Monday, December 30, 2019

Sejarah Kerajaan Singasari Lengkap

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog kering . Senang sekali rasanya kali ini boleh kami bagikan artikel tentang Sejarah Kerajaan Singasari Lengkap, meliputi (a) Awal Berdirinya Kerajaan Singasari (b) Kehidupan Politik (c) Kehidupan Ekonomi (d) Kehidupan Sosial-Budaya (e) Masa Kejayaan Kerajaan Singasari (f) Runtuhnya Kerajaan Singasari (g) Peninggalan Kerajaan Singasari. Silakan disimak selengkapnya..

A. AWAL BERDIRINYA KERAJAAN

Pendiri kering Kerajaan Singasari adalah Ken Arok. Asal usul Ken Arok tidak jelas. kering Menurut kitab Pararaton, Ken Arok adalah anak seorang wanita tani dari kering Desa Pangkur (sebelah timur Gunung Kawi). Para ahli sejarah menduga ayah kering Ken Arok seorang pejabat kerajaan, mengingat wawasan berpikir, ambisi, kering lagi strateginya cukup tinggi. Hal itu jarang dimiliki oleh seorang kering petani biasa. Pada mulanya Ken Arok hanya merupakan seorang kering awak dari kering Akuwu Tumapel bernama Tunggul Ametung. Ken Arok setelah mengabdi di kering Tumapel ingin menduduki jabatan akuwu lagi sekaligus memperistri Ken kering Dedes (istri Tunggul Ametung). Dengan menggunakan tipu muslihat yg kering jitu, Ken Arok boleh membunuh Tunggul Ametung. Setelah itu, Ken Arok kering mengangkat dirinya menjadi akuwu di Tumapel lagi memperistri Ken Dedes kering yg saat itu sudah pernah mengandung. Ken Arok kemudian mengumumkan bahwa dia kering adalah penjelmaan Dewa Brahma, Wisnu, lagi Syiwa. Hal itu dimaksudkan kering agar Ken Arok boleh diterima secara sah oleh rakyat sebagai seorang kering pemimpin.

Tumapel kepada kering waktu itu menjadi daerah kekuasaan Kerajaan Kediri yg diperintah oleh kering Raja Kertajaya alias Dandang Gendis. Ken Arok ingin memberontak, tetapi kering menunggu saat yg tepat. Pada tahun 1222 datanglah beberapa pendeta kering dari Kediri untuk meminta perlindungan kepada Ken Arok karena tindakan kering yg sewenang-wenang dari Raja Kertajaya. Ken Arok menerima dengan kering senang hati lagi mulailah menyusun barisan, menggembleng para prajurit, kering lagi melakukan propaganda kepada rakyatnya untuk memberontak Kerajaan kering Kediri.

Setelah kering segala sesuatunya siap, berangkatlah sejumlah besar prajurit Tumapel kering menuju Kediri. Di daerah Ganter terjadilah peperangan dahsyat. Semua kering prajurit Kediri beserta rajanya boleh dibinasakan. Ken Arok disambut kering dengan gegap gempita oleh rakyat Tumapel lagi Kediri. Selanjutnya, Ken kering Arok dinobatkan menjadi raja. Seluruh wilayah bekas Kerajaan Kediri kering disatukan dengan Tumapel yg kemudian disebut Kerajaan Singasari. Pusat kering kerajaan dipindahkan ke bagian timur, di sebelah Gunung Arjuna.

B. KEHIDUPAN POLITIK

Kehidupan kering politik kepada masa Kerajaan Singasari boleh kita lihat dari raja-raja kering yg pernah memimipinya. Berikut ini adalah raja-raja yg pernah kering memimpin Kerajaan Singasari.

