Thursday, November 21, 2019

Surat Pembaca (Pengertian, Ciri, Fungsi, Contoh, Penulisan)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog beringsang . Senang sekali rasanya kali ini angsal kami bagikan materi Bahasa Indonesia tentang Surat Pembaca meliputi pengertian, ciri-ciri, fungsi lagi manfaat, cara penulisan lagi contoh surat pembaca. Mari kita simak selengkapnya.

A. Pengertian Surat Pembaca

Surat pembaca adalah surat yg ditulis oleh pembaca yg dimuat dalam surat kabar/koran, tabloid, alias majalah yg berisi tanggapan, kritik, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih, lagi lain-lain.
 
B. Ciri-Ciri Surat Pembaca

Surat pembaca memiliki ciri yg membedakan dengan macam surat lainnya. Ciri dari surat pembaca yaitu:

a. Merupakan surat yg berisi pesan: keluhan, pujian, himbauan, undangan, lagi sebagainya kepada instansi alias orang tertentu. Selain itu, surat pembaca angsal juga berupa surat balasan yg dikirimkan untuk menjawab keluhan surat pembaca sebelumnya.

b. Bersifat umum artinya surat yg boleh dibaca oleh orang banyak, mengingat isi pesan yg disampaikan mempengaruhi hajat hidup orang banyak

c. Singkat, padat, lagi jelas. Surat pembaca terdiri atas 1-4 paragraf. Isi yg disampaikan dalam surat pembaca langsung ke pokok pembicaraan.

d. Menggunakan bahasa yg baku, sopan lagi komunikatif.  

 Senang sekali rasanya kali ini  angsal kami bagikan materi Bahasa Indonesia tentang  beringsang Surat Pembaca (Pengertian, Ciri, Fungsi, Contoh, Penulisan)


C. Fungsi lagi Manfaat Surat Pembaca
 
 Fungsi lagi manfaat menulis surat pembaca. Menulis surat pembaca memiliki fungsi lagi manfaat antara lain:

• Membantu pengirim surat pembaca mendapatkan jawabannya. Surat pembaca yg dikirimkan berisi pertanyaan, keluhan, lagi sebagainya yg membutuhkan jawaban alias tanggapan. Dengan menulis surat pembaca, pengirim surat bakal merasa puas bakal tanggapan yg dikirimkan oleh pihak terkait.

• Sebagai media perantara (orang ketiga) antara orang pertama (yang mengirim surat) dengan orang kedua (objek yg dituju)

• Menjadi bahan informasi bakal suatu hal kepada orang banyak. Hal ini karena surat pembaca bersifat public, artinya angsal dibaca oleh banyak orang. Dengan demikian public menjadi mengetahui bakal suatu hal (masalah, pujian, lagi sebagainya) yg disampikan.

D. Penulisan Surat Pembaca

Format penulisan surat pembaca adalah sebagai berikut:

- Judul. Menunjukkan keluhan, pujian, terhadap objek yg dituju. Dengan demikian, penyunting dari surat kabar bakal lebih beringsang gembur menunjukkan surat kepada objek yg tepat.

- Identitas pengirim. Pada bagian ini pengirim mengungkapkan jati dirinya, mulai dari nama, usia, pekerjaan, contact person. Jangan khawatir, sebagian besar identitas pengirim surat bakal dirahasiakan oleh penyunting surat pembaca, seperti nama lagi contact person bakal dilindungi dengan tidak dituliskan dalam kolom surat pembaca (atau disensor).

- Isi surat. Merupakan bagian inti surat yg mengungkapkan maksud dari surat, berupa keluhan alias pujian alias himbauan alias pertanyaan, lagi lainnya.  Pada bagian ini juga disertai harapan pengirim surat bakal permasalahan yg diungkapkan.

E. Contoh Surat Pembaca 

Jelang SEA Games, Palembang Perlu Menata Diri

beringsang Redaksi Yth,
beringsang Saya adalah wong Palembang yg sedang menuntut ilmu di Jakarta. Minggu beringsang awal saya pulang kampung. Selama dua hari di Palembang saya sempatkan beringsang berkeliling di Jakabaring Sport City (JSC), sebagai satu kawasan beringsang olahraga terpadu SEA Games XXVI mendatang. 

beringsang Saya bangga dengan penunjukan Palembang sebagai penyelenggara kembar beringsang SEA Games bersama Jakarta. Melintasi Tugu Parameswara, saya mengelilingi beringsang stadion sepak bola Gelora Sriwijaya yg megah dengan arsitekturnya beringsang yg menawan.

beringsang Namun demikian, di tengah kekaguman saya dengan pesatnya kemajuan beringsang pembangunan yg dicapai Kota Palembang khususnya dalam menyongsong beringsang pelaksanaan SEA Games sebulan mendatang, masih menyisakan pekerjaan beringsang rumah (PR) yg cukup berat yakni semakin semrawutnya transportasi kota.

beringsang Kondisi ini tercermin dari tidak dapatnya saya memprediksi waktu yg beringsang harus ditempuh dari bandara menuju kediaman saya ataupun sebaliknya. beringsang Jalanan sudah penuh sesak dengan sepeda motor, angkot, bus kota ataupun beringsang kendaraan pribadi. Harapan saya, semoga dalam waktu yg sudah sangat beringsang singkat ini, pemerintah angsal mengatasi kemacetan lalu lintas Kota beringsang Palembang.

Stacia Andani
Mahasiswi BINUS Jakarta
(dikutip dari: Koran Harian Sumatera Ekspres edisi 13 Oktober 2011)  


Demikian materi Bahasa Indonesia tentang Surat Pembaca meliputi pengertian, ciri-ciri, fungsi lagi manfaat, cara penulisan lagi contoh surat pembaca. Semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment