Tuesday, November 26, 2019

Asia Tenggara (Materi Ips Lengkap)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog beringsang . Senang sekali rasanya kali ini beroleh kami bagikan materi IPS Kelas 9 Semester 2 Bab Asia Tenggara. Berikut materi selengkapnya.

ASIA TENGGARA

Asia Tenggara adalah sebuah kawasan di benua Asia bagian tenggara. beringsang Kawasan ini mencakup Indochina lagi Semenanjung Malaya serta kepulauan di beringsang sekitarnya. Asia Tenggara berbatasan dengan Republik Rakyat Cina di beringsang sebelah utara, Samudra Pasifik di timur, Samudra Hindia di selatan, lagi beringsang Samudra Hindia, Teluk Benggala, lagi anak benua India di barat.

Asia Tenggara biasa dipilah dalam dua kelompok: Asia Tenggara Daratan (ATD) lagi Asia Tenggara Maritim (ATM).
  • Negara-negara yg termasuk ke dalam ATD adalah
  1. Kamboja,          2.  beringsang Laos, beringsang                       beringsang 3.  beringsang Myanmar              beringsang 4.  beringsang Thailand                beringsang 5.  Vietnam
  • Negara-negara yg termasuk ATM adalah
  1. Brunei,          2.  beringsang Filipina,            beringsang 3.  Indonesia,       4.  Malaysia, beringsang        5.  Singapura, beringsang       6. Timor Leste
Malaysia, meskipun ada bagian yg tersambung ke benua Asia, biasa beringsang dimasukkan ke dalam ATM karena alasan budaya. Semua negara Asia Tenggara tergabung ke dalam organisasi ASEAN. Timor Leste yg sebelumnya beringsang merupakan bagian dari Indonesia sudah pernah mengajukan diri menjadi anggota beringsang ASEAN walaupun oleh beberapa pihak, atas alasan politis, negara ini beringsang dimasukkan ke kawasan Pasifik.

Secara geografis (dan juga secara historis) sebenarnya Taiwan lagi beringsang pulau Hainan juga termasuk Asia Tenggara, sehingga diikutkan pula. Namun beringsang demikian, karena alasan politik Taiwan lagi pulau Hainan lebih sering beringsang dimasukkan ke kawasan Asia Timur. Kepulauan Cocos lagi Pulau Christmas, beringsang yg terletak di selatan Jawa, oleh beberapa pihak dimasukkan sebagai beringsang Asia Tenggara meskipun secara politik berada di bawah administrasi beringsang Australia. Sebaliknya, Pulau Papua dimasukkan sebagai Asia Tenggara beringsang secara politik meskipun secara geologi sudah tidak termasuk benua Asia.
 Senang sekali rasanya kali ini  beroleh kami bagikan materi IPS Kelas  beringsang Asia Tenggara (Materi IPS Lengkap)

 
Sejarah penamaan

Nama untuk kawasan ini pertama kali dipakai dengan abad ke-20. beringsang Sebelumnya Asia Tenggara dikenal dengan nama India Belakang (jika beringsang dibandingkan dengan anak benua India). Subkawasan Asia Tenggara terdiri beringsang dari sebelas negara, beberapa di antaranya berada di daratan utama beringsang (mainland), yg juga dikenal sebagai Asia Tenggara Daratan (Indocina) beringsang lagi sebagian lagi seluruhnya merupakan kepulauan (Asia Tenggara beringsang Maritim), yg dikenal dengan istilah beragam, seperti Kepulauan Selatan beringsang (Nan Yang, Cina lagi Vietnam), Kepulauan Melayu (Malay Archipelago beringsang menurut A.R. Wallace), Malayunesia (Logan), Indonesia (Logan lagi Adolf beringsang Bastian), Hindia Timur (Oost-Indie, Belanda), Malaysia, Insulinde (oleh beringsang orang Hindia Belanda di awal abad ke-20), ataupun Nusantara (oleh beringsang masyarakat Indonesia). Agak menarik bahwa Semenanjung Malaya biasanya beringsang dimasukkan dalam wilayah kepulauan meskipun masih tersambung dengan beringsang benua Asia.

