Wednesday, January 15, 2020

Sistem Pernapasan Dengan Manusia (Lengkap + Gambar)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog . Senang sekali rasanya kali ini bisa kami bagikan artikel tentang Sistem Pernapasan Pada Manusia beserta gambar, meliputi : Pengertian, Organ Pernapasan, Proses Pernapasan, Jenis-jenis serta Penyakit dalam Sistem Pernapasan Pada Manusia.

Sistem Pernapasan Pada Manusia

1. Pengertian Sistem Pernapasan Pada Manusia

Sistem pernapasan kepada manusia adalah sistem menghirup oksigen dari udara serta mengeluarkan karbon dioksida lagi uap air. Dalam proses pernapasan, oksigen merupakan zat kebutuhan utama. Oksigen untuk pernapasan diperoleh dari udara di lingkungan sekitar. Alat-alat pernapasan berfungsi memasukkan udara yg mengandung oksigen lagi mengeluarkan udara yg mengandung karbon dioksida lagi uap air. Tujuan proses pernapasan yaitu untuk memperoleh energi. Pada peristiwa bernapas terjadi pelepasan energi. Sistem pernapasan kepada manusia mencakup dua hal, yakni saluran pernapasan lagi mekanisme pernapasan.


Saluran pernapasan alias tractus respiratorius (respiratory tract) adalah bagian tubuh manusia yg berfungsi sebagai tempat lintasan lagi tampat pertukaran gas yg diperlukan untuk proses pernapasan. Saluran ini berpangkal kepada hidung alias mulut lagi berakhir kepada paru-paru.


2. Organ / Alat Sistem Pernapasan Pada Manusia





 Senang sekali rasanya kali ini  bisa kami bagikan artikel tentang  Sistem Pernapasan Pada Manusia (Lengkap + Gambar)pernapasan yang disebabkan oleh alergi seperti debu, bulu, ataupun rambut. Global Initiative for Asthma, sebuah lembaga nirlaba internasional untu penanggulangan asma, mendefinisikan asma sebagai gangguan kepada selaput pipa udara yg menyalurkan udara ke dalam paru-paru. Pada penyakit asma, paru-paru tidak bisa menyerap oksigen secara optimal. Asma ditandai dengan kontraksi yg kaku dari bronkiolus yg menyebabkan kesukaran bernapas. Asma dikenal dengan bengek yg disebabkan oleh hipersensitivas bronkiolus (disebut asma bronkiale) terhadap benda-benda asing di udara. Asma merupakan penyempitan saluran pernapasan utama kepada paru-paru. Kelainan ini tidak menular lagi bersifat genetis alias bawaan seseorang sejak lahir. Kelainan ini juga bisa kambuh andaikata suhu lingkungan cukup bengis alias keadaan dingin, udara kotor, alergi, lagi stres (tekanan psikologis). 

3. Influenza (Flu)

Penyakit influenza disebabkan oleh virus influenza. Gejala yg ditimbulkan antara lain pilek, hidung tersumbat, bersin-bersin, lagi tenggorokan terasa gatal. Influenza merupakan suatu penyakit infeksi akut saluran pernafasan terutama ditandai oleh demam, gigil, sakit otot, sakit kepala lagi sering disertai pilek, sakit tenggorok lagi batuk yg tidak berdahak. Lama sakit berlangsung antara 2-7 hari lagi biasanya sembuh sendiri.

Penyakit ini merupakan penyakit yg paling sering menyerang sistem pernapasan kepada manusia di seluruh dunia. Flu diakibatkan oleh virus RNA dari keluarga Orthomyxoviridae. Gejala umum flu adalah badan menggigil, deman, mata berair, hidung tersumbat kepala berat, disertai batuk, lagi nyeri di beberapa bagian tubuh.
 
4. Emfisema

Emfisema adalah penyakit kepada paru-paru yg ditandai dengan pembengkakan kepada paru-paru karena pembuluh darahnya kemasukan udara. Emfisema disebabkan hilangnya elastisitas alveolus. Emfisema membuat penderita sulit bernafas. Penderita mengalami batuk kronis lagi sesak napas. Asap rokok lagi kekurangan enzim alfa-1-antitripsin adalah penyebab kehilangan elastisitas kepada paru-paru ini.



5. Bronkitis

Bronkitis berupa peradangan kepada selaput lendir dari saluran bronkial. Sementara itu, pleuritis adalah peradangan kepada pleura, lapisan pelindung yg membungkus paru-paru. Laringitis adalah pembengkakan di laring, sedangkan sinusitis adalah pembengkakan kepada sinus alias rongga hidung. Peradangan-peradangan tersebut bisa terjadi karena berbagai hal, di antaranya karena infeksi oleh mikroorganisme. Peradangan juga bisa terjadi karena tubuh merespons terhadap zat alias benda asing yg masuk ke dalam tubuh sehingga terjadi reaksi alergik. Gejala-gejala peradangan tersebut secara umum adalah batuk-batuk, demam, sulit menelan, lagi sakit di dada. Penyakit bronkitis bisa dikenali melalui gejala-gejala berikut ini.

  1. Batuk berdahak.
  2. Sering sesak napas.
  3. Flu yg berkepanjangan.
  4. Mengi.
  5. Tubuh sepele lelah.
  6. Pembengkakan kepada pergelangan kaki.
  7. Timbul warna kemerahan kepada wajah, telapak tangan, lagi selaput lendir.
  8. Kepala terasa sakit.
  9. Penglihatan tampak kabur.

Referensi :
- https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=sistem-pernapasan-pada-manusia-lengkap 
- https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=sistem-pernapasan-pada-manusia-lengkap
- http://penulis.web.id/sistem-pernapasan-pada-manusia-artikel-lengkap.html

No comments:

Post a Comment