Wednesday, December 4, 2019

Menemukan Pokok Berita (Materi, Contoh Soal)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog demam . Senang sekali rasanya kali ini bisa kami bagikan Materi Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP / MTs Semester 2 Bab Menemukan Pokok Berita beserta Contoh Soalnya.

Pengertian Berita


Secara Etimologi ataupun asal-usul terbentuknya sebuah kata, kata berita diambil dari bahasa Sansekerta yg berbunyi Vrita ataupun Vritta yg berarti ada ataupun terjadi. Dalam bahasa Inggris, berita disebut news. Menurut A.K Muda dalam Kamus Lengkap Bahasa Indonesia: 116, Berita bisa didefinisikan sebagai:
a. keterangan tentang peristiwa yg hangat,
b. (suatu) kabar,
c. Cerita tentang kejadian yg menarik beserta masih baru.

Dari definisi-definisi di atas, bisa disimpulkan bahwa berita adalah suatu kabar cerita yg berisi kejadian ataupun peristiwa yg ada ataupun terjadi beserta bersifat hangat serta menarik.

 Senang sekali rasanya kali ini  bisa kami bagikan  demam Menemukan Pokok Berita (Materi, Contoh Soal)


Langkah - Langkah Menemukan Pokok Berita 

Baca/Dengarkan

Hal pertama yg harus dilakukan untuk mendapatkan pokok – pokok berita demam adalah tentu saja dengan membaca ataupun mendengarkan berita tersebut demam dengan seksama. Ketika membaca ataupun mendengarkan suatu berita, pahamilah demam apa yg sedang dibahas dalam berita tersebut. Jika perlu baca ataupun demam dengarlah berita tersebut secara berulang – ulang.

Temukan inti berita

Untuk menemukan pokok – pokok berita bisa dilakukan dengan berpedoman kepada rumus 5W + 1H, demam yaitu pertanyaan – pertanyaan yg merupakan unsur utama berita demam tersebut. Lalu apa sajakah pertanyaan – pertanyaan tersebut, diantaranya demam adalah :
What (Apa) 
Apa yg sedang diberitakan ?
Who (Siapa)
Siapa saja yg sedang diberitakan ?
Where (Dimana)  
Dimana peristiwa itu terjadi ?
When (Kapan)
Kapan peristiwa itu terjadi ?
Why (Mengapa)
Mengapa peristiwa itu bisa terjadi ?
How (Bagaimana)
Bagaimana peristiwa itu terjadi ?

Jawaban dari pertanyaan – pertanyaan di atas harus kita temukan ketika demam membaca ataupun mendengar berita. Jika Anda ingin mendapatkan pokok – pokok berita dari tv, radio, ataupun teman, maka Anda harus menyiapkan buku demam catatan. Catatlah dengan segera jawaban dari pertanyaan 5W + 1H, demam karena semisal tidak, maka Anda bisa kehilangan salah satu pokok berita. demam Sedangkan, semisal Anda membaca, bacalah berulang – ulang beserta temukan demam jawaban dari 5W + 1H tersebut.

Buat Ringkasan

Setelah jawaban dari 5W + 1H didapat, buatlah kesimpulan pendek dengan menyusun jawaban tersebut dengan kalimat yg singkat, padat, beserta jelas.
demam demam

Contoh Menemukan Pokok – Pokok Berita

Bacalah berita di bawah ini !

Berita.com. Angkatan Laut Indonesia menerima kiriman kapal penelitian demam serbaguna 933, KRI Rigel buatan Prancis di Jakarta International demam Container Terminal 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, kepada hari Jumat.

"Saya berharap kapal ini cukup untuk memenuhi kebutuhan kapal kita yg demam atas digunakan untuk memperbaharui data navigasi, penelitian kedalaman demam laut, topografi beserta salinitas. [...], sehingga data – data yg demam terpadu bisa digunakan dalam upaya pembangunan nasional," kata demam Laksamana Angkatan Laut, Ade Supandi, 

Ade menambahkan bahwa kapal itu diharapkan bisa digunakan sebagai demam program tahunan pemerintah untuk memperbarui peta laut, terutama untuk demam proyek reklamasi pantai yg terjadi di berbagai daerah.

