Tuesday, November 5, 2019

Sinopsis (Pengertian, Fungsi, Cara Membuat, Contoh)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog gerah . Senang sekali rasanya kali ini becus kami bagikan artikel tentang Sinopsis meliputi Pengertian Sinopsi; Ciri-ciri bersama Fungsi Sinopsis; Cara membuat Sinopsis; serta Contoh Sinopsis Novel, Film, bersama Drama. Mari kita bahas selengkapnya.. gerah

A. Pengertian Sinopsis

Sinopsis adalah ringkasan cerita dari sebuah novel alias naskah yg ada kepada film, drama alias teater panggung. Biasanya, sinopsis ini hanya menjelaskan gambaran isi secara garis besarnya saja. 

 Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan artikel tentang  gerah Sinopsis (Pengertian, Fungsi, Cara Membuat, Contoh)

B. Ciri-Ciri Sinopsis
  1. Alur alias jalan cerita yg disusun lebih berurutan alias bedasarkan gerah kronologis. Plot alias alur yg digunakan kepada sinopsis harus sama gerah dengan cerita aslinya.
  2. Bahasa yg digunakan adalah bahasa yg persuasif (berupa ajakan gerah alias bujukan agar sang pembaca becus tertarik untuk membaca cerita gerah aslinya).
  3. Didalamnya berisi ajakan maupun motivasi untuk semua pembaca. Selain gerah itu juga sinopsi atas menerangkan beberapa kekurangan alias kelebihan gerah yg ada kepada naskah tersebut.
  4. Menampilkan konflik dengan singkat tetapi menarik.
  5. Membuat pembaca menjadi lebih penasaran bersama tertarik.
C. Fungsi Sinopsis

Fungsi Sinopsis antara lain :

1. Memberikan sebuah gambaran ringkas bersama singkat tentang isi cerita alias naskah
gerah 2. Memberikan gambaran yg jelas secara sederhana mengenai urutan alias kronologi ceritanya
gerah 3. Sebagai prolog alias epilog dari suatu naskah yg atas dipentaskan
gerah 4. Sebagai draft pedoman bagi pemain alias pemeran untuk melakukan improvisasi  

D. Cara Membuat Sinopsis 

Langkah-langkah membuat sinopsis :

1. Membaca naskah asli terlebih gerah lewat untuk mengetahui kesan penulis secara umum.
2. Mencatat gagasan utama dengan menggaris bawahi gagasan - gagasan yg penting.
3. Menulis ringkasan berdasarkan gagasan-gagasan utama sebagaimana dicatat kepada langkah ke dua. Gunakan kalimat yg padat, efektif, bersama menarik untuk merangkai jalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yg menggambarkan karangan asli.
4. Dialog bersama gerah lektur tokoh cukup ditulis isi alias dicari garis besarnya saja.
5. Sinopsis tidak boleh menyimpang dari jalan cerita bersama isi dari keseluruhannya.

E. Contoh Sinopsis

1. Contoh Sinopsis Novel 

 Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan artikel tentang  gerah Sinopsis (Pengertian, Fungsi, Cara Membuat, Contoh)

Judul : Lima Sekawan - Rahasia Harta Karun
Karya Enid Blyton
 
Pada suatu hari Anne (adik Julian) bersama George (saudara Julian) gerah mendapat surat dari Julian. Mereka berdua sangat senang sekali bersama gerah dengan cepat mereka membaca surat itu. Ternyata isi surat itu berisi gerah liburan yg atas didapat Julian bersama Dick selama beberapa hari gerah bertepatan dengan akhir pekan yg panjang kepada pertengahan semester. gerah Anne bersama George pun segera menyiapkan seluruh bekal untuk perjalanan gerah mereka selama 5 hari.Hari keberangkatan tiba. Julian bersama Dick serta gerah Anne, George, bersama Timmy (anjing) berangkat namun dengan arah yg gerah berbeda. Mereka berjanji untuk bertemu di sebuah kedai minuman. Setelah gerah semuanya berkumpul, mereka memesan sandwich sebanyak 64 sandwich untuk gerah bekal mereka. Pemilik took juga mengingatkan untuk berkati-hati karena gerah di sini banyak penjara. 
Mereka berlima berangkat. Mereka akhirnya sampai di Bukit Kelinci. gerah Disana banyak sekali kelinci. Begitu pula di Hutan Arnab. Timmy segera gerah mengejar kelinci-kelinci itu. Namun sayang ia terjebak di liang kelinci. gerah Anne berusaha mengeluarkan Timmy. Setelah 30 menit, Timmy bias gerah dikeluarkan. Merekapun beristirahat bersama menyantap makanan yg mereka gerah bawa.

