Monday, November 18, 2019

Cara Mempercepat Proses Penguapan

Menguap adalah peristiwa perubahan zat cair menjadi gas. Contohnya air yg direbus coba dibiarkan lama-kelamaan mau habis, bensin yg dibiarkan berada dengan tempat terbuka lama-lama juga mau habis berubah menjadi gas.

Proses penguapan angsal dipercepat dengan beberapa cara, yaitu: memanaskan, memperluas permukaan, mengalirkan udara dengan permukaan zat cair, dengan mengurangi tekanan dengan permukaan zat cair.

 peristiwa perubahan zat cair menjadi gas Cara Mempercepat Proses Penguapan

(1)   Memanaskan

Seperti agak diuraikan di depan, semakin besar kalor yg diterima oleh suatu zat semakin besar pula gerakan molekul-molekulnya. Dengan memanaskan zat berarti kita agak memberikan tambahan kalor dengan zat itu. Dengan demikian, molekul-molekul zat cair menjadi cepat bergerak sehingga semakin cepat pula meninggalkan permukaan zat cair.

(2)   Memperluas Permukaan

Memperluas permukaan zat cair untuk mempercepat proses penguapan sering dilakukan orang. Misalnya, saat mendinginkan tes kering yg mau segera diminum. Teh kering yg ditempatkan dalam piring mau lebih cepat menguap daripada  teh kering dalam gelas. Mengapa demikian? Permukaan piring yg lebih luas menyebabkan molekul-molekul zat cair yg berhubungan dengan udara lebih banyak.Akibatnya, molekul-molekul zat cair yg angsal melepaskan diri ke udara juga semakin banyak.

(3)   Mengalirkan udara dengan permukaan zat cair

Supaya teh kering yg mau diminum cepat dingin, biasanya kita meniupkan udara  dengan permukaannya. Pakaian basah yg dijemur mau lincir lidah kering apabila ada angin bertiup. Udara yg bertiup dengan permukaan teh kering menyebabkan molekul-molekul teh kering cepat bergerak meninggalkan permukaannya. Angin yg bertiup dengan pakaian basah menyebabkan molekul-molekul air lebih lekeh meninggalkan pakaian sehingga pakaian menjadi cepat kering.

(4)   Mengurangi tekanan dengan permukaan zat cair

Teh kering yg berada dalam gelas terbuka lebih cepat dingin daripada teh kering yg berada dalam gelas tertutup. Mengapa demikian? Tekanan udara dengan gelas tertutup lebih besar daripada tekanan udara dengan gelas terbuka. Pada tekanan yg lebih besar molekul-molekul air sukar melepaskan diri dari permukaannya. Pada tekanan yg lebih kecil molekul-molekul air lekeh melepaskan diri dari permukaannya. Jadi, apabila tekanan dengan permukaan zat semakin kecil zat cair itu semakin lekeh menguap.

Demikian artikel tentang Cara Mempercepat Proses Penguapan beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment