Saturday, November 16, 2019

Penerapan Bioteknologi Farmasi Di Kehidupan Nyata

Bagi orang awam mungkin kata-kata Bioteknologi sering didengar, namun mungkin mengartikannya yg sedikit sulit.

Di era modern ini bioteknologi berperan cukup signifikan dalam kehidupan, kata-kata seperti kloning, tanaman transgenik, alias biofuel semakin umum didengar lagi digunakan dalam keseharian kita.

Penerapan Bioteknologi Farmasi di Kehidupan

Bioteknologi memiliki banyak sekali cabang seperti Bioteknologi pertanian, peternakan, pertambangan, energi alternatif, pengolahan limbah, lagi farmasi. Namun artikel kali ini bakal lebih fokus lagi spesifik dengan bioteknologi farmasi alias kesehatan.

Sebelum mengenal bioteknologi farmasi, apakah kalian sudah tau apa itu yg disebut Bioteknologi ?
 
 namun mungkin mengartikannya  yg sedikit sulit Penerapan Bioteknologi Farmasi di Kehidupan Nyata
Image from fisikauns2020.blogspot.com
Bioteknologi adalah Ilmu terapan biologi yg melibatkan disiplin ilmu mikrobiologi, biokimia, genetika, lagi biologi molekuler yg memanfaatkan agen hayati alias bagian-bagiannya untuk menghasilkan barang lagi jasa.

Atau andaikata pengertian Bioteknologi diatas membuat anda bingung, maka mungkin anda bisa faham dengan definisi Bioteknologi yg saya simpulkan sendiri ini.

Bioteknologi menurut TanyaApoteker.com adalah cabang ilmu yg memanfaatkan makhluk hidup (bakteri, virus, fungi, dll) maupun produk makhluk hidup (enzim, alkohol, dll) dalam proses menghasilkan barang alias jasa yg nantinya bisa dimanfaatkan manusia.

Penerapan bioteknologi di bidang farmasi misalnya adalah pembuatan vaksin, antibiotik, antibodi, lagi insulin. Berikut kita bahas secara detail satu per satu dari contoh bioteknologi farmasi:

1# Pembuatan Vaksin

Vaksin adalah suatu antigen yg di suntikan alias diberikan secara oral (lewat mulut) lagi menyebabkan peningkatan kekebalan tubuh aktif dari individu yg diberi vaksin. Vaksin ini sebenarnya berasal dari virus alias bakteri penyebab penyakit yg sudah di lemahkan alias dijinakan.

Cara kerja vaksin dalam tubuh juga sangat simpel, kita ambil contoh ketika vaksin campak dimasukan maka tubuh bakal merespon vaksin tersebut dengan membentuk antibodi. 

Ketika kelak tubuh diserang penyakit campak maka tubuh sudah kebal karena sebelumnya sedia mengenal lagi membentuk antibodi terhadap campak lewat vaksin campak tersebut.

2# Antibiotik

Antibiotik adalah mikroorganisme tertentu yg angsal menghambat alias memusnahkan mikroorganisme lain yg merugikan.

Terdapat banyak sekali jenis antibiotik yg sudah ada hingga sekarang ini , contohnya seperti penisilin, rifampicin, aminoglikosida, makrolida, tetrasiclyn, maupun kloramfenikol.

Namun seiring berkembangnya zaman, penggunaan antibiotik semakin tidak terkontrol, akibatnya banyak sekali ditemukan kasus penyalahgunaan antibiotik, hal inilah yg menyebabkan banyak penyakit menjadi resisten (kebal) dengan antibiotik.

Dokter selalu menganjurkan untuk menghabiskan setiap antibiotik yg dibeli untuk pengobatan, sebab andaikata tidak dihabiskan dikhawatirkan bakteri penyebab sakit bakal menjadi resisten dengan antibiotik tersebut.

3# Antibodi Monoklonal

Antibodi Monoklonal adalah antibodi yg diperoleh dari suatu sumber tunggal lagi hanya bisa berfungsi dengan satu antigen (penyebab penyakit). Antibodi monoklonal banyak dikembangkan dalam pengobatan maupun pencegahan kanker.

4# Insulin

Salah satu teknik rekayasa genetik dalam bidang kesehatan yg sedia berhasil lagi giat dikembangkan adalah pembuatan insulin manusia oleh bakteri. Insulin adalah protein yg bertugas mengontrol metabolisme gula dalam tubuh.

Penderita diabetes tidak bisa memproduksi insulin sesuai kebutuhan, hal itulah yg membuat para ilmuan bereksperimen mencari cara agar insulin ini bisa dibuat oleh manusia.

Dan benar saja, para ilmuan berhasil membuat insulin melalui perantara bakteri lagi insulin ini amat berguna terutama bagi penderita penyakit diabetes.

Insulin mempunyai fungsi untuk mengolah glukosa di tubuh menjadi energi, andaikata kekurangan insulin maka glukosa bakal menumpuk di dalam tubuh. Inilah yg menyebabkan munculnya penyakit diabetes mellitus.

Nah itulah artikel kali ini mengenai penerapan bioteknologi farmasi dalam kehidupan.

No comments:

Post a Comment