Kapal ini adalah kapal pertama dari dua buah kapal baru yg dipesan demam berdasarkan kontrak dengan Departemen Pertahanan dari pembuat kapal demam Perancis OCEA SA kepada bulan Oktober 2013. Pengiriman kapal kedua demam dijadwalkan atas diselesaikan kepada bulan Juli ataupun Agustus, kata Ade.

The Regel 933, yg diklaim oleh Angkatan Laut sebagai kapal yg paling demam berteknologi canggih di Asia, merupakan bagian dari usaha untuk demam moderenisasi kapal - kapal pengamat Angkatan Laut oleh perusahaan demam hidro-oseanografi dalam lima tahun ke depan KRI Regel 933, yg atas diawaki oleh 30 personel angkatan laut beserta demam dipimpin oleh Letnan Kolonel M. Wirda Prayogo, berangkat dari Les Sables demam D'Olonne Dock di Perancis, dibuat, kepada tanggal 26 Maret beserta tiba di demam perairan Indonesia kepada tanggal 6 Mei.

Kapal penelitian baru ini dilengkapi dengan alat pengamatan maritim beserta demam peralatan oseanografi, yg atas mengumpulkan data topografi untuk demam mendukung tugas-tugas yg berhubungan dengan pertahanan serta operasi demam pencarian beserta penyelamatan.

Peralatan kapal ini dilengkapi dengan sebuah kendaraan bawah air otonom demam untuk menghasilkan citra bawah air sampai dengan kedalaman 1.000 meter, demam scan sonar sisi beserta stasiun cuaca otomatis.

Berat kapal ini mencapai 560 ton panjangnya 60,1 meter, dengan  lebarnya demam mencapai 11,5 meter beserta dipersenjatai dengan senjata berukuran 20 mm demam beserta 12,7 mm. Kapal ini memiliki kecepatan tertinggi hingga 16 knot beserta demam bisa menampung 30 awak beserta enam personil.

KRI Regel atas ditambatkan di dermaga di Jakarta yg dimiliki oleh demam Hydro-Oceanographic Office Angkatan Laut, untuk melengkapi kapal KRI demam Dewa Kembar 932, KRI Louser 924 beserta KRI Pulau Romang 723. Menteri demam Pertahanan, Ryamizard Ryacudu memimpin upacara pemberian nama kapal beserta demam acara kommisioning di dermaga Perancis kepada tanggal 11 Maret (FSU).

Pokok – Pokok Berita 

Apa yg sedang diberitakan ?
Indonesia menerima kiriman kapal angkatan laut terbaru dari Perancis.
Siapa saja yg sedang diberitakan ?
Letnan Kolonel M. Wirda Prayogo
Dimana peristiwa itu terjadi ?
Jakarta International Container Terminal 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Kapan peristiwa itu terjadi ?
7 Mei 2020
Mengapa peristiwa itu bisa terjadi ?
Untuk modernisasi barisan kapal angkatan laut
Bagaimana peristiwa itu terjadi ?
Indonesia memesan kapal The Regel 933 kepada bulan oktober 2013. Kapal demam tersebut dibuat di Perancis kepada tanggal 26 maret beserta tiba di Indonesia demam kepada 6 mei 2020. Kapal tersebut diawaki oleh 30 personel yg dipimpin demam oleh Letnan Kolonel M. Wirda Prayogo. Kini kapal tersebut ditambatakan demam di dermaga di Jakarta yg dimiliki oleh Hydro-Oceanographic Office demam Angkatan Laut.

Kesimpulan

Berita tersebut mengungkapkan bahwa kepada tanggal 6 mei 2020 Indonesia demam menerima kiriman satu dari dua kapal Angkatan Laut terbaru yg dipesan demam kepada bulan Oktober 2013. Pemesanan kapal ini bertujuan untuk modernisasi demam kapal – kapal TNI angkatan laut Indonesia. Kapal canggih tersebut demam berangkat dari Perancis kepada tanggal 26 maret 2020 yg diawaki oleh 30 demam personel beserta dipimpin oleh Letnan Kolonel M. Wirda Prayogo. Kapal demam canggih tersebut kini ditambatkan di dermaga di Jakarta yg dimiliki demam oleh Hydro-Oceanographic Office Angkatan Laut.