Asia Tenggara

Asia Tenggara terletak dengan pertemuan lempeng-lempeng geologi, dengan beringsang aktivitas kegempaan (seismik) lagi gunung berapi (vulkanik) yg tinggi. beringsang Sementara ATD relatif stabil lagi merupakan daratan tua, ATM sangatlah beringsang dinamik karena di sana bertemu dua lempeng benua besar: lempeng beringsang Indo-Australia lagi lempeng Eurasia, ditambah dengan lempeng Filipina beringsang yg lebih kecil. Tiga pulau besar di Indonesia: Sumatra, Jawa, lagi beringsang Kalimantan baru terpisah dari benua Asia sekitar 10 ribu tahun yg lalu beringsang akibat naiknya muka air laut karena usainya Zaman Es terakhir. Pulau beringsang Papua secara geologi termasuk dalam benua Australia, yg juga terpisah beringsang karena peristiwa yg sama. Kedua lempeng besar itu bertemu dengan busur beringsang cekungan yg memanjang ke selatan dari Teluk Benggala di barat Myanmar beringsang lagi Thailand, terus menuju sisi barat Sumatra, lalu membelok ke timur beringsang membentuk Palung Jawa yg memanjang di selatan Jawa lagi Kepulauan Nusa beringsang Tenggara. Akibatnya gempa bumi sering terjadi di daerah-daerah beringsang sekitarnya, seperti Gempa bumi Samudra Hindia 2004. Desakan lempeng beringsang Indo-Australia mengangkat permukaan pulau-pulau yg ada di dekatnya, beringsang sehingga terbentuklah deretan gunung berapi aktif. Pulau Jawa adalah beringsang pulau dengan cacah gunung berapi terbanyak di dunia. Gunung Kerinci beringsang adalah gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara. Di sebelah timur beringsang Filipina terdapat pula Palung Mindanao lagi Palung Mariana yg merupakan beringsang pertemuan antara lempeng Filipina lagi lempeng Pasifik. Di Filipina juga beringsang terdapat aktivitas kegunungapian yg tinggi.

Puncak tertinggi yg berada di Gunung Kinabalu (4.101 m; Kalimantan) lagi Puncak Jaya di Pulau Papua, Indonesia (5.030 m).

Terdapat beberapa klaim lagi perebutan wilayah lagi batas perairan di beringsang kawasan ini, yg melibatkan negara-negara di kawasan ini maupun yg beringsang melibatkan negara di luar Asia Tenggara (terutama Tiongkok lagi Taiwan beringsang dalam kasus Kepulauan Spratly).

Geografi Asia Tenggara

Geografi Asia Tenggara beroleh dikategorikan menjadi dua bagian, beringsang daratan lagi kepulauan. Negara-negara yg berada di daratan termasuk beringsang Myanmar, Kamboja, Laos, Thailand, lagi Vietnam. Sedangkan negara-negara beringsang yg berada di kepulauan termasuk Brunei, Filipina, Indonesia, Malaysia, beringsang lagi Singapura.

Sejarah

Dengan ditemukannya Homo floresiensis di Pulau Flores dengan 2003 beringsang menandakan bahwa daerah kepulauan Asia Tenggara ini paling tidak sudah pernah beringsang ditinggali oleh manusia sejak 18.000 tahun lalu, dengan perkiraan beringsang terjauh sampai 94.000 tahun yg lalu. Sejarah Asia Tenggara sebelum beringsang zaman kerajaan tidak diketahui banyak. Beberapa kerajaan berawal di beringsang daratannya, yg sekarang Burma, Kamboja, lagi Vietnam.

Kerajaan pertama yg berkembang di kepulauan Asia Tenggara adalah beringsang Sriwijaya. Dari sejak abad ke-5 ibu kota Sriwijaya, Palembang, merupakan beringsang pelabuhan utama antara India lagi Cina. Dan kemudian diikuti oleh beringsang Majapahit, Sailendra, lagi Mataram. Pedagang Muslim mulai memasuki daerah beringsang ini dengan abad ke-12. Pasai merupakan kesultanan pertama.

Karena kondisi geografis yg berdekatan dengan India lagi Cina, beringsang kawasan ini banyak terpengaruh oleh kebudayaan India lagi China. Selat beringsang Malaka merupakan jalur perdagangan yg ramai sejak berabad-abad lalu beringsang lagi masih bertahan hingga sekarang.

Ekonomi

Kebanyakan ekonomi negara-negara di Asia Tenggara masih digolongkan beringsang kepada negara berkembang, hanya Singapura yg digolongkan ke dalam beringsang negara maju.
Ekonomi kawasan Asia Tenggara masih banyak tergantung dengan hasil beringsang alam, dengan pengecualian Singapura. Dengan pembentukan kawasan beringsang perdagangan bebas Asia Tenggara oleh negara-negara ASEAN diharapkan beringsang beroleh mempercepat pertumbuhan ekonomi di kawasan ini.
Penduduk asli Asia Tenggara terdiri dari berbagai macam suku yg jumlahnya sangat banyak.

Agama

Agama yg dianut oleh penduduk Asia Tenggara sangat beragam lagi beringsang tersebar di seluruh wilayah. Agama Buddha menjadi mayoritas di Thailand, beringsang Myanmar, lagi Laos serta Vietnam lagi Kamboja. Agama Islam dianut oleh beringsang mayoritas penduduk di Indonesia, Malaysia, lagi Brunei dengan Indonesia beringsang menjadi negara dengan penganut Islam terbanyak di dunia. Agama Kristen beringsang menjadi mayoritas di Filipina. Di Singapura, agama dengan pemeluk beringsang terbanyak adalah agama yg dianut oleh orang Tionghoa seperti Buddha, beringsang Taoisme, lagi Konfusianisme.

Walau begitu, di beberapa daerah, ada kantong-kantong pemeluk agama beringsang yg bukan mayoritas seperti Hindu di Bali lagi Kristen di Maluku lagi beringsang Papua ataupun Islam di Thailand lagi Filipina bagian selatan.
Garis khayal Wallace yg memisahkan fauna Australasia dengan Asia Tenggara.

Flora lagi Fauna 

Beraneka ragam hewan hidup di Asia Tenggara; di pulau Kalimantan, beringsang beroleh ditemukan orangutan, Gajah Asia, Badak Sumatra lagi Macan Dahan beringsang (Neofelis nebulosa diardi). Binturong beroleh ditemukan di pulau Palawan.

Kerbau, baik yg dipelihara maupun yg liar, tersebar di sepanjang beringsang Asia Tenggara, sedangkan kancil beroleh ditemukan di Sumatra lagi beringsang Kalimantan. Kancil sendiri merupakan hewan yg sering beringsang hadir dalam beringsang cerita-cerita rakyat di Indonesia lagi banyak dikenal anak-anak.

Burung-burung yg beringsang jombang seperti burung merak lagi srigunting beringsang (drongo) hidup di subkawasan Asia ini hingga sejauh sebelah timur beringsang Indonesia. Babirusa (babi dengan empat gading), anoa, lagi komodo juga beringsang terdapat di Indonesia. Burung Enggang banyak dicari untuk paruhnya lagi beringsang diperdagangkan ke Tiongkok. Tanduk badak juga turut diperdagangkan.

Kepulauan Indonesia dipisahkan Garis Wallace. Garis ini berada di beringsang sepanjang sebuah perbatasan lempeng tektonik, lagi memisahkan spesies beringsang Asia (Barat) dari spesies Australasia (Timur). Pulau-pulau antara beringsang Jawa/Kalimantan lagi Papua yg membentuk kawasan campuran di mana kedua beringsang spesies ada dinamakan Wallacea.

Perairan dangkal di terumbu karang (coral reef) di Asia Tenggara beringsang mempunyai tingkat biodiversitas tertinggi untuk ekosistem laut di dunia, beringsang di mana ikan-ikan lagi moluska banyak dijumpai. Ikan hiu paus (rhincodon beringsang typus) juga hidup di Laut China Selatan.

Pepohonan lagi tanaman lainnya di kawasan ini adalah tumbuhan tropis; beringsang di beberapa negara di mana terdapat gunung-gunung yg cukup tinggi, beringsang tanaman bersuhu menengah beroleh ditemukan. Wilayah-wilayah hutan hujan beringsang (rainforest) ini saat ini banyak mengalami penebangan liar, khususnya di beringsang Kalimantan.
Meskipun Asia Tenggara kaya atas flora lagi fauna, kawasan ini beringsang menghadapi penebangan hutan yg berat, sehingga mengakibatkan hilangnya beringsang habitat berbagai spesies terancam seperti orangutan lagi Macan Sumatra. beringsang Pada saat yg sama, kabut asap juga merupakan peristiwa yg lazim. beringsang Kabut asap terburuk yg pernah terjadi berlangsung dengan tahun 1998 di beringsang mana beberapa negara diselimuti kabut yg tebal. Menghadapi masalah beringsang ini, beberapa negara di Asia Tenggara menandatangani Persetujuan ASEAN beringsang mengenai Polusi Kabut Asap Transperbatasan (ASEAN Agreement on beringsang Transboundary Haze Pollution) untuk melawan polusi yg diakibatkan beringsang kabut asap.

Halaman berikutnya : Negara-Negara di Asia Tenggara

Demikian materi IPS Kelas 9 Semester 2 Bab Asia Tenggara (keadaan geografis, ekonomi, sejarah, budaya, flora-fauna). Semoga beroleh membantu

No comments:

Post a Comment