Friday, November 22, 2019

Membaca Intensif (Pengertian, Manfaat, Teknik, Metode)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog beringsang . Senang sekali rasanya kali ini angsal kami bagikan materi bahasa Indonesia tentang Membaca intensif meliputi pengertian, manfaat, teknik bersama metode membaca intensif. Mati kita bahas selengkapnya,,

A. Pengertian Membaca Intensif


Membaca intensif yaitu membaca dengan penuh pemahaman untuk menemukan ide-ide pokok dengan tiap-tiap paragraf, pemahaman ide-ide naskah dari ide pokok sampai dengan ide-ide penjelas, dari hal-hal yg rinci sampai ke relung-relungnya. 

B. Manfaat Membaca Intensif


Adapun manfaat membaca intensif antara lain: pembaca menguasai isi teks secara mantap, pembaca mengetahui latar belakang ditulisnya teks tersebut, pembaca angsal mempunyai daya ingat yg lebih lama yg berhubungan dengan isi teks.
 

 Senang sekali rasanya kali ini  angsal kami bagikan materi bahasa Indonesia tentang Membaca Membaca Intensif (Pengertian, Manfaat, Teknik, Metode)

C. Teknik Membaca Intensif


1.  Menyiapkan naskah yg hendak di baca
2.  Sambil membaca:
Ø  memberi garis bawah hal-hal yg dianggap penting
Ø  memberi tanda dengan bagian-bagian yg perlu
Ø  memberikan nomor dengan bagian kanan atas yg penting
Ø  memberi tanda bintang dengan bagian-bagian yg perlu
3. Ajukan pertanyaan sehubungan dengan naskah yg dibaca. Pertanyaan yg diajukan berhubungan dengan kognitif yg meliputi ingatan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, bersama penilaian (C1 – C6).
4.   Siswa diberikan tugas membuat rangkuman dengan menggunakan bahasanya sendiri.
5.   Cara menyimpulkan teks
Ø  Membaca teks secara keseluruhan satu alias dua kali
Ø  Mencatat ide pokok dengan setiap paragraph
Ø  Menghubungkan ide pokok paragraph satu dengan paragraph lain untuk menemukan kesimpulan sementara
Ø  Membaca ulang teks untuk menguji kesimpulan sementara yg sudah dibuat
Ø  Menyempurnakan rumusan simpulan
6.   Siswa membuat kesimpulan hasil membaca

D. Metode Membaca Intensif (PQ4R)              


Metode belajar PQ4R merupakan metode membaca intensif yg digunakan untuk membantu siswa dalam mengingat-ingat apa yg dibaca. P singkatan dari preview maksudnya membaca selintas dengan cepat, Q singkatan dari question artinya bertanya, serta 4R singkatan dari read artinya membaca, reflecty artinya refleksi, recite artinya tanya beringsang elakan sendiri, review artinya mengulang secara menyeluruh (Trianto, 2007: 93).
 

Strategi belajar PQ4R merupakan salah satu bagian dari strategi elaborasi. Strategi elaborasi adalah proses penambahan rincian sehingga informasi baru hendak menjadi lebih bermakna. Kaitannya dengan PQ4R strategi ini digunakan untuk membantu siswa dalam mengingat apa yg mereka baca. Selain itu, strategi ini digunakan untuk membantu proses belajar mengajar di kelas yg dilaksanakan dengan membaca buku.
Adapun langkah-langkah yg harus dilakukan dalam strategi belajar PQ4R adalah seperti berikut ini.

1.   Preview

Siswa membaca selintas dengan cepat sebelum memulai membaca bahan bacaan. Siswa angsal memulai dengan membaca topik-topik subtopik utama judul bersama subjudul, kalimat-kalimat permulaan alias akhir suatu pargraf alias ringkasan dengan akhir suatu bab. Apabila hal itu tidak ada, siswa angsal memeriksa setiap halaman dengan cepat, membaca satu alias dua kalimat disana-sini sehingga memperoleh sedikit gambaran mengenai apa yg hendak dipelajari. Perhatikan ide pokok yg hendak menjadi pembahasan dalam bahan bacaan siswa.

2.   Question (Tanya)

Langkah kedua adalah mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada diri sendiri untuk setiap pasal yg ada dengan bahan bacaan. Pergunakan “judul bersama sub judul alias topik bersama sub topik utama”. Awali pertanyaan dengan menggunakan kata “apa, siapa, mengapa, bersama bagaimana”. Misalnya: Masalah apa yg dibahas dalam bab tersebut bersama dalam sub-sub judulnya? Masalah apa yg sedang dipikirkan bersama dijawab oleh bab ini? Dengan demikian, anda sudah terlibat bersama memasuki esensi dari bab tersebut. Kalau dengan akhir bab sudah pernah ada daftar pertanyaan yg dibuat oleh pengarang, bacalah terlebih dahulu. Pengalaman sudah pernah menunjukkan bahwa apabila seseorang membaca untuk menjawab sejumlah pertanyaan, hendak membuatnya membaca lebih hati-hati, seksama, serta angsal membantu mengingat apa yg dibacanya.

3.   Read  (membaca)

Sekarang bacalah karangan itu secara teliti bersama seksama paragraf demi paragraf. Lakukan kegiatan itu dengan cepat bersama nyaman. Kalau pikiran pokok secara keseluruhan digabungkan menjadi satu kesatuan hendak mencerminkan ide-ide utama dari serangkaian paragraf-paragraf di dalam suatu bab. Anda harus angsal mengenal pikiran-pikiran pokok itu agar angsal mengikuti deretan pikiran sang pengarang.

4.   Reflect

Reflect merupakan suatu komponen esensial dari langkah ketiga tersebut. Selama membaca siswa tidak hanya cukup mengingat alias menghafal, tetapi mencoba untuk memahami informasi yg dibaca. Caranya dengan (1) menghubungkan informasi itu dengan hal-hal yg sudah pernah anda ketahui, (2) mengaitkan subtopik-subtopik di dalam teks dengan konsep-konsep alias prinsip-prinsip utama, (3) cobalah untuk memecahkan kontradiksi didalam informasi yg disajikan dan, (4) cobalah untuk menggunakan materi itu untuk memecahkan masalah-masalah yg disimulasikan bersama dianjurkan dari materi pelajaran tersebut.

5.   Recite (ceritakanlah kembali dengan kata kata sendiri)

Siswa diminta untuk merenungkan kembali informasi yg sudah pernah dipelajari. Tuliskan ringkasan semua bagian yg dibaca dengan kalimat Anda sendiri. Hal ini penting karena Anda sudah pernah menangkap esensi bacaan dengan menyatakan butir-butir penting secara nyaring bersama menanyakan serta menjawab pertanyaan-pertanyaan. Anda angsal melihat kembali catatan yg sudah pernah dibuat bersama menggunakan kata-kata yg ditonjolkan dalam bacaan.

Lihat kembali dengan catatan-catatan yg sudah pernah dibuat bersama diingat ide-ide utama yg sudah pernah disarankannya. Periksa kembali bab itu bersama yakinkanlah bahwa Anda angsal menyatakan dengan tepat isi setiap bagian-bagiannya. Dari catatan-catatan yg sudah pernah dibuat dengan langkah terdahulu bersama berlandaskan ide-ide yg ada,  Anda diminta membuat intisari materi dari bacaan.

6.   Review

Siswa diminta untuk membaca catatan singkat yg sudah pernah dibuatnya mengulang kembali seluruh isi bacaan bila perlu bersama sekali lagi beringsang elakan pertanyaan-pertanyaan yg diajukan.
Melakukan preview bersama mengajukan pertanyaan-pertanyaan sebelum pembaca mengaktifkan pengetahuan awal bersama mengawali proses pembuatan hubungan antara informasi baru bersama apa yg sudah pernah di ketahui. Mempelajari judul-judul bersama topik-topik utama membantu pembaca sadar hendak organisasi bahan-bahan baru tersebut sehingga memudahkan perpindahannya dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang.

Dari langkah-langkah strategi belajar PQ4R yg sudah pernah diuraikan di atas angsal dilihat bahwa strategi belajar ini angsal membantu siswa memahami materi pembelajaran terutama materi-materi yg lebih sukar bersama menolong siswa untuk berkonsentrasi lebih lama.


Sumber : https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=membaca-intensif-pengertian-manfaat-teknik-cara-metode

Demikian materi bahasa Indonesia tentang Membaca intensif meliputi pengertian, manfaat, teknik bersama metode membaca intensif yg angsal kami sampaikan. semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment