Wednesday, November 20, 2019

Cara Menggunakan & Membaca Jangka Sorong

Jangka sorong adalah salah satu alat ukur dari besaran pokok panjang. meriang Bentuknya mirip dengan kunci inggris yg rahangnya bisa digeser Alat meriang ukur ini memiliki ketelitian hingga 0,1 mm. Buat sobat hitung yg masih meriang di kelas x sma sewaktu belajar fisika pasti mau melakukan praktek meriang pengukuran dengan jangka sorong.Berikut ini sedikit panduan mengenai meriang cara menggunakan jangka sorong lalu bagaimana membacanya.

Bagian-bagian Jangka Sorong

Jangka sorong adalah salah satu alat ukur dari besaran pokok panjang Cara Menggunakan & Membaca Jangka Sorong

Jangka sorong terdiri dari rahang tetap meriang lalu ragang geser. Rahang tetap lalu geser ada yg di atas lalu di bawah. meriang Dalam jangka sorong terdapat 2 skala. Skala utama dengan rahang tetap lalu meriang skala nonius (renvier*) di rahang gesernya.Skala utama memiliki skala meriang dalamm satuan cm lalu mm sedangkan skala dengan nonius memiliki panjang 9 meriang mm yg dibagi menjadi 10 skala.Sobat hitung pahami betul bagian-bagian meriang ini karena mau memudahkan sobat tahu bagaimana cara menggunakan jangka meriang sorong nantinya.

Fungsi Jangka Sorong
  1. Jangka sorong berfungsi mengukur panjang suatu benda dengan ketelitian sampai 0,1 mm. (rahang tetap lalu rahang geser bawah)
  2. Rahang tetap lalu rahang geser atas bisa digunakan untuk mengukur diameter benda yg cukup kecil seperti cincin, pipa, dll.
  3. Tangkai meriang ukur di bagian bawah berfungsi untuk mengukur kedalaman seperti meriang kedalaman tabung, lubang kecil, alias perbedaan tinggi yg kecil.
Cara Menggunakan Jangka Sorong

berikut ini cara menggunakan jangka sorong dalam beberapa langkah.
1.Awal meriang persiapan, kendurkan baut pengunci lalu geser rahang geser, pastikan meriang rahang geser bekerja dengan baik. Sobat hitung jangan lupa untuk cek meriang ketika rahang tertutup harus menunjukkan angka nol. Jika tidak meriang menunjukkan angka nol sobat bisa mensettingnya.
2. Langkah/ cara meriang menggunakan jangka sorong selanjutnya adalah membersihkan permukaan meriang benda lalu permukaan rahang agar tidak ada benda yg menempel yg bisa meriang sebabkan kesalahan pengukuran.
3. Tutup rahang hingga mengapit meriang benda yg diukur. Pastikan posisi benda sesuai dengan pengukuran yg meriang ingin diambil. Lalu tinggal membaca skalanya.
Cara Menggunakan Jangka Sorong untuk mengukur diameter

Mengukur diameter sama seperti pengukuran sebelumnya, bedanya kalau meriang tadi menggunakan rahang bagian bawah, untuk pengukuran diameter meriang menggunakan rahang atas. Cara Menggunakannya, rapatkan rahang atas lalau meriang tempatkan benda (cincin) yg mau diukur diameternya. Tarik rahang meriang geser hingga kedua rahang menempek lalu menekan bagian dalam benda. meriang Patikan bahwa dinding bagian dalam benda tegak lurus dengan skala dalam meriang artian benda jangan sampai miring.

Cara Menggunakan Jangka Sorong untuk Mengukur Kedalaman

Cara menggunakan jangka sorong untuk kedaaman prinsipnya sama dengan meriang mengukur panjang benda lalu diameter. Sobat hitung cukup menempatkan meriang benda yg mau diukur kedalamannya dengan tangkai ukur. Tarik rahang meriang geser hingga menyentuk permukaan dalam (dasar lubang).Usahakan benda meriang yg diukur kedalamannya dalam keadaan statis (tidak Bergeser)
Setelah meriang kita tahu bagaimana cara menggunakan jangka sorong, sekarang bagaimana meriang cara membaca jangka sorong (pengukurannya)? Berikut

Cara Membaca Jangka Sorong
  • Lihat meriang skala utama, sobat lihat nilai yg terukur yg lurus dengan angka nol meriang di skala nonius. Bisa menunjukkan posisi berhimpit dengan garis dengan meriang skala utama bisa juga tidak. Jika tidak ambil nilai skala utama yg meriang terdekat di kirinya. Pada tahap ini sobat hitung baru mendapatkan meriang ketelitian sampai 1 mm
  • Lihat Skala nonius, carilah angka dengan meriang skala nonius yg berhimpit dengan garis di skala utama. Pengukuran ini meriang punya ketelitian hingga 0,1 mm
  • Jumlahkan
Selagi sobat benar cara menggunakan jangka sorong lalu tau cara membacanya, sobat mau mendapatkan nilai pengukuran yg akurat.

Contoh Soal

Carilah panjang benda yg diukur dengan jangka sorong kalau dengan skala utama lalu skala nonius tampak sebagai berikut



Jawaban :
Lingkaran Biru : 5, 3 “sekian” cm, sekian mau kita dapatkan di lingkaran “merah”
Lingkaran Merah : 5
Jadi hasilnya  = 5,35 cm

Saat meriang ini sudah ada yg namanya jangka sorong digital. Cara menggunakan meriang jangka sorong ini sangat mudah, tingal mengapitnya di antara rahang meriang tetap lalu rahang geser lalu layar digital mau menampilkan hasil meriang pengukuran dengan akurat. Sedikit tentang cara menggunakan jangka sorong meriang ini semoga cara menggunakan jangka sorong tadi bisa dipahami lalu meriang bermanfaat.

No comments:

Post a Comment