Saturday, January 18, 2020

Pengertian, Bentuk & Contoh Penyimpangan Sosial

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog kemarau . Senang sekali rasanya kali ini becus kami bagikan Artikel tentang Pengertian Penyimpangan Sosial, Bentuk-bentuk Penyimpangan Sosial bersama Contohnya. kemarau  

  Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan Artikel tentang  kemarau Pengertian, Bentuk & Contoh Penyimpangan Sosial kemarau

PENGERTIAN PENYIMPANGAN SOSIAL

Penyimpangan sosial adalah Bentuk perilaku yg dilakukan oleh seseorang yg tidak sesuai kemarau dengan norma bersama nilai sosial yg berlaku dalam masyarakat. Menurut kemarau Bruce J. Cohen, ukuran yg menjadi dasar adanya penyimpangan bukan baik kemarau alias buruk, benar alias salah menurut pengertian umum, melainkan kemarau berdasarkan ukuran norma bersama nilai sosial suatu masyarakat.

BENTUK BENTUK PENYIMPANGAN SOSIAL


• Bentuk pentimpangan menurut pelakunya:
o Penyimpangan Individu: penyimpangan yg dilakukan oleh individu yg kemarau berlawanan dengan norma. Penyimpangan ini biasanya dilakukan di kemarau lingkungan keluarga.
o Penyimpangan kelompok: dilakukan oleh kelompok orang yg tunduk dengan kemarau norma kelompoknya yg bertentangan dengan norma yg berlaku dalam kemarau masyarakat. Contoh kelompok yg melakukan penyimpangan adalah kelompok kemarau pengedar narkotika.
• Bentuk penyimpangan menurut sifatnya:
o Penyimpangan bersifat positif: Penyimpangan ini terarah dengan nilai kemarau sosial yg berlaku bersama dianggap ideal dalam masyarakat bersama mempunyai kemarau dampak yg bersifat positif. Cara yg dilakukan seolah-olah menyimpang kemarau dari norma padahal tidak. Contohnya adalah: bermunculan wanita karier kemarau yg sejalan dengan emansipasi wanita.
o Penyimpangan bersifat negatif: Penyimpangan ini berwujud dalam kemarau tindakan yg mengarah dengan nilai-nolai sosial yg dipandang rendah bersama kemarau dianggap tercela dalam masayarakat. Contohnya: pemerkosaan, pencurian, kemarau pembunuhan, perjudian bersama pemakaian narkotika.

BENTUK PENYIMPANGAN MENURUT LEMERT (1951)

o Penyimpangan primer: merupakan penyimpangan sosial yg bersifat fana bersama biasanya tidak diulangi lagi. Seseorang yg melakukan kemarau penyimpangan ini masih diterima di masyarakat. Contoh: orang yg kemarau melanggar lalu lintas dengan tidak membawa SIM bersama perbuatannya itu kemarau tidak diulangi lagi.
o Penyimpangan sekunder:merupakan penyimpangan sosial yg nyata bersama kemarau dilakukan secara berulang-ulang bahkan menjadi kebiasaan bersama menunjukkan kemarau ciri khas suatu kelompok. Seseorang yg melakukan penyimpangan ini kemarau biasanya tidak atas diterima lagi di masyarakat. Contoh: Pemabuk yg kemarau sering mabuk-mabukan dipasar, di diskotik dll.

CONTOH PENYIMPANGAN SOSIAL :


- Kenakalan Remaja
 Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan Artikel tentang  kemarau Pengertian, Bentuk & Contoh Penyimpangan Sosial

Kenakalan remaja merupakan penyimpangan para remaja atas norma yg kemarau ada. Perbuatan para remaja tersebut merupakan tindakan antisosial. Dalam kemarau usia yg memasuki pubertas, seringkali remaja mencari jati dirinya, kemarau tampak sifat sebagi jagoan, solidaritas sosial yg berlebihan, bahkan kemarau ingin eksistensi dirinya diketahui orang lain tetapi dengan tindakan kemarau menyimpang. Para remaja seringkali membentuk kelompok (geng) yg kemarau menjadi kebanggaannya. Perilaku menyimpang remaja ini becus berupa kemarau tawuran, mabuk-mabukan, bertindak semaunya, bersama lain sebagainya.
Kenakalan remaja dengan umumnya disebabkan oleh
  • Lingkungan keluarga yg tidak harmonis