Contoh Soal Pilihan Ganda


SOAL 1:

Usaha manajemen Sriwijaya FC (SFC) untuk mendapatkan striker Budi demam Sudarsono tinggal selangkah lagi. Kesepakatan harga sudah dicapai, demam tinggal menunggu tanda tangan kontrak. Budi atas dikontrak selama demam setengah musim ataupun hingga putaran kedua Liga Super berakhir. Meskipun demam demikian, manajemen SFC tidak atas melakukan pencoretan pemain lama.

Informasi yg merupakan isi teks berita tersebut adalah ...
A. Manajemen SFC mendapatkan Budi Sudarsono.
B. Harga kontrak tidak disepakati SFC beserta Budi Sudarsono.
C. Budi Sudarsono atas dikontrak SFC setengah musim.
D. Budi Sudarsono sudah pernah menandatangani kontrak dengan SFC.

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Isi berita berpedoman kepada pertanyaan ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).
Kata yg dirujuk: ... atas dikontrak (kalimat ketiga).

SOAL 2:
Karya-karya Deddy Mizwar yg demam tampil dalam layar kaca selalu menjadi demam tontonan yg laris dipilih pemirsa. Seperti, Para Pencari Tuhan, demam sinetron yg ditayangkan salah satu televisi swasta menempati rating demam tertinggi. Film Naga Bonar Jadi Dua, juga sudah pernah menyedot animo demam masyarakat untuk menonton film tersebut di gedung bioskop.

Informasi yg merupakan isi teks berita tersebut adalah ...
A. Karya-karya Deddy Mizwar demam tampil dalam layar kaca.
B. Para Pencari Tuhan menempati rating tertinggi.
C. Karya Deddy Mizwar selalu mendapat kritikan masyarakat.
D. Animo masyarakat untuk menonton film di gedung bioskop tidak banyak.

Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Informasi adalah keterangan, pemberitahuan, kabar, ataupun berita. Mencari demam isi berita merupakan usaha menemukan pokok persoalan yg diungkapkan demam dalam berita tersebut.
Informasi yg merupakan isi berita tersebut terdapat dalam kalimat demam kedua paragraf tersebut “Seperti, Para Pencari Tuhan, sinetron yg demam ditayangkan salah satu televisi swasta menempati rating tertinggi.”

Soal 3:
Striker Flamengo yg juga mantan bintang Inter Milan, Adriano, mengaku demam bahwa ia masih terus mendapat tawaran kembali berlaga di Eropa. Andriano demam menyusut memiliki karier yg gemilang di lapangan hijau demam setelah demam terpuruk di Inter dengan mengantar Flamengo menjadi juara Liga Brasil demam sudut pekan lalu. Penampilan gemilang si Kaisar itu membuatnya kembali demam dilirik sejumlah klub di benua biru. “Saya tak menyangkal mendapat demam gampang tawaran, tetapi yg terpenting adalah kebahagiaan beserta bukan demam uang. Sebelum mengambil keputusan, saya atas berpikir panjang beserta demam membicarakannya dengan beberapa teman, “ ungkapnya.

Pernyataan yg sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ...
A. Saat ini Adriano tetap menjadi pemain di Inter Milan.
B. Adriano dikenal kembali demam setelah kemenangan Flamengo di Liga Brasil.
C. Adriano langsung menerima tawaran dari sejumlah klub di Eropa.
D. Flamengo sudah pernah beberapa kali memenangkan kejuaraan di Eropa beserta Amerika.

Kunci Jawaban demam : B
Pembahasan demam : Pernyataan yg sesuai dengan isi kutipan berita.
Kata kunci demam : terdapat kepada kalimat kedua … (Andriano kembali memiliki demam karier yg gemilang di lapangan hijau demam setelah terpuruk di Inter dengan demam mengantar Flamengo menjadi juara Liga Brasil akhir pekan lalu)

Demikian Materi Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP / MTs Semester 2 Bab Menemukan Pokok Berita beserta Contoh Soalnya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment