Sunday, December 22, 2019

Download 2 Contoh Makalah Tentang Pendidikan (.Docx)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog demam . Senang sekali rasanya kali ini beroleh kami bagikan Contoh 2 Makalah tentang Pendidikan. Makalah Pendidikan yg pertama berjudul Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan, sedangkan makalah pendidikan yg kedua berjudul Pendidikan Dalam Perspektif Filosofis yg beroleh anda download dengan format word (.docx)

 Senang sekali rasanya kali ini  beroleh kami bagikan  demam Download 2 Contoh Makalah tentang Pendidikan (.docx)
Preview Makalah Pendidikan (1) : Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan

demam
BAB I
demam
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Globalisasi adalah suatu proses tatanan masyarakat yg mendunia lalu tidak mengenal batas wilayah. Globalisasi kepada hakikatnya adalah suatu proses dari gagasan yg dimunculkan, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yg akhirnya sampai kepada suatu titik kesepakatan bersama lalu menjadi pedoman bersama bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia (Edison A. Jamli, 2005). Proses globalisasi berlangsung melalui dua dimensi, yaitu dimensi ruang lalu waktu. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, lalu terutama kepada bidang pendidikan. Teknologi informasi lalu komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, teknologi informasi lalu komunikasi berkembang pesat dengan berbagai bentuk lalu kepentingan beroleh tersebar luas ke seluruh dunia. Oleh karena itu globalisasi tidak beroleh dihindari kehadirannya, terutama dalam bidang pendidikan.

Kemajuan ilmu pengetahuan lalu teknologi yg disertai dengan semakin kencangnya arus globalisasi dunia membawa dampak tersendiri bagi dunia pendidikan. Banyak sekolah di indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini mulai melakukan globalisasi dalam sistem pendidikan internal sekolah. Hal ini terlihat kepada sekolah – sekolah yg dikenal dengan billingual school, dengan diterapkannya bahasa asing seperti bahasa Inggris lalu bahasa Mandarin sebagai mata ajar wajib sekolah. Selain itu berbagai jenjang pendidikan mulai dari sekolah menengah hingga perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yg membuka program kelas internasional. Globalisasi pendidikan dilakukan untuk menjawab kebutuhan pasar atas tenaga kerja berkualitas yg semakin ketat. Dengan globalisasi pendidikan diharapkan tenaga kerja Indonesia beroleh bersaing di pasar dunia. Apalagi dengan atas diterapkannya perdagangan bebas, misalnya dalam lingkup negara-negara ASEAN, mau tidak mau dunia pendidikan di Indonesia harus menghasilkan lulusan yg siap kerja agar tidak menjadi “budak” di negeri sendiri.

Persaingan untuk menciptakan negara yg kuat terutama di bidang ekonomi, sehingga beroleh masuk dalam jajaran raksasa ekonomi dunia tentu saja sangat membutuhkan kombinasi antara kemampuan otak yg demam lihai disertai dengan keterampilan daya cipta yg tinggi. Salah satu kuncinya adalah globalisasi pendidikan yg dipadukan dengan kekayaan budaya bangsa Indonesia. Selain itu hendaknya peningkatan kualitas pendidikan hendaknya selaras dengan kondisi masyarakat Indonesia saat ini. Tidak beroleh kita pungkiri bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yg berada di bawah garis kemiskinan. Dalam hal ini, untuk beroleh menikmati pendidikan dengan kualitas yg baik tadi tentu saja memerlukan biaya yg cukup besar. Tentu saja hal ini menjadi salah satu penyebab globalisasi pendidikan belum dirasakan oleh semua kalangan masyarakat. Sebagai contoh untuk beroleh menikmati program kelas Internasional di perguruan tinggi terkemuka di tanah air diperlukan dana lebih dari 50 juta. Alhasil hal tersebut hanya beroleh dinikmati golongan kelas atas yg mapan. Dengan kata lain yg maju semakin maju, lalu golongan yg terpinggirkan atas semakin terpinggirkan lalu tenggelam dalam arus globalisasi yg semakin kencang yg beroleh menyeret mereka dalam jurang kemiskinan. Masyarakat kelas atas menyekolahkan anaknya di sekolah – sekolah mewah di saat masyarakat golongan ekonomi lemah harus bersusah payah bahkan untuk sekedar menyekolahkan anak mereka di sekolah biasa. Ketimpangan ini beroleh memicu kecemburuan yg berpotensi menjadi konflik sosial. Peningkatan kualitas pendidikan yg sudah tercapai atas sia-sia andaikan gejolak sosial dalam masyarakat akibat ketimpangan karena kemiskinan lalu ketidakadilan tidak diredam dari sekarang.

1.2  Rumusan Masalah
Secara umum, rumusan masalah  kepada makalah “Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan” ini beroleh dirumuskan seperti kepada pertanyaan berikut.
a.       Apa dampak dari globalisasi untuk  dunia pendidikan?
b.      Penyebab buruknya pendidikan di era globalisasi?   
c.       Cara penyesuan pendidikan di Indonesia kepada era globalisasi?

1.3  Tujuan
1.  Bagi Penulis
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas yg diberikan dosen dalam mata kuliah pengantar pendidikan. Selain itu, bagi diri kami pribadi makalah ini juga diharapkan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan yg lebih bagi mahasiswa, baik dalam lingkup universitas negeri malang maupun di civitas akademika yg lain.
2.   Bagi Pembaca
Makalah ini dimaksudkan untuk membahas dampak globalisasi terhadap dunia pendidikan lalu menambah ilmu pengetahuan mengenai globalisasi. Para pembaca yg dominan dari kaula mahasiswa bisa digunakan untuk langkah menuju ke pengetahuan yg lebih luas, sehingga kedepannya tercipta sdm-sdm yg unggul.
3.   Bagi Masyarakat
Diharapkan masyarakat bisa lebih memahami tentang arti penting globalisasi sehingga dampak negatif yg berimbas bisa leih diperkecil. Dan juga diharapkan agar realisasi kegiatan positif terhadap adanya pendidikan semakin lebih baik.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pengaruh  Globalisasi terhadap dunia Pendidikan
Perkembangan dunia pendidikan di Indonesia tidak beroleh dilepaskan dari pengaruh perkembangan globalisasi, di mana ilmu pengetahuan lalu teknologi berkembang pesat. Era pasar bebas juga merupakan tantangan bagi dunia pendidikan Indonesia, karena terbuka peluang lembaga pendidikan lalu tenaga pendidik dari mancanegara masuk ke Indonesia. Untuk menghadapi pasar global maka kebijakan pendidikan demam lokal; >< internasional. Contoh kalimat : Pemasaran produk lama mencapai pasar nasional lalu internasional harus beroleh meningkatkan mutu pendidikan, baik akademik maupun non-akademik, lalu memperbaiki manajemen pendidikan agar lebih produktif lalu efisien serta memberikan akses seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan.
          Ketidaksiapan bangsa kita dalam mencetak SDM yg berkualitas lalu bermoral yg dipersiapkan untuk terlibat lalu berkiprah dalam kancah globalisasi, menimbulkan dampak positif lalu negatif dari dari pengaruh globalisasi dalam pendidikan dijelaskan dalam poin-poin berikut:

1.      Dampak Positif Globalisasi Terhadap Dunia Pendidikan Indonesia
    
Pengajaran Interaktif Multimedia
                Kemajuan teknologi akibat pesatnya arus globalisasi, merubah pola pengajaran kepada dunia pendidikan. Pengajaran yg bersifat klasikal berubah menjadi pengajaran yg berbasis teknologi baru seperti internet lalu computer. Apabila dulu, guru menulis dengan sebatang kapur, sesekali membuat gambar sederhana alias menggunakan suara-suara lalu sarana sederhana lainnya untuk mengkomunikasikan pengetahuan lalu informasi. Sekarang sudah ada computer. Sehingga tulisan, film, suara, music, gambar hidup, beroleh digabungkan menjadi suatu proses komunikasi.


Preview Makalah Pendidikan (2) : Pendidikan Dalam Perspektif Filosofis

demam
BAB I
demam
PENDAHULUAN
demam
A.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah upayamengembangkan potensi-potensi manusiawi peserta didik baik potensi fisikpotensi cipta, rasa, maupun karsanya, agar potensi itu menjadi nyata lalu dapatberfungsi dalam perjalanan hidupnya. Dasar pendidikan adalah cita-citakemanusiaan universal. Pendidikan bertujuan menyiapkan pribadi dalam keseimbangan, kesatuan. organis, harmonis, dinamis. guna mencapai tujuan hidup kemanusiaan. Filsafat pendidikan adalah filsafat yg digunakan dalam studi mengenai masalah-masalah pendidikan.
Tujuan filsafat pendidikan memberikan inspirasi bagaimana mengorganisasikan proses pembelajaran yg ideal. Teori pendidikan bertujuan menghasilkan pemikiran tentang kebijakan lalu prinsip-rinsip pendidikan yg didasari oleh filsafat pendidikan. Praktik pendidikan alias proses pendidikan menerapkan serangkaian kegiatan berupa implementasi kurikulum lalu interaksi antara guru dengan peserta didik guna mencapai tujuan pendidikan dengan menggunakan rambu-rambu dari teori-teori pendidikan.   demam
B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah pengertian dari filsafat?
2.      Apakah pengertian dari filsafat pendidikan?
3.      Bagaimana hubungan antara filsafat dengan filsafat pendidikan?
4.      Bagaimana pandangan filsafat tentang pendidikan?

C.    Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui pengertian dari filsafat.
2.      Untuk mengetahui pengertian dari filsafat pendidikan.
3.      Untuk mengetahui adanya hubungan antara filsafat dengan filsafat pendidikan.
4.      Untuk mengetahui bagaimana pandangan filsafat tentang pendidikan.

demam
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Filsafat lalu Filsafat Pendidikan
1.      Pengertian Filsafat
Katafilsafat alias falsafat, berasal dari bahasa Yunani, dari kata philos, yg berarti cinta, senang, suka, lalu kata sophia, yg berarti pengetahuan, hikmah, lalu kebijaksanaan.
Menurut Hasan Shadini dalam Jalaludin (1997:9), filsafat adalah cinta kepada ilmu pengetahuan alias kebenaran, suka kepada hikmah lalu kebijaksanaan.
Menurut Imam Barnadib dalam Jalaludin (1997:9), filsafat sebagai pandangan yg menyeluruh lalu sistematis.
Jadi filsafat beroleh diartikan sebagai cara berfikir alias pandangan yg sistematis, menyeluruh, lalu mendasar tentang suatu kebenaran.
 
2.      Pengertian Filsafat Pendidikan
Menurut Al Syaibani dalam Jalaludin (1997:13), filsafat pendidikan adalah aktifitas pikiran yang
teratur yg menjadikan filsafat tersebut sebagai cara untuk mengatur, lalu menyelaraskan proses pendidikan. Artinya, bahwa filsafat pendidikan beroleh menjelaskan nilai-nilai lalu maklumat-maklumat yg diupayakan untuk mencapainya, maka filsafat pendidikan lalu pengalaman kemanusian merupakan faktor yg integral alias satu kesatuan. Sementara itu, filsafat juga didefinisikan sebagai pelaksana pandangan falsafah lalu kaidah falsafah dalam bidang pendidikan, falsafah tersebut menggambarkan satu aspek dari aspek-aspek pelaksana falsafah umum lalu menitik beratkan kepada pelaksanaan prinsip-prinsip lalu kepercayaan yg menjadi dasar dari filsafat umum dalam upaya memecahkan persoalan-persoalan pendidikan secara praktis.

Menurut John Dewey dalam Jalaludin (1997:13 ), filsafat pendidikan merupakan suatu pembentukan kemampuan dasar yg fundamental, baik yg menyangkut daya pikir (intekektual) maupun daya perasaan (emosional), menuju kearah tabiat manusia, maka filsafat beroleh juga diartikan sebagai teori umum pendidikan.

demam
3.      Hubungan Filsafat dengan Filsafat Pendidikan
Dalam berbagai bidang ilmu sering kita dengar istilah vertikal lalu horisontal. Istilah ini juga atas terdengar kepada cabang filsafat bahkan filsafat pendidikan.
Antara filsafat lalu pendidikan terdapat hubungan horisontal, meluas kesamping yaitu hubungan antara cabang disiplin ilmu yg satu dengan yg lain yg berbeda-beda, sehingga merupakan synthesa yg merupakan terapan ilmu kepada bidang kehidupan yaitu ilmu filsafat kepada penyesuaian problema-problema pendidikan lalu pengajaran. Filsafat pendidikan dengan demikian merupakan pola-pola pemikiran alias pendekatan filosofis terhadap permasalahan bidang pendidikan lalu pengajaran.
Adapun filsafat pendidikan menunjukkan hubungan vertikal, demam terangkat ke atas alias turun ke bawah dengan cabang-cabang ilmu pendidikan yg lain, seperti pengantar pendidikan, sejarah pendidikan, teori pendidikan, perbandingan pendidikan lalu puncaknya filsafat pendidikan. Hubungan vertikal antara disiplin ilmu tertentu adalah hubungan tingkat penguasaan alias keahlian lalu pendalaman atas rumpun ilmu pengetahuan yg sejenis.
Maka dari itu, filsafat pendidikan sebagai salah satu bukan satu-satunya ilmu terapan adalah cabang ilmu pengetahuan yg memusatkan perhatiannya kepada penerapan pendekatan filosofis kepada bidang pendidikan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan hidup lalu penghidupan manusia kepada umumnya lalu manusia yg berpredikat pendidik alias guru kepada khususnya.
Dalam buku filsafat pendidikan karangan Prof. Jalaludin lalu Drs. Abdullah Idi mengemukakan bahwa Jhon S. Brubachen mengatakan hubungan antara filsafat lalu pendidikan sangat erat sekali antara yg satu dengan yg lainnya. Kuatnya hubungan tersebut disebabkan karena kedua disiplin tersebut menghadapi problema-problema filsafat secara bersama-sama.
Hubungan fungsional antara filsafat lalu teori pendidikan, yaitu sebagai berikut :
a.       Filsafat,  dalam arti filosofis merupakan satu cara pendekatan yg dipakai dalam memecahkan proplematika pendidikan lalu menyusun teori-teori pendidikan oleh para ahli.
b.      Filsafat, berfungsi member arah bagi teori pendidikan yg sudah pernah ada menurut aliran filsafat tertentu yg memiliki relevansi dengan kehidupan yg nyata.
c.       Filsafat, dalam hal ini filsafat pendidikan, mempunyai fungsi untuk memberikan petunjuk lalu arah dalam pengembangan teori-teori pendidikan menjadi ilmu pendidikan (paedagogik).
 


Download Makalah Pendidikan (1) : Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan (.docx)
Download Makalah Pendidikan (2) : PendidikanDalam Perspektif Filosofis (.docx)

No comments:

Post a Comment