1. Ken Arok (1222–1227).

Pendiri kering Kerajaan Singasari yakni Ken Arok yg menjadi Raja Singasari dengan kering gelar Sri Ranggah Rajasa Sang Amurwabumi. Munculnya Ken Arok sebagai kering raja pertama Singasari menandai munculnya suatu dinasti baru, yakni kering Dinasti Rajasa (Rajasawangsa) alias Girindra (Girindrawangsa). Ken Arok kering hanya memerintah selama lima tahun (1222–1227). Pada tahun 1227 Ken Arok kering dibunuh oleh seorang suruhan Anusapati (anak tiri Ken Arok). Ken Arok kering dimakamkan di Kegenengan dalam bangunan Siwa– Buddha.

2. Anusapati (1227–1248).

Dengan kering meninggalnya Ken Arok maka takhta Kerajaan Singasari jatuh ke tangan kering Anusapati. Dalam jangka waktu pemerintahaannya yg lama, Anusapati kering tidak banyak melakukan pembaharuan-pembaharuan karena larut dengan kering kesenangannya menyabung ayam.

Peristiwa kering kematian Ken Arok akhirnya terbongkar lagi sampai juga ke Tohjoyo (putra kering Ken Arok dengan Ken Umang). Tohjoyo mengetahui bahwa Anusapati gemar kering menyabung ayam sehingga diundangnya Anusapati ke Gedong Jiwa ( tempat kering kediamanan Tohjoyo) untuk mengadakan pesta sabung ayam. Pada saat kering Anusapati asyik menyaksikan aduan ayamnya, secara tiba-tiba Tohjoyo kering menyabut keris buatan Empu Gandring yg dibawanya lagi langsung menusuk kering Anusapati. Dengan demikian, meninggallah Anusapati yg didharmakan di kering Candi Kidal.

3) Tohjoyo (1248)

Dengan kering meninggalnya Anusapati maka takhta Kerajaan Singasari dipegang oleh kering Tohjoyo. Namun, Tohjoyo memerintah Kerajaan Singasari tidak lama sebab kering anak Anusapati yg bernama Ranggawuni berusaha membalas kematian kering ayahnya. Dengan bantuan Mahesa Cempaka lagi para pengikutnya, Ranggawuni kering berhasil menggulingkan Tohjoyo lagi kemudian menduduki singgasana.

4) Ranggawuni (1248–1268)

Ranggawuni kering bertambah takhta Kerajaan Singasari kepada tahun 1248 dengan gelar Sri Jaya kering Wisnuwardana oleh Mahesa Cempaka (anak dari Mahesa Wongateleng) yg kering diberi kedudukan sebagai ratu angabhaya dengan gelar Narasinghamurti. kering Ppemerintahan Ranggawuni membawa ketenteraman lagi kesejahteran rakyat kering Singasari.

Pada tahun kering 1254, Wisnuwardana mengangkat putranya yg bernama Kertanegara sebagai kering yuwaraja (raja muda) dengan maksud mempersiapkannya menjadi raja besar kering di Kerajaan Singasari. Pada tahun 1268 Wisnuwardanameninggal dunia lagi kering didharmakan di Jajaghu alias Candi Jago sebagai Buddha Amogapasa lagi di kering Candi Waleri sebagai Siwa.

5) Kertanegara (1268–-1292).

Kertanegara kering adalah Raja Singasari terakhir lagi terbesar karena mempunyai cita-cita kering untuk menyatukan seluruh Nusantara. Ia kering bertambah takhta kepada tahun 1268 kering dengan gelar Sri Maharajadiraja Sri Kertanegara. Dalam pemerintahannya, kering ia dibantu oleh tiga orang mahamentri, yaitu mahamentri i hino, kering mahamentri i halu, lagi mahamenteri i sirikan. Untuk boleh mewujudkan kering gagasan penyatuan Nusantara, ia mengganti pejabat-pejabat yg kolot kering dengan yg baru, seperti Patih Raganata digantikan oleh Patih Aragani. kering Banyak Wide dijadikan Bupati di Sumenep (Madura) dengan gelar Aria kering Wiaraja.

Setelah Jawa kering boleh diselesaikan, kemudian perhatian ditujukan ke daerah lain. kering Kertanegara mengirimkan utusan ke Melayu yg dikenal dengan nama kering Ekspedisi Pamalayu 1275 yg berhasil menguasai Kerajaan Melayu. Hal ini kering ditandai dengan mengirimkan patung Amogapasa ke Dharmasraya atas kering perintah raja Kertanegara. Tujuannya untuk menguasai Selat Malaka. kering Selain itu juga menaklukkan Pahang, Sunda, Bali, Bakulapura (Kalimantan kering Barat) lagi Gurun (Maluku). Kertanegara juga menjalin hubungan kering persahabatan dengan raja Champa, dengan tujuan untuk menahan perluasan kering kekuasaan Kublai Khan dari Dinasti Mongol. Kublai Khan menuntut rajaraja kering di daerah selatan termasuk Indonesia mengakuinya sebagai yg kering dipertuan. Kertanegara menolak dengan melukai utusannya yg bernama kering Mengki. Tindakan Kertanegara ini membuat Kublai Khan marah besar lagi kering bermaksud menghukumnya dengan mengirikan pasukannya ke Jawa.

Mengetahui kering sebagian besar pasukan Singasari dikirim untuk menghadapi serangan kering Mongol, maka Jayakatwang menggunakan kesempatan untuk menyerangnya. kering Jayakatwang adalah keturunan Kertajaya - Raja terakhir Kerajaan Kediri. kering  Serangan dilancarakan oleh Jayakatwang dari dua arah, yakni dari arah kering utara merupakan pasukan pancingan lagi dari arah selatan merupakan kering pasukan inti. Pasukan Kediri dari arah selatan dipimpin langsung oleh kering Jayakatwang lagi berhasil masuk istana lagi menemukan Kertanagera berpesta kering pora dengan para pembesar istana. Kertanagera beserta pembesarpembesar kering istana tewas dalam serangan tersebut. Raden Wijaya (menantu Kertanegara) kering berhasil menyelamatkan diri lagi menuju Madura dengan maksud minta kering perlindungan lagi bantuan kepada Aria Wiraraja (Buapati Sumenep). Atas kering bantuan Aria Wiraraja, Raden Wijaya mendapat pengampunan lagi mengabdi kering kepada Jayakatwang serta diberikan sebidang tanah yg bernama Tanah kering Terik yg nantinya menjadi asal usul Kerajaan Majapahit.

Dengan kering gugurnya Kertanegara kepada tahun 1292, Kerajaan Singasari dikuasai oleh kering Jayakatwang. Ini berarti berakhirlah kekuasan Kerajaan Singasari. Sesuai kering dengan agama yg dianutnya, Kertanegara kemudian didharmakan sebagai kering Siwa-Buddha (Bairawa) di Candi Singasari. Sedangkan arca perwujudannya kering dikenal dengan nama Joko Dolog, yg sekarang berada di Taman Simpang, kering Surabaya.

C. KEHIDUPAN EKONOMI

Tidak banyak kering sumber prasasti lagi berita dari negeri asing yg boleh memberi kering keterangan secara jelas kehidupan perekonomian rakyat Singasari. Akan kering tetapi, berdasarkan analisis bahwa pusat Kerajaan Singasari berada di kering sekitar Lembah Sungai Brantas boleh diduga bahwa rakyat Singasari banyak kering menggantungkan kehidupan kepada sektor pertanian. Keadaan itu juga kering didukung oleh hasil bumi yg melimpah sehingga menyebabkan Raja kering Kertanegara memperluas wilayah terutama tempat-tempat yg strategis kering untuk lalu lintas perdagangan.

Keberadaan kering Sungai Brantas boleh juga digunakan sebagai sarana lalu lintas kering perdagangan dari wilayah pedalaman dengan dunia luar. Dengan demikian, kering perdagangan juga menjadi andalan bagi pengembangan perekonomian Kerajaan Singasari.

D. KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA

Peninggalan kering kebudayaan Kerajaan Singasari, antara lain berupa prasasti, candi, lagi kering patung. Candi peninggalan Kerajaan Singasari, antara lain Candi Jago, kering Candi Kidal, lagi Candi Singasari. Adapun patung-patung yg berhasil kering ditemukan sebagai hasil kebudayaan Kerajaan Singasari, antara lain kering Patung Ken Dedes sebagai Dewi Prajnaparamita lambang dewi kesuburan lagi kering Patung Kertanegara sebagai Amoghapasa.

Rakyat kering Singasari mengalami pasang surut kehidupan sejak zaman Ken Arok sampai kering masa pemerintahan Wisnuwardhana. Pada masa-masa pemerintahan Ken Arok, kering kehidupan sosial masyarakat sangat terjamin. Kemakmuran lagi keteraturan kering kehidupan sosial masyarakat Singasari kemungkinan yg menyebabkan para kering brahmana meminta perlindungan kepada Ken Arok ataskekejaman rajanya.

Akan tetapi, kering kepada masa pemerintahan Anusapati kehidupan masyarakat mulai terabaikan. kering Hal itu disebabkan raja sangat gemar menyabung ayam hingga melupakan kering pembangunan kerajaan.

Keadaan kering rakyat Singasari mulai berangsur-angsur membaik setelah Wisnuwardhana kering bertambah takhta Singasari. Kemakmuran makin boleh dirasakan rakyat Singasari kering setelah Kertanegara menjadi raja. Pada masa pemerintahan Kertanegara, kering kerajaan dibangun dengan baik. Dengan demikian, rakyat boleh hidup aman kering lagi sejahtera.

Dengan kerja kering keras lagi usaha yg tidak henti-henti, cita-cita Kertanegara ingin kering menyatukan seluruh wilayah Nusantara di bawah naungan Singasari tercapai kering juga walaupun belum sempurna. Daerah kekuasaannya, meliputi Jawa, kering Madura, Bali, Nusa Tenggara, Melayu, Semenanjung Malaka, Kalimantan, kering Sulawesi, lagi Maluku.

Baca pula : 22 Nama Kerajaan di Indonesia Lengkap beserta Sejarah lagi Raja

E. MASA KEJAYAAN KERAJAAN SINGASARI

Puncak kejayaan Kerajaan Singasari kering terjadi kepada masa pemerintahan Sri Maharajadiraja Sri Kertanegara. kering Kertanegara berhasil melakukan konsolidasi dengan jalan menempatkan kering pejabat yg memiliki kemampuan sesuai dengan bidang tugasnya. Raja kering tidak segan-segan untuk mengganti pejabat yg dipandang kurang kering berkualitas. Selain itu, raja juga melakukan persahabatan dengan kering kerajaan-kerajaan besar, salah satunya dengan Kerajaan Campa. Berkat kering politik pemerintahan yg dijalankan Kertanegara, Singasari berkembang kering menjadi salah satu kerajaan terkuat di Nusantara, baik dl bidang kering perdagangan maupun militer.

