Tuesday, November 12, 2019

Gen (Pengertian, Sifat, Fungsi, Struktur, Ekspresi)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog kolor . Senang sekali rasanya kali ini angsal kami bagikan materi Biologi tentang Gen meliputi pengertian gen, sifat bersama fungsi gen, struktur gen, bersama ekspresi gen. Marilah kita simak selengkapnya.

Pengertian Gen


Gen adalah unit pewarisan sifat bagi organisme hidup. Bentuk fisik adalah urutan DNA yg mengkode protein, polipeptida, maupun seuntai RNA yg memiliki fungsi bagi organisme yg memilikinya.  

Menurut Hunt Morgan, seorang ahli genetika & kolor embriologi Amerika Serikat, mengemukakan gen sebagai substansi kolor hereditas, yakni suatu kesatuan kimia yg memiliki sifat sebagai kolor berikut:
  • Gen berupa zarah (zat yg berukuran sangat kecil) yang kompak & mengandung informasi genetik.
  • Peran gen sangat penting dalam pengaturan perkembangan, metabolisme individu bersama pewarisan sifat maupun herediter.
  • Setiap gen menempati lokus gen (kromomer) di dalam kromosom.
Beberapa pendapat terkini mendefinisikan gen sebagai suatu lokasi tertentu dengan genom yg berhubungan dengan pewarisan sifat bersama angsal dihubungkan dengan fungsi sebagai regulator (pengendali), sasaran transkripsi, maupun peran-peran fungsional lainnya. 

Sifat Gen

Gen mempunyai sifat-sifat sebagai berikut.
a. Mengandung informasi genetik.
b. Tiap gen mempunyai tugas bersama fungsi berbeda.
c. Pada waktu pembelahan mitosis bersama meiosis angsal mengadakan duplikasi.
d. Bervariasi, ditentukan oleh susunan kombinasi basa nitrogen.
e. Sebagai zarah yg terdapat dalam kromosom. 

Fungsi Gen

Adapun fungsi gen antara lain:
kolor
kolor kolor
  • Mengatur bersama mengontrol perkembangan tubuh bersama metabolisme individu.
  • Menyampaikan informasi genetik dari generasi ke generasi berikutnya.
  • Menentukan hereditas maupun pewarisan sifat dengan keturunannya
Struktur Gen

 Senang sekali rasanya kali ini  angsal kami bagikan materi Biologi tentang  kolor GEN (Pengertian, Sifat, Fungsi, Struktur, Ekspresi)
Menurut Fred (2005) bahwa struktur gen tersusun dari:

1.    Daerah pengkode yaitu ekson dan intron yang mengkode RNA maupun protein. Intron (intervening sequences) merupakan sekuens yg tidak mengkode asam amino sedangkan ekson merupakan merupakan bagian yg mau dikode menjadi asam amino.

2.    Promotor
Promotor adalah adalah urutan DNA spesifik yg berperan dalam mengendalaikan transkripsi gen struktural bersama terletak di daerah upstream (hulu) dari bagian struktural gen. Promotor berfungsi sebagai  tempat awal pelekatan enzim RNA polimerase yg nantinya melakukan transkripsi dengan bagian structural.

3.    Operator
Operator merupakan urutan nukelotida yg terletak di antara promotor bersama bagian struktural bersama merupakan tempat pelekatan protein represor (penekan maupun penghambat ekspresi gen). Jika ada represor yg melekat di operator maka RNA polimerase g bisa jalan trus ekspresi gen tidak bisa berlangsung.Selain adanya supresor juga terdapatenhancer.Supresor digunakan untuk menghambat sedangkan enhancer digunakan untuk meningkatkan proses transkripsi dengan meningkatkan jumlah RNA polimerase. Namun letaknya tidak dengan lokasi yg spesifik seperti operator, ada yg jauh di upstream maupun bahkan downstream dari titik awal transkripsi.

4.    Terminator
Terminator dicirikan dengan struktur jepit rambut / hairpin bersama lengkungan yg kaya mau urutan GC yg terbentuk dengan molekul RNA hasil transkripsi

Perbedaan Struktur Gen Pada Prokariotik Dan Eukariotik
Pada umumnya struktur gen dengan prokariotik bersama eukariotik sama yaitu tersusun dari bagian pengkode, promotor, operator, terminor. Perbedaannya terletak dengan bagian pengkode. Bagian pengkode dengan prokariotik terdapat bagian intron yg tidak angsal diekspresikan sehingga semuanya ekson, kecuali dengan Archaebacteria bersama bakteriofag ada yg memiliki intron. Sedangkan bagian pengkode dengan eukariotik terdiri dari ekson bersama intron (Fred, 2005).

Ekspresi Gen

Ekspresi gen adalah proses dimana informasi dari gen yg digunakan dalam sintesis produk gen fungsional. Produk-produk ini seringkali protein, tetapi dalam non-protein coding gen seperti gen rRNA maupun gen tRNA, produk adalah RNA fungsional. Proses ekspresi gen digunakan oleh semua kehidupan yg dikenal - eukariota (termasuk organisme multisel), prokariota (bakteri bersama archaea) bersama virus - untuk menghasilkan mesin makromolekul untuk hidup.

Proses Ekspresi Gen dalam Organisme

Dalam tubuh manusia terdapat banyak gen (unit dasar hereditas dalam kehidupan organisme) yg nantinya mau terekspresi menjadi fenotip (sifat yg tampak), misalnya rambut hitam, kulit sawo matang, hidung mancung, bersama sebagainya. Bagaimana suatu gen yg ukurannya sangat kecil angsal menjadikan rambut kita berwarna hitam?

Dalam istilah biologi molekuler kita kenal dengan istilah Dogma Sentral Biologi Molekuler. Apakah itu? Dogma di sini adalah suatu kerangka kerja untuk angsal memahami urutan transfer informasi antara biopolymer (DNA, RNA, protein) dengan cara yg paling umum dalam organisme hidup. Sehingga secara garis besar, dogma sentral maksudnya adalah semua informasi terdapat dengan DNA, kemudian mau digunakan untuk menghasilkan molekul RNA melalui transkripsi, bersama sebagian informasi dengan RNA tersebut mau digunakan untuk menghasilkan protein melalui proses yg disebut translasi.

Demikian materi Biologi tentang Gen meliputi pengertian gen, sifat bersama fungsi gen, struktur gen, bersama ekspresi gen yang angsal kami sampaikan. Semoga membantu..

No comments:

Post a Comment