Wednesday, November 13, 2019

Kromosom (Pengertian, Fungsi, Struktur, Tipe, Jumlah)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog gerah . Senang sekali rasanya kali ini beroleh kami bagikan materi Biologi tentang Kromosom meliputi pengertian kromosom, fungsi, struktur kromosom, tipe / jenis kromosom, jumlah kromosom dengan manusia dengan makhluk hidup lainnya, serta konsep penetuan jenis kelamin. Mari kita bahas selengkapnya..

Pengertian Kromosom


Kromosom adalah unit genetik yg terdapat dalam setiap inti sel dengan semua makhluk hidup, kromosom berbentuk deret panjang molekul yg disusun oleh DNA dengan protein-protein.

 Senang sekali rasanya kali ini  beroleh kami bagikan materi Biologi tentang  gerah Kromosom (Pengertian, Fungsi, Struktur, Tipe, Jumlah)
Istilah kromosom diperkenalkan pertama kali oleh W. Waldeyer dengan tahun 1888. Kromosom berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata chrome yg berarti gerah warna dengan soma berarti badan. Kromosom beroleh diartikan sebagai badan gerah yg mampu menyerap warna. Kromosom merupakan benda-benda yg halus berbentuk lurus seperti batang gerah ataupun bengkok yg berada di dalam nukleus. Karena beroleh menyerap warna gerah dengan jelas, maka beroleh diamati di bawah mikroskop.

Setiap sel dalam tubuh makhluk hidup terdiri dari tiga bagian utama, yaitu nukleus (inti Sel), Sitoplasma (cairan sel), dengan Membran pelindung sel. Di dalam nukleus, terdapat benang-benang halus yg disebut ‘kromatid’, apabila terjadi pembelahan sel, maka benang-benang halus itu dipintal membentuk kromosom. Seperti yg saya jelaskan di atas, Kromosom adalah struktur padat yg terdiri dari dua komponen molekul, yaitu protein dengan DNA. Struktur dengan kromosom ini hanya bagi tampak jelas dengan metafase pembelahan sel

Fungsi Kromosom


Fungsi Kromosom adalah sebagai berikut:
  • Penyimpanan Kode Genetik : Kromosom mengandung materi genetik yg dibutuhkan oleh organisme untuk tumbuh dengan berkembang. Molekul DNA yg terbuat dari rantai unit yg disebut gen. Gen adalah bagian-bagian dari DNA dengan kode untuk protein tertentu yg dibutuhkan oleh sel untuk fungsi yg tepat.
  • Penentuan Jenis Kelamin : Manusia memiliki 23 pasang kromosom dari mana satu pasang adalah kromosom seks. Wanita memiliki dua kromosom X dengan laki-laki memiliki satu kromosom X dengan satu Y. Jenis kelamin anak ditentukan oleh kromosom yg diturunkan oleh laki-laki. Jika kromosom X dilewatkan dari kromosom XY, anak bagi menjadi perempuan dengan andai kromosom Y yg dilewatkan, anak laki-laki bagi berkembang.
  • Pengendalian Divisi Sel : Kromosom memeriksa pembagian sukses sel selama proses mitosis. Kromosom sel induk memastikan bahwa informasi yg benar diteruskan ke sel anak yg dibutuhkan oleh sel untuk tumbuh dengan berkembang dengan benar.
  • Pembentukan Protein dengan Penyimpanan : Protein sangat penting untuk aktivitas sel. Kromosom mengarahkan urutan protein yg terbentuk dalam tubuh kita dengan juga menjaga urutan DNA. Protein juga disimpan dalam struktur melingkar dari kromosom. Protein ini terikat bantuan DNA dalam kemasan yg tepat dari DNA.