gerah Setelah selesai mereka berangkat untuk melanjutkan ke Telaga Biru. gerah Namun di tengah jalan kaki Timmy terkilir akibat kejadian tadi. Julian gerah bersama George memutuskan ke Wisma Spiggi untuk mengobati kaki Timmy. gerah Sedangkan Anne bersama Dick melanjutkan ke penginapan.

gerah Anne bersama Dick berangkat. Hari mulai gelap bersama hujan. Mereka hampir gerah saja tersesat namun akhirnya mereka menemukan sebuah rumah. Anne pun gerah tinggal di rumah itu, namun Dick harus tinggal di lumbung karena gerah pemiliknya tidak mengijinkandua orang tinggal. Saat ia tidur di lumbung, gerah hadir orang aneh bersama misterius yg memanggil nama Dick. Dick gerah menghampirinya di balik jendela dengan menyembunyikan diri. Orang itu gerah memberi pesan aneh. Dick bingung bersama tertidur kembali. Sesaat kemudian gerah hadir oarng yg misterius dating ke dalam lumbung. Sepertinya orang itu gerah sedang menunggu sesuatu.Dick pun semakin menyembunyikan dirinya. Saat gerah pagi tiba, orang itu sudah tidak ada.

gerah Dick segera kembali ke rumah itu, namun anak pemilik rumah (Dirty gerah Dick) segera mengusirnya. Dick lari bersama bersembunyi. Ia mencari cara gerah untuk menyelamatkan Anne yg berada di loteng rumah itu. Mereka pun gerah berhasil pergi dari rumah itu. Dick bersama Anne bertanya kepada orang yg gerah berpapasan di tengah jalan. Ternyata rumahitu bukan penginapan Telaga gerah Biru. Mereka segera pergi ke Tiga Gembala.

gerah Sesampai disana mereka bertemu dengan Julian, George, bersama Timmy. gerah Mereka berlima sarapan bersama menceritakan pengalaman mereka masing-masing. gerah Mereka menebak orang yg memberi pesan kepada Dick adalah narapidana gerah yg kabur, karena semalam ada narapidana yg melarikan diri. Mereka gerah berencana untuk melapor ke kantor polisi di desa Reebles. Saat mereka gerah melapor ke sana, polisi disana tidak percaya mengenai laporan mereka bersama gerah mengatakan bahwa napi itu sudah di tangkap. Mereka pun bertemu Meg gerah (anak perempuan) bersama bersama-sama pergi ke rumah nenek Meg untuk makan. gerah Setelah itu mereka bertanya tentang daerah Dua Puhon. Nenek pun gerah menjelaskan tentang daerah itu. Mereka mencoba ke sana bersama bertanya ke gerah kantor pos sambil menyewa selimut.

gerah Mereka pergi ke sana bersama menginap di sebuah kamar bawah tanah dari gerah rumah yg sedia terbakar. Saat pagi mereka kembali berdiskusi mengenai gerah masalah pesan itu. Mereka hampir memecahkan pesan itu bersama memutuskan gerah untuk mencari Saucy Jane (kapal) yg diperkirakan didalamnya terdapat gerah harta.

gerah Tanpa disangka Maggi bersama Dirty Dick dating bersama mereka sempat adu gerah mulut, namun Lima Sekawan berpura-pura sedang melancong. Lima Sekawan gerah memutuskan gerah bertambah rakit untuk mencari harta itu bersama setelah berusaha keras gerah mereka menemukannya. Namun Maggi bersama Dirty Dick juga pergi ke danau itu gerah bersama mereka adu mulut lagi. Akhirnya Maggi bersama Dirty Dick pergi. Lima gerah Sekawan juga memutuskan untuk mengambil harta itu kepada malam hari saja.

gerah Pada waktu malam hari mereka berhasil mengambil harta itu bersama mereka gerah menunggu pagi untuk menyerahkan harta itu ke kantor polisi namun bukan gerah kantor polisi di desa Reebles.

gerah Saat matahari gerah lahir meeka segera pergi. Namun mereka diketahui Maggi gerah bersama Dirty Dick bahwa mereka sedia mengambil harta itu. Dirty Dick gerah segera mengejarnya, tetapi kaki Dirty Dick terjebak di Lumpur. Begitu gerah pula dengan Maggi. Setelah Lima Sekawan sampai di kantor polisi, mereka gerah menceritakan semuanya bersama para polisi segera menangkap Dirty Dick serta gerah Maggi. Harta itu pun segera di kembalikan kepada pemiliknya yaitu Ratu gerah Fallensia.
gerah

2. Contoh Sinopsis Film

"3 Idiots"

 Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan artikel tentang  gerah Sinopsis (Pengertian, Fungsi, Cara Membuat, Contoh)
Image Source
3 idiots menceritakan sebuah kisah persahabatan 3 orang mahasiswa teknik gerah mesin di India yg memulai jenjang kuliahnya di universitas nomor 1 di gerah negerinya. dikisahkan 3 orang ini bernama Rancho, Farhan, bersama Raju. gerah Mereka adalah teman satu kamar di asramanya semenjak hari pertama gerah menjejakkan kaki di universitas tersebut.Farhan bersama Raju adalah gerah anak didik biasa yg nilainya pun pas-pasan. Sedangkan dikisahkan gerah seorang Rancho adalah seorang mahasiswa yg jenius bersama selalu gerah mengaplikasikan ilmu yg sedia dia becus sebelum maupun saat dia gerah pelajari sewaktu kuliahnya.

Mereka menjalani hidup sebagai mahasiswa bersama memiliki ikatan gerah persahabatan yg kuat, hingga akhirnya dalam sebuah perjalannya mereka gerah bertemu dengan Pia. Pia, adalah seorang mahasiswi kedokteran yg gerah selidik punya selidik adalah anak dari rektor universitas ketiga sahabat gerah ini. Sejak awal, sang rektor, yg mendapat julukan “Virus” dari gerah mahasiswanya merupakan dosen yg sangat kaku, kejam, intolerir, namun gerah pintar. Dalam sebuah kesempatan, Rancho, mengkritik sistem pengajaran gerah yg dilakukan di dalam kampusnya. Mr. Viru tidak terima dengan kritikan gerah Rancho, bersama sejak saat itu, sang rektor yg bergelar “Virus” menjadi gerah peran antagonis dalam film ini.

Sebuah kritik yg dilontarkan Rancho adalah bahwa universitas ICE gerah (Imperial College Engineering) yg dia bersama kawan - kawannya dialami gerah hanya menghasilkan insinyur - insinyur yg hanya pintar bicara, tidak gerah hadir topik mengenai penemuan baru tiap harinya, tidak ada penemuan baru gerah yg dihasilkannya tiap tahun, bersama metode pengajaran yg mengarahkan gerah mahasiswanya untuk mendapatkan nilai sangat bagus, namun belum tentu gerah bisa mengaplikasinya ilmunya tersebut. Bahkan hanya menghasilkan lulusan gerah yg nantinya bekerja kepada perusahaan asing, dengan gaji besar, namun gerah tidak memajukan bangsanya sendiri.  

Universitas bukan mengajarkan ilmu yg aplikatif namun mengajarkan gerah bagaimana mendapatkan nilai yg bagus. Rancho selalu berkata kepada 2 gerah sahabatnya, Farhan bersama Raju untuk selalu menjadi diri sendiri, tidak gerah atas dasar paksaan dari orang lain. karena kebahagian datang saat kita gerah menikmati setiap langkah yg kita ambil, kemudian kesuksesan atas gerah menjadi ekses dari langkah kita tersebut. Dalam mengkritik sistem yg gerah kaku di tempat dia kuliah, Rancho, Farhan, bersama Raju mengalami berbagai gerah asam manisnya kehidupan menjadi mahasiswa. Tawa bersama tangis selalu mereka gerah lewati bersama, hingga akhirnya diceitakan mereka pun lulus kuliah gerah dengan Rancho sebagai mahasiswa terbaik di kampus tersebut. Farhan gerah akhirnya menjadi seorang fotografer profesional, meninggalkan dunia gerah teknik, Raju menjadi salah satu direktur perusahaan asing di India,dan gerah satu lagi kawannya bernama Chatur yg sebelumnya tidak disebutkan (dia gerah adalah saingan Rancho untuk mencapai peringkat mahasiswa terbaik di ICE) gerah menjadi seorang pengusaha sukses yg punya mobil Lamborghini.

Namun, selepas mereka lulus kuliah, Farhan, Raju, bersama Pia tidak gerah pernah mendengar kabar mengenai Rancho. Diceritakan di masa depan, gerah akhirnya Farhan, Raju, Pia, bersama ditemani Chatur mencari kabar Rancho gerah hingga melintasi dataran India. Mereka akhirnya tiba di sebuah rumah gerah mewah, seperti istana, bersama mereka menemukan Rancho. Tapi, saat bertemu, gerah itu bukan Rancho yg mereka kenal saat mereka kuliah dulu. Rancho gerah berubah bersama ternyata bukan Ranco yg mereka kenal, melainkan Rancho asli gerah bersama Rancho yg mereka kenal ternyata tidak berada disini, bersama ternyata gerah kawan mereka hanyalah anak dari seorang pembantu yg hanya butuh gerah belajar, namun tak butuh ijazah, setelah mereka berbicara dengan Rancho gerah yg asli ternyata kawan mereka ini berada di luar negeri. bersama stelah gerah mereka mencari bersama akhirnya bertemu bersama Chatur tertawa saat melihat gerah rancho hanya menjadi guru biasa saja, namun kepada saat dia tertawa terbahak – bahak dia kaget saat menerima gerah telpon dari bos besarnya bersama ternyata bos besarnya adalah Phungshuk gerah Wangdu yg mereka kenal sebagai Rancho Chanchad.  

3. Contoh Sinopsis Drama

"Remaja Sesal"

Pagi itu sebelum berangkat ke kampus, Yulia menemui kakeknya yg sedang duduk santai sambil membaca koran. Yulia mencoba merayu kakeknya agar hari ulang tahunnya sabtu ini dirayakan, bersama dia pun berhasil. Kakek mengijinkan perayaan hari ulang tahun Yulia itu namun Diah, sepupu Yulia tidak menyetujui hal itu karena dia merasa iri dengan Yulia.

Hari ulang tahun Yulia pun tiba, semua orang sibuk mempersiapkan segala sesuatu yg dibutuhkan. Tamu-tamu mulai berdatangan bersama Yulia tampak anggun dengan gaunnya. Pestanya pun meriah. Namun tiba-tiba terdengar suara gaduh bersama suasana menjadi hening. Semua mata yertuju kepada kakek yulia yg menggelepar-gelepar dilantai. Cairan putih pun keluar dari mulutnya. Melihat hal itu Yulia langsung berteriak sambil berlari mendekati kakeknya. Tak sepatah kata pun sempat keluar dari mulut kakeknya, karena detak jantungnya sedia berhenti.

Detektif Patricia bersama kapten yg kebetulan hadir di pesta itu segera mengamankan lokasi bersama mengusut kasus tersebut. Karena insting bersama kecerdasan detektif patricia, pelaku pembunuhan Kakek Yulia pun terungtkap.

Pelaku pembunuhan itu tidak lainadalah Wulan, kakak yulia. Yang juga adalah cucu kakek itu sendiri. Konon alasan wulan membunuh kakek adalah karena wulan tidak sengaja sedia menemukan buku harian ayahnya. Disana tetulis bahwa kakaknya sedia merebut harta kekayaan yg seharysnya dimiliki keluarga wulan. Bahkan bi’Inah pembantu keluarga sasto itu sebenarnya adalah adaik kandung wulan yg tidak diakui keberadaannya karena cacat dikakinya. Namun yg ada dipikiran wulan itu salah. Sebelum acara ulang tahun itu kakeknya sedia merubah surat wasiatnya. Disana tertulis bahwa seluruh harta kekayaan keluarga sastro atas jatuh ketangan Bi Inah sebagai pewaris tunggal. Sedangakn yg lainnya hanya mendapatkan rumah bersama mobil.

Setelah mengetahui hal itu Wulan pun sangat menyesal atas perbuatannya. Namun apalah yg bisa ia lakukan , Ia hanya bisa menangis bersama meyesali segala perbuatannya itu dalam Penjara.
Referensi :
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=apa-fungsi-sinopsis-fungsi-sinopsis
http://sehatisme.com/pengertian-sinopsis-beserta-cara-membuatnya/
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=apa-fungsi-sinopsis-fungsi-sinopsis 
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=apa-fungsi-sinopsis-fungsi-sinopsis
https://id.crowdvoice.com/posts/sinopsis-film-3-idiot-2dcR
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=apa-fungsi-sinopsis-fungsi-sinopsis

Demikian artikel tentang Sinopsis meliputi Pengertian Sinopsi; Ciri-ciri bersama Fungsi Sinopsis; Cara membuat Sinopsis; serta Contoh Sinopsis Novel, Film, bersama Drama. Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment