit
2. Mengakui pendapat yg disampaikan adalah benar
3. Menguatkan pendapat tersebut dengan memberikan opini Anda
4. Menggunakan bahasa yg sopan
5. Meminta izin terlebih demam sudah-sudah kepada moderator

Contoh kalimat mendukung pendapat

Saya setuju dengan pendapat Saudara Aria Nugraha bahwa kita demam sebaiknya memasukkan Yogyakarta sebagai tujuan dari study tour ini, demam karena selain tempat wisatanya lengkap, biaya penginapan beserta konsumsi demam disana juga relatif murah.” 
Apa yg dikatakan oleh Saudara Aria Nugraha sama dengan pendapat saya, bahwa pemerintah seharusnya memberikan regulasi kepada para pemilik mobil mewah untuk menggunakan Pertamax, sehingga dana subsidi yg dikeluarkan oleh pemerintah tidak terlalu banyak beserta bisa digunakan dengan bidang lain.”

Menyanggah Pendapat

Jika pendapat yg disampaikan tidak sesuai dengan apa yg Anda demam pikirkan, Anda bisa menyanggah pendapat tersebut. Berikut ini adalah demam cara menyanggah pendapat orang lain.
1. Menggunakan bahasa yg sopan
2. Menggunakan landasan yg kuat
3. Memberikan alasan yg kuat.
4. Meminta izin kepada moderator

Contoh kalimat menyanggah pendapat

Maaf saudara Aria Nugraha, saya kurang sependapat dengan pendapat Anda demam untuk memasukkan Yogyakarta sebagai tujuan study tour kita. Hal ini demam dikarenakan jarak yg harus ditempuh hendak semakin jauh karena setelah demam dari Bandung kita hendak menuju pulau Bali.”
Menurut saya, pendapat Saudara Aria Nugraha baik, tetapi dalam demam hal pelaksanaannya sangatlah mustahil karena untuk menetapkan regulasi demam tersebut sangatlah susah beserta perlu waktu yg lama, sedangkan kita harus demam mencari solusi permasalahan ini segera.”

Menolak Pendapat

Apabila pendapat yg disampaikan tidak sesuai dengan apa yg sedang demam dibahas dalam diskusi, maka moderator bisa menolaknya. Berikut ini demam adalah cara menolak pendapat.
1. Tidak menyinggung perasaan orang lain.
2. Menggunakan bahasa yg santun karena yg ditolak adalah pendapat bukan orangnya.
3. Meminta izin terlebih demam sudah-sudah kepada moderator.
4. Memberikan alasan yg kuat.

Contoh kalimat menolak pendapat

Maaf saudara Aria Nugraha, pendapat Anda tidak logis karena Anda demam tidak menyertai alasan – alasan yg kuat mengapa kita harus memasukkan demam Yogyakarta sebagai tujuan study tour kita. Sebaiknya Anda menyampaikan demam pendapat Anda dilengkapi dengan alasan beserta bukti yg kuat.”

Maaf, pendapat Anda tidak bisa diterima karena bertolak belakang demam dengan tujuan dari diskusi kita kali ini. Tujuan diskusi kita kali ini demam adalah membahas tentang masalah kenaikan harga BBM bukan membahas demam tentang mobil mewah.”

Sumber : https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=cara-menyampaikan-pendapat-sanggahan-penolakan-persetujuan-diskusi-dan-contoh

Demikianlah materi Bahasa Indonesia tentang Cara Menyampaikan Sanggahan, Penolakan, beserta Persetujuan Pendapat dalam Diskusi beserta Contohnya. Semoga bisa bermanfaat..

No comments:

Post a Comment