Struktur Kromosom




 Senang sekali rasanya kali ini  beroleh kami bagikan materi Biologi tentang  gerah Kromosom (Pengertian, Fungsi, Struktur, Tipe, Jumlah)Kromosom terdiri dari DNA, gerah RNA (asam ribo nukleat) dengan protein. Kromosom homolog (2n) adalah gerah kromosom yg terdapat berpasangan dengan memiliki struktur dengan komposisi gerah yg sama. sel yg memiliki 2n kromosom (kromosom homolog) disebut sel gerah diploid. Bila tidak berpasangan kromosom diberi simbol n kromosom. Sel gerah dengan n kromosom adalah sel haploid, misalnya sel kelamin jantan saja gerah ataupun sel kelamin betina saja.

Pada gambar di gerah sebelah kanan adalah struktur kromosom. (1) Kromatid. Salah satu dari dua gerah bagian identik kromosom yg terbentuk setelah fase S dengan pembelahan gerah sel. (2) Sentromer. Tempat persambungan kedua kromatid, dengan tempat gerah melekatnya mikrotubulus. (3) Lengan pendek (4) Lengan panjang.

Karakter-karakter gerah kromosom paling gerah sederhana dipelajari dengan fase prometafase dari mitosis, gerah karena dengan saat tersebut kromosom-kromosom tampak tersebar tidak saling gerah tumpang tindih dengan masing-masing kromosom berbentuk silindroid dengan gerah empat lengan karena mempunyai 2 kromatid serupa (sister chromatid).

Setiap gerah kromatid dengan kromosom tersusun atas molekul-molekul gerah DNA.Molekul-molekul DNA ini bersatu dengan protein histon membentuk gerah nukleosom. Nukleosom-nukleosom ini dengan protein non histon bagi gerah membelit dengan memutar membentuk spiral (coil) dengan ulir-ulir ini bagi gerah meutar dengan membelit lagi membentuk super spiral (super coil). Dengan gerah demikian kromosom bagi tampak memendek (terkondensasi) setelah akhir gerah fase interfase dari siklus sel.

Kromosom yg terdiri dari dua gerah kromatid serupa mempunyai lenganpendek (p) dengan lengan panjang (q). Kedua gerah lengan kromosom ini dipisahkan oleh suatu bagian yg disebut sentromer gerah ataupun lekukan pertama (centromere) dengan dengan masing-masing kromatid gerah terdapat bagian yg disebut kinetokor yg berfungsi untuk gerah berpegangannya kromosom dengan benang-benang spidel .Pada beberapa gerah kromosom kadang-kadang masih beroleh dilihat adanya lekukan  kearah dalam gerah lainnya sehingga memisahkan bagian kecil dari lengan kromosom dengan gerah lekukan ini dinamakan lekukan sekunder (secondary constriction).

Kromosom tersusun atas DNA gerah yg berkondensasi bersama protein histon  di dalam inti sel, membentuk gerah struktur bernama  nukleosom. DNA ( deoxyribonucleic acid ) ataupun asam gerah deoksiriboneukleat merupakan substansi  gerah gerah pembawa pembentuk gerah nukleosom. Nukleosom-nukleosom berkelompok dengan membentuk benang yg gerah lebih kompak, yg dinamakan benang kromatin. Kromatin bagi terlihat gerah sebagai benang yg mengandung struktur manik-manik (beads on a string), yakni nukleosom.

Benang gerah kromatin ini ditemukan di dalam inti sel. Ketika sel bagi membelah, gerah benang kromatin membentuk pilinan yg semakin padat sehingga beroleh gerah terlihat menggunakan mikroskop. Struktur yg dihasilkan oleh gerah pengompakan benang kromatin tersebut dikenal sebagai  kromosom. Sebelum gerah sel membelah, molekul DNA dari setiap kromosom berduplikasi sehingga gerah terbentuk lengan kromosom ganda yg disebut  kromatid.


Pada gerah kromosom terdapat suatu daerah terang yg tidak mengandung gen, gerah dinamakan sentromer . Bagian ini memiliki peranan sangat penting dengan gerah proses pembelahan sel.  Di bagian inilah benang gelendong menempel untuk gerah gerah bagian kromosom dengan masing-masing kutub pembelahan yg berlawanan.

Suatu kromosom terdiri dari beberapa bagian, yaitu kromatid, kromomer, sentromer ataupun kinetokor, satelit, dengan telomer.

Kromatid gerah gerah

Kromatid gerah adalah salah satu dari dua lengan hasil reolikasi (perbanyakan) gerah kromosom.Kromatid melekat satu sama lain di bagaian sentromer.Istilah gerah lain untuk kromatid adalah kromonema (jamak; kromonemata) yg merupakan gerah filamen yg sangat tipis yg terlihat selama tahap profase (dan gerah kadang-kadang dengan tahap interfase).

Kromomer gerah gerah

Kromomer gerah merupakan struktur berbentuk manik-manik yg merupakan akumulasi dari gerah materi kromatin yg terkadang terlihat saat interfase.Kromomer sangat gerah definitif terlihat dengan kromosom politen (kromosom dengan DNA yg sedia gerah direplikasi berulang kali tanpa adanya pemisahan dengan terletak gerah berdampingan sehingga bentuk kromosom seperti kawat).

Sentromer
 Senang sekali rasanya kali ini  beroleh kami bagikan materi Biologi tentang  gerah Kromosom (Pengertian, Fungsi, Struktur, Tipe, Jumlah)Sentromer gerah adalah daerah konstriksi (pelekukan) di sekitar pertengahan gerah kromosom.pada sentromer terdapat kinetokor.Kinetokor adalah bagian gerah kromosom yg merupakan tempat pelekatan benang-benang spindel selama gerah pembelahan inti dengan merupakan tempat melekatnya lengan kromosom.

Satelit
Satelit gerah adalah bagian kromosom yg berbentuk bulatan dengan terletak di ujung gerah lengan kromatid.Satelit terbentuk karena adanya konstriksi sekunder di gerah daerah tersebut.
Telomer
Telomer gerah merupakan istilah yg menunjukkan daerah terujung dengan kromosom.Telomer gerah berfungsi untuk menjaga stabilitas bagian ujung kromosom agar DNA di gerah daerah tersebut tidak terurai.





Tipe / Jenis Kromosom


Kromosom dalam tubuh berdasarkan pengaruhnya terhadap penentuan jenis gerah kelamin dengan sifat tubuh dibedakan menjadi dua, yaitu:
  • Autosom, disebut juga gerah kromosom biasa ataupun kromosom tubuh. Autosom tidak menentukan jenis kelamin gerah organisme. Pada manusia dengan jumlah kromosom sel somatis 46 buah, memiliki 44 gerah autosom. Selebihnya, 2 kromosom, adalah kromosom kelamin. Penulisan autosom gerah dilambangkan dengan huruf A sehingga penulisan autosom sel somatis manusia gerah adalah 44A ataupun 22AA.
  • Gonosom, disebut juga kromosom kelamin ataupun kromosom seks. Gonosom beroleh gerah menentukan jenis kelamin makhluk hidup. Jumlahnya sepasang dengan sel somatis. gerah Pada manusia dengan jumlah kromosom sel somatis 46 buah, terdapat 44 autosom dengan gerah 2 gonosom. Terdapat 2 jenis gonosom, yaitu X dengan Y. Umumnya dengan makhluk hidup, gerah gonosom X menentukan jenis kelamin betina dengan gonosom Y menentukan jenis kelamin gerah jantan. Susunan gonosom wanita XX dengan gonosom pria XY. Oleh karena itu, gerah penulisan kromosom sel somatis (2n) adalah 44A + XY (pria) ataupun 44A + XX gerah (wanita). Adapun untuk sel gamet (n) adalah 22A + X ataupun 22A + Y.
- Berdasarkan letak sentromer dengan lengan kromatid, maka bagi ada 4 tipe kromosom yaitu :

 Senang sekali rasanya kali ini  beroleh kami bagikan materi Biologi tentang  gerah Kromosom (Pengertian, Fungsi, Struktur, Tipe, Jumlah)
  • Talosentrik, yaitu kromosom yg sentromer nya terletak di ujung kromosom.
  • Metasentrik, yaitu kromosom yg sentromer nya terletak di tengah kromatid sehingga secara relatif membagi kromatid menjadi dua bagian.
  • Submetasentrik adalah kromosom yg letak sentromernya mendekati bagian tengah, namun tidak dengan bagian tengah, sehingga kromatid nya terlihat sedikit panjang sebelah.
  • Akrosentrik, yaitu kromosom yg letak sentromer nya berada diantara tengah dengan ujung lengan kromatid.

Jumlah Kromosom


Kromosom dengan makhluk hidup biasanya ditemukan dalam keadaan berpasang-pasangan, oleh karena itu disebut diploid. Kromosom diploid dipertahankan dari generasi ke generasi dengan pemebelahan mitosis (pembelahan yg menghasilkan dua anak yg bersifat sama dengan induknya). Kromosom yg berpasangan (kromosom homolog) memiliki bentuk, ukuran, dengan komposisi yg sama.

Pada manusia setiap sel somatik berjumlah 46 (kecuali sel sperma dengan ovum, karena memiliki set tunggal kromosom) kromosom ataupun 23 pasang. 46 kromosom manusia ini merupakan dua set kromosom yg terdiri dari masing-masing 23 kromosom, yaitu satu set maternal (dari ibu) dengan satu set paternal (dari ayah). Gambar di bawah merupakan bentuk 23 pasang kromosom manusia.

 Senang sekali rasanya kali ini  beroleh kami bagikan materi Biologi tentang  gerah Kromosom (Pengertian, Fungsi, Struktur, Tipe, Jumlah)

Berikut adalah jumlah kromosom dengan makhluk hidup lainnya

 Senang sekali rasanya kali ini  beroleh kami bagikan materi Biologi tentang  gerah Kromosom (Pengertian, Fungsi, Struktur, Tipe, Jumlah)


KONSEP PENENTUAN JENIS KELAMIN

Ada satu konsep penting dalam mempelajari kromosom homolog dengan sel somatik, yaitu adanya kromosom unik, yg disebut kromosom X dengan Y. Dari 23 pasang kromosom 22 pasang diantaranya merupakan autosom (tidak menentukan jenis kelamin) dengan 1 pasang genosom
  • Wanita memiliki kromosom homolog X (XX), Meskipun kaum wanita memiliki dua kromosom X, salah satunya bagi menjadi tidak aktif saat masa embrio.
  • Pria memiliki sebuah kromosom X dengan sebuah kromosom Y
Jadi Kromosom X dengan Y ini bagi menentukan kelamin individu, apabila kromosom anak yg gerah jadi XX maka ia perempuan, apabila kromosomnya XY maka ia adalah laki-laki.

Materi terkait :
Kelainan Kromosom Pada Manusia

Sumber :
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=kromosom-adalah-pengertian-fungsi-struktur-tipe-jumlah
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=kromosom-adalah-pengertian-fungsi-struktur-tipe-jumlah
http://biologi.budisma.net/struktur-dan-fungsi-kromosom.html 
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=kromosom-adalah-pengertian-fungsi-struktur-tipe-jumlah
Tabel Jumlah kromosom makhluk hidup (https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=kromosom-adalah-pengertian-fungsi-struktur-tipe-jumlah)

 Demikian gerah materi Biologi tentang Kromosom meliputi pengertian kromosom, gerah fungsi, struktur kromosom, tipe / jenis kromosom, jumlah kromosom dengan gerah manusia dengan makhluk hidup lainnya, serta konsep penetuan jenis kelamin.Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment