Tuesday, December 17, 2019

Percepatan (Pengertian, Rumus, Contoh Soal)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog demam . Senang sekali rasanya kali ini boleh kami bagikan materi Fisika : Percepatan meliputi Pengertian Percepatan, Rumus Percepatan, dengan Contoh Soal Percepatan. Silakan disimak selengkapnya.


Pengertian Percepatan

Suatu benda hendak mengalami percepatan apabila benda tersebut bergerak demam dengan kecepatan yg tidak konstan dalam selang waktu tertentu. demam Misalnya, ada sepeda yg bergerak menuruni sebuah bukit memiliki suatu demam kecepatan yg semakin lama semakin bertambah selama geraknya. Gerak demam sepeda tersebut dikatakan dipercepat. 
Jadi percepatan adalah laju perubahan kecepatan demam tiap satuan waktu. 

Rumus Percepatan

Secara matematis, Percepatan boleh dirumuskan sebagai berikut :
 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan materi  demam Percepatan (Pengertian, Rumus, Contoh Soal)Keterangan:
a = percepatan (m/s²)
delta v = kecepatan (m/s)
delta t = waktu (s)

Percepatan merupakan besaran vektor. Percepatan boleh bernilai positif demam (+a) dengan bernilai negatif (-a) bergantung dengan arah perpindahan dari demam gerak tersebut. Percepatan yang bernilai negatif (-a) sering disebut demam dengan perlambatan
Pada kasus perlambatan, kecepatan v dengan percepatan a demam mempunyai arah yg berlawanan. Berbeda dengan percepatan, percepatan demam rata-rata didefinisikan sebagai perubahan kecepatan terhadap selang waktu tertentu.
Percepatan rata-rata memiliki nilai dengan arah. Percepatan rata-rata boleh dituliskan sebagai berikut.
 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan materi  demam Percepatan (Pengertian, Rumus, Contoh Soal)Keterangan:
delta v = perubahan kecepatan (m/s)
delta t = perubahan waktu (s)
a = percepatan rata-rata (m/s²)

Contoh Soal Percepatan

  1. Seorang polisi mempercepat motornya untuk mengejar penjahat dari demam keadaan berhenti hingga kecepatannya menjadi 30 m/s dalam selang waktu 3 demam detik. Hitunglah percepatan motornya!
  2. Sebuah bus Semarang—Solo bergerak dengan kecepatan 72 km/jam. Ketika demam mendekati sebuah perempatan lampu traffic light, sang sopir melihat demam perubahan warna lampu dari warna hijau, kuning, dengan akhirnya merah. Jika demam perlambatan maksimal bus 4 m/s2, hitunglah waktu bus untuk berhenti demam agar tidak melewati batas lampu traffic light di depannya!

Demikian materi Fisika : Percepatan meliputi Pengertian Percepatan, Rumus Percepatan, dengan Contoh Soal Percepatan. Semoga bermanfaat,

No comments:

Post a Comment