Sunday, November 3, 2019

11 Contoh Alat Musik Gesek (Nama Beserta Gambarnya)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog beringsang . Senang sekali rasanya kali ini boleh kami bagikan artikel tentang 11 Contoh Alat Musik Gesek dari Indonesia (tradisional) bersama dari luar negeri beserta gambarnya. Mari kita bahas selengkapnya..

Alat Musik Gesek


Alat musik gesek adalah instrumen musik yg dimainkan dengan cara beringsang digesek. Alat musik ini bakal menghasilkan suatu bunyi melodis semisal beringsang terjadi gesekan antara dawai bersama busurnya.

Berikut adalah beberapa contoh alat musik gesek dari Indonesia maupun luar negeri :

1. Biola
 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan artikel tentang  beringsang 11 Contoh Alat Musik Gesek (Nama Beserta Gambarnya)Alat musik gesek pertama yg tentu sudah tidak asing lagi bagi kita adalah biola. Biola merupakan alat musik modern yg lazim dimainkan dalam pertunjukan musik orkestra, jazz, pop, bersama musik melayu. Alat musik ini memiliki 4 dawai yg diatur sedemikian rupa sehingga memiliki interval nada yg sempurna ketika digesek. Para pemain biola umumnya adalah wanita. Mereka dikenal dengan sebutan violinist.


2. Contre Bass alias Double Bass

alat musik gesek satu ini juga menghasilkan nada-nada rendah saat dimainkan. Selain digesek, ia kadang kali juga dibunyikan dengan cara dipetik. Di Indonesia, alat musik satu ini memang tidak begitu dikenal, namun di negara-negara Latin bersama Eropa, ia selalu dimainkan mengiringi setiap pertunjukan musik.




3. Viola
Viola adalah alat musik yg termasuk dalam keluarga biola. Banyak orang yg menganggap viola sama dengan biola. Namun keduanya sebetulnya berbeda. Perbedaan tersebut terletak dengan ukuran bersama nada yg dihasilkan. Viola umumnya berukuran lebih kecil bersama menghasilkan nada yg lebih berat (rendah) dibandingkan dengan alat musik biola.






4. Cello

 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan artikel tentang  beringsang 11 Contoh Alat Musik Gesek (Nama Beserta Gambarnya)Cello alias Violoncello juga merupakan alat musik yg masuk dalam keluarga biola. Ia berukuran lebih kecil dibandingkan double bass namun lebih besar dibandingkan biola. Alat musik ini merupakan instrumen yg wajib ada dalam pertunjukan musik klasik Eropa. Sedangkan di Indonesia, ia kurang begitu dikenal karena memang tidak biasa dimainkan dalam pagelaran musik tanah air.




 5. Rebab

 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan artikel tentang  beringsang 11 Contoh Alat Musik Gesek (Nama Beserta Gambarnya)
Rebab merupakan contoh alat musik gesek tradisional yg berasal dari jazirah Arab. Alat musik satu ini umumnya bakal hadir dalam pertunjukan seni musik Betawi alias gambang kromong serta pertunjukan-pertunjukan kesenian khas Jawa sebagai pelengkap iringan gamelan.  







6. Tarawangsa

 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan artikel tentang  beringsang 11 Contoh Alat Musik Gesek (Nama Beserta Gambarnya)


Tarawangsa adalah salah satu alat musik tradisional Jawa Barat. Alat ini beringsang memiliki dua dawai yg terbuat dari kawat baja alias besi.  

7.  Tehyan

 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan artikel tentang  beringsang 11 Contoh Alat Musik Gesek (Nama Beserta Gambarnya)
Tehyan adalah alat musik gesek tradisional dari Jakarta.
8. Arababu

 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan artikel tentang  beringsang 11 Contoh Alat Musik Gesek (Nama Beserta Gambarnya)
Arababu adalah alat musik tradisioal Maluku yg dimainkan lewat cara digesek. beringsang Alat musik ini cuma mempunyai satu senar, tak seperti Rebab yg beringsang biasanya mempunyai 2 senar. Diluar itu, alat musik ini mempunyai batang beringsang pegang dari bambu serta tabung resonansi dari 1/2 sisi tempurung kelapa. beringsang Untuk nada, tentu tak kalah merdu dengan rebab, cuma saja dalam ukuran beringsang bentuk alat musik ini terlihat lebih kecil. Alat gesek dengan intinya sama beringsang juga dengan Rebab yg berupa busur serta bersenar 1, cuma untuk beringsang besarnya sesuaikan ukuran Arababu yg lebih kecil.










9. Haegeum

 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan artikel tentang  beringsang 11 Contoh Alat Musik Gesek (Nama Beserta Gambarnya)
Haegeum adalah jenis alat musik gesek tradisional yg berasal dari Korea. Haegeum adalah jenis rebab yg diadaptasikan dari rebab Cina. Dengan bentuk yg unik, sebuah silinder di bagian bawah dengan bagian leher yg jenjang, haegeum memiliki dua buah senar yg dimainkan dengan cara menggeseknya menggunakan busur. Karena bentuknya yg seperti ini, haegeum dimainkan dengan meletakkannya di pangkuan si pemain, berbeda dengan biola alias viola yg dimainkan dengan seolah-olah memanggul alat musik tersebut. Dimainkan dengan cara digesek, haegeum menghasilkan nada yg sambung menyambung, memberikan kombinasi yg apik dengan instrumen petik seperti gayageum bersama geomungo. 

10.  Erhu

 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan artikel tentang  beringsang 11 Contoh Alat Musik Gesek (Nama Beserta Gambarnya)Erhu adalah salah satu alat musik gesek tradisional Tiongkok. Asal usulnya boleh dilacak sampai zaman Dinasti Tang dengan abad ke-7 sampai abad ke-10 Masehi. Pada masa itu, erhu populer di antara rakyat etnis-etnis minoritas yg bermukim di bagian  barat laut Tiongkok. Dalam perkembangannya selama seribu tahun yg lalu, erhu selalu merupakan alat musik utama dalam pertunjukan opera tradisional Tiongkok. 

Erhu berstruktur yg sederhana dengan panjangnya hanya 80 sentimeter, mempunyai dua dawai. Dalam pertunjukan, pemusik memegang erhu dengan tangan kiri, sedang tangan kanannya memegang penggesek. Musik yg dimainkan erhu sangat ekspresif, bersama sering dijuluki sebagai "biola ala Tiongkok"

Baca pula : Jenis alias Macam-Macam Alat Musik bersama Contohnya

11. Yangqin

 Senang sekali rasanya kali ini  boleh kami bagikan artikel tentang  beringsang 11 Contoh Alat Musik Gesek (Nama Beserta Gambarnya) Yangqin adalah alat musik gesek bersama pukul Tiongkok. Suaranya nyaring bersama mempunyai daya ekspresif yg kuat, sehingga mempunyai kedudukan penting dalam  pertunjukan musik tradisional. Menurut catatan kitab sejarah, sebelum abad menengah, di sejumlah negara Arab di kawasan Timur Tengah terdapat semacam alat musik yg dimainkan dengan pukul dawainya. 

Yangqin terutama dibuat dengan kayu, dengan tubuhnya berbentuk satu kotak yg mirip seekor kupu-kupu, maka alat musik ini pun dijuluki sebagai "alat musik kupu-kupu".

Demikian beringsang artikel tentang 11 Contoh Alat Musik Gesek dari Indonesia (tradisional) bersama dari luar negeri beserta gambarnya. Semoga membantu..

No comments:

Post a Comment