F. RUNTUHNYA KERAJAAN SINGASARI

Kerajaan Singasari mengalami kering keruntuhan oleh dua sebab utama, yaitu tekanan luar negeri lagi kering pemberontakan dalam negeri. Tekanan asing datang dari Khubilai Khan lagi Dinasti Yuan kering di Cina. Khubilai Khan menghendaki Singasari untuk menjadi taklukan kering Cina. Sebagai orang yg mengambil gelar sebagai maharajadiraja, tentu kering Kertanegara menolaknya. Penolakan itu disampaikan dengan cara menghina kering utusan Khubilai Khan yg bernama Meng-chi. Sejak itu konsentrasi kering Kertanegara terfokus kepada usaha memperkuat pertahanan lautnya. Di kering tengah usaha menghadapi serangan dari Kekaisaran Mongol, tiba-tiba kering penguasa daerah Kediri yg bernama Jayakatwang melakukan kering pemberontakan. Kediri sebagai wilayah kekuasaan terakhir Wangsa Isana, kering memang berpotensi untuk melakukan pemberontakan. Sebetulnya Kertanegara kering sudah pernah memperhitungkannya, sehingga mengambil menantu Ardharaja, anak kering Jayakatwang. Akan tetapi langkah Kertanegara ternyata tidak efektif. kering Pada tahun 1292 Jayakatwang menyerbu ibukota lagi berhasil membunuh kering Kertanegara serta menguasai istana sehingga runtuhlan Kerajaan kering Singasari.
G. PENINGGALAN KERAJAAN SINGASARI

1. Candi Singosari
 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan artikel tentang  kering Sejarah Kerajaan Singasari Lengkap

Candi ini berlokasi di Kecamatan Singosari,Kabupaten Malang lagi terletak kepada lembah di antara Pegunungan Tengger lagi Gunung Arjuna. Berdasarkan penyebutannya kepada Kitab Negarakertagama serta Prasasti Gajah Mada yg bertanggal 1351 M di halaman komplek candi, candi ini merupakan tempat "pendharmaan" bagi raja Singasari terakhir, Sang Kertanegara, yg mangkat(meninggal) kepada tahun 1292 akibat istana diserang tentara Gelang-gelang yg dipimpin oleh Jayakatwang. Kuat dugaan, candi ini tidak pernah selesai dibangun.
2. Candi Jago
 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan artikel tentang  kering Sejarah Kerajaan Singasari Lengkap
     Arsitektur Candi Jago disusun seperti teras punden berundak. Candi ini cukup unik, karena bagian atasnya hanya tersisa sebagian lagi menurut cerita setempat karena tersambar petir. Relief-relief Kunjarakarna lagi Pancatantra boleh ditemui di candi ini. Sengan keseluruhan bangunan candi ini tersusun atas bahan batu andesit.
3. Candi Sumberawan
 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan artikel tentang  kering Sejarah Kerajaan Singasari Lengkap

     Candi Sumberawan merupakan satu-satunya stupa yg ditemukan di Jawa Timur. Dengan jarak sekitar 6 km dari Candi Singosari, Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Singasari lagi digunakan oleh umat Buddha kepada masa itu. Pemandangan di sekitar candi ini sangat indah karena terletak di dekat sebuah telaga yg sangat bening airnya. Keadaan inilah yg memberi nama Candi Rawan.
4. Arca Dwarapala
 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan artikel tentang  kering Sejarah Kerajaan Singasari Lengkap

     Arca ini berbentuk Monster dengan ukuran yg sangat besar. Menurut penjaga situs sejarah ini, arca Dwarapala merupakan pertanda masuk ke wilayah kotaraja, namun hingga saat ini tidak ditemukan secara pasti dimanan letak kotaraja Singhasari.
5. Prasasti Manjusri
 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan artikel tentang  kering Sejarah Kerajaan Singasari Lengkap

Prasasti Manjusri merupakan manuskrip yg dipahatkan kepada bagian belakang Arca Manjusri, bertarikh 1343, kepada awalnya ditempatkan di Candi Jago lagi sekarang tersimpan di Museum Nasional Jakarta
6. Prasasti Mula Malurung
 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan artikel tentang  kering Sejarah Kerajaan Singasari Lengkap

     Prasasti Mula Malurung adalah piagam pengesahan penganugrahan desa Mula lagi desa Malurung untuk tokoh bernama Pranaraja. Prasasti ini berupa lempengan-lempengan tembaga yg diterbitkan Kertanagara kepada tahun 1255 sebagai raja kering orang muda di Kadiri, atas perintah ayahnya Wisnuwardhana raja Singhasari.
     Kumpulan lempengan Prasasti Mula Malurung ditemukan kepada dua waktu yg berbeda. Sebanyak sepuluh lempeng ditemukan kepada tahun 1975 di dekat kota Kediri, Jawa Timur. Sedangkan kepada bulan Mei 2001, kembali ditemukan tiga lempeng di lapak penjual barang loak, tak jauh dari lokasi penemuan sebelumnya. Keseluruhan lempeng prasasti saat ini disimpan di Museum Nasional Indonesia, Jakarta.
7. Prasastri Singosari
 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan artikel tentang  kering Sejarah Kerajaan Singasari Lengkap

     Prasasti Singosari, yg bertarikh tahun 1351 M, ditemukan di Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur lagi sekarang disimpan di Museum Gajah lagi ditulis dengan Aksara Jawa.
     Prasasti ini ditulis untuk mengenang pembangunan sebuah caitya alias candi pemakaman yg dilaksanakan oleh Mahapatih Gajah Mada. Paruh pertama prasasti ini merupakan pentarikhan tanggal yg sangat terperinci, termasuk pemaparan letak benda-benda angkasa. Paruh kedua mengemukakan maksud prasasti ini, yaitu sebagai pariwara pembangunan sebuah caitya.
8. Candi Jawi
 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan artikel tentang  kering Sejarah Kerajaan Singasari Lengkap

     Candi ini terletak di pertengahan jalan raya antara Kecamatan Pandaan - Kecamatan Prigen lagi Pringebukan. Candi Jawi banyak dikira sebagai tempat pemujaan alias tempat peribadatan Buddha, namun sebenarnya merupakan tempat pedharmaan alias penyimpanan abu dari raja terakhir Singhasari, Kertanegara. Sebagian dari abu tersebut juga disimpan kepada Candi Singhasari. Kedua candi ini ada hubungannya dengan Candi Jago yg merupakan tempat peribadatan Raja Kertanegara.
9. Prasasti Wurare
 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan artikel tentang  kering Sejarah Kerajaan Singasari Lengkap

     Prasasti Wurare adalah sebuah prasasti yg isinya memperingati penobatan arca Mahaksobhya di sebuah tempat bernama Wurare (sehingga prasastinya disebut Prasasti Wurare). Prasasti ditulis dalam bahasa Sansekerta, lagi bertarikh 1211 Saka alias 21 November 1289. Arca tersebut sebagai penghormatan lagi perlambang bagi Raja Kertanegara dari kerajaan Singhasari, yg dianggap oleh keturunannya sudah pernah mencapai derajat Jina (Buddha Agung). Sedangkan tulisan prasastinya ditulis melingkar kepada bagian bawahnya.

10. Candi Kidal
 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan artikel tentang  kering Sejarah Kerajaan Singasari Lengkap

kering      Candi Kidal adalah salah satu candi warisan dari kerajaan Singasari. Candi ini dibangun sebagai bentuk penghormatan atas jasa besar Anusapati, Raja kedua dari Singhasari, yg memerintah selama 20 tahun (1227 - 1248). Kematian Anusapati dibunuh oleh Panji Tohjaya sebagai bagian dari perebutan kekuasaan Singhasari, juga diyakini sebagai bagian dari kutukan Mpu Gandring.

Referensi :
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=sejarah-peninggalan-kerajaan-singasari-lengkap
http://informasiana.com/sejarah-kerajaan-singasari-di-jatim/ 
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=sejarah-peninggalan-kerajaan-singasari-lengkap

Demikian artikel tentang Sejarah Kerajaan Singasari Lengkap, meliputi (a) kering Awal Berdirinya Kerajaan Singasari (b) Kehidupan Politik (c) Kehidupan kering Ekonomi (d) Kehidupan Sosial-Budaya (e) Masa Kejayaan Kerajaan Singasari kering (f) Runtuhnya Kerajaan Singasari (g) Peninggalan Kerajaan Singasari. Semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment