Thursday, December 19, 2019

Erosi (Pengertian, Jenis, Kepada Pencegahan)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog . Senang sekali rasanya kali ini angsal kami bagikan artikel tentang Erosi meliputi Pengertian Erosi, Jenis / Macam-macam erosi beserta gambar, bersama cara pencegahan erosi. Silakan disimak selengkapnya..

A. PENGERTIAN EROSI

Erosi adalah pengikisan bersama pengangkutan batuan alias tanah oleh massa zat yg bergerak, seperti air mengalir, angin, ombak, gletser, bersama sebagainya . Bahan erosi yg dilarutkan hendak dibawa bersama diendapkan di tempat yg lebih rendah, seperti di lembah sungai, muara sungai, bersama di tempat tempat lain yg lebih rendah. 

B. JENIS / MACAM-MACAM EROSI

Proses erosi yg terjadi di alam sangat banyak bersama jenisnya ada bermacam macam. Berdasarkan tenaga yg pembawa bersama mengendapnya, erosi dibedakan menjadi bermacam macam, yaitu: erosi air, erosi angin, erosi gletser, erosi ombak laut, bersama erosi lainya. Selanjutnya berikut adalah pengertian dari macam macam erosi tersebut.

1. Erosi Air

 Senang sekali rasanya kali ini  angsal kami bagikan artikel tentang  Erosi (Pengertian, Jenis,  bersama Pencegahan)

Erosi air adalahproses terkikis bersama terangkutnya lapisan tanah yg disebabkan oleh aktivitas alias gerakan air. Gerakan air tidak hanya mengalir saja, tetapi juga air jatuh dari atas alias menetes. 

Erosi yg disebabkan oleh air sungai disebut Ablasi.

Berikut adalah beberapa contoh erosi yg dilakukan oleh air secara urut adalah sebagai berikut:

a. Erosi Permukaan (Sheet erosion)
Erosi Permukaan adalah erosi yg disebabkan oleh aliran air permukaan yg bergerak menururni lereng bersama mengikis serta mengangkut partikel partikel tanah.

b. Erosi Percikan (Spash erosion)
Erosi percikan ini terjadi karena tenaga tetesan air hujan yg memecahkan tanah alias batuan bersama menghempaskannya. Erosi percikan ini merupakan erosi air awal, yaitu dari tetesan air hujan.

c. Erosi Parit (Gully erosion)
Erosi parit yaitu erosi yg terjadi di parit parit. Parit adalah aliran air yg dibentuk oleh alur alur air. Erosi parit ini mempunyai ukuran yg lebih dalam bersama lebih lebar dari kepada erosi alur. Erosi parit ini penampangnya membentuk huruf V alias huruf U, tetapi kebanyakan membentuk huruf V.

d. Erosi Alur (Rill Erosion)
Erosi alur yaitu erosi yg terjadi di daerah daerah alur air alias di sungai. Daerah alur adalah tempat berkumpulnya aliran air permukaan yg membentuk alur alur alias sungai.

e. Erosi Air Terjun (Water fall erosion)
Erosi air terjun adalah erosi yg disebabkan oleh air terjun kepada lereng lereng yg terjal erosi yg terjadi kepada daerah air terjun ini termasuk erosi vertikal bersama bergerak berkurang sangat cepat.

Faktor yg mempengaruhi erosi 

Besar kecil alias kuat lemahnya erosi sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor alam. Beberapa faktor alam yan mempengaruhi kuat lemahnya tenaga erosi antara lain:

- Kemiringan Lereng
Semakin miring alias curam keadaan lereng hendak semakin besar erosinya bersama sebaliknya.

- Keadaan vegetasi alias tumbuhan
Semakin banyak tumbuhan alias vegetasi ataupun tanaman suatu tempat, hendak semakin kecil erosi yg terjadi.

- Volume air
Sebagai tenaga erosi, semakin besar volume air hendak semakin kuat daya alias kekuatan erosinya, bersama sebagainya.
    
2. Erosi Angin (Deflasi)

 Senang sekali rasanya kali ini  angsal kami bagikan artikel tentang  Erosi (Pengertian, Jenis,  bersama Pencegahan)

Erosi angin adalah proses terkikis bersama terangkutnya batuan alias tanah oleh tenaga angin. Erosi angin ini juga disebut dengan istilah Deflasi. Proses erosi oleh angin hanya terjadi di daerah yg kering, yaitu di daerah gurun pasir bersama pantai berpasir. Erosi angin yg terjadi di daerah berpasir mengakibatkan terbentuknya bukit bukit pasir yg disebut dengan nama sand dunes. Angin yg bertiup kencang bersama mengandung pasir bisa mengakibatkan batuan batuan tersebut terkikis bersama membentuk batu cendawan. Proses erosi oleh angin yg membentuk batuan cendawan ini disebut korasi.
  
3. Erosi Gletser (Eksarasi)

 Senang sekali rasanya kali ini  angsal kami bagikan artikel tentang  Erosi (Pengertian, Jenis,  bersama Pencegahan)
Erosi gletser adalah proses terkikisnya tanah alias batuan oleh tenaga cairan gletser alias es. Erosi gletser ini hanya terjadi di daerah iklim sedang, daerah iklim dingin bersama di pegunungan tinggi. Erosi oleh tenaga gletser alias es yg mengalir menuruni lereng ini disebur eksarasi. Beberapa daerah yg sering terjadi erosi gletser adalah : Pegunungan himalaya, Pegunungan Alpen, Pegunungan Rocky, Puncak jaya Wijaya bersama daerah beriklim sedang bersama dingin. Bahan hasil erosi biasanya di endapkan di bawah lereng. Bahan endapan erosi gletser baik yg halus maupun kasar disebut morena.

4. Erosi ombak/Gelombang (Abrasi)

 Senang sekali rasanya kali ini  angsal kami bagikan artikel tentang  Erosi (Pengertian, Jenis,  bersama Pencegahan)
Erosi ombak adalah proses terkikisnya batuan di daerah pantai terjal yg disebabkan oleh terpaan ombak alias gelombang laut. Proses erosi yg dilakukan oleh ombak alias gelombang laut ini di sebut Abrasi. Abrasi alias erosi ombak hendak menyebabkan terbentuknya cliff.  Apa yg dimaksud dengan Cliff ?. Cliff adalah lereng dengan dinding bagian atas menggantung karena dinding bagian bawah terkikis ke dalam. Erosi oleh ombak juga hendak membentuk pantai yg berdinding cekung yangg disebut dengan relung.

C. PENCEGAHAN EROSI

Ada beberapa tindakan yg angsal dilakukan untuk mencegah terjadinya erosi. Tindakan-tindakan tersebut antara lain :
  1. Menanami dengan tanaman penutup kepada bukit-bukit yg gundul.
  2. Pada tebing-lebing yg miring alias curam ditanami dengan tanam-tanaman keras.
  3. Menghutankan sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) dengan tanam-tanaman keras.
  4. Pengolahan lahan pertanian di lereng-lereng gunung bersama daerah-daerah miring dilakukan sccaia sengkedan
  5. Menghutankan daerah pantai dengan tanaman bakau alias api-api.
  6. Membangun bangunan-bangunan pemecah ombak kepada pantai-pantai yg bertebing curam.
Artikel terkait : 


Demikian artikel tentang Erosi meliputi Pengertian Erosi, Jenis / Macam-macam erosi beserta gambar, bersama cara pencegahan erosi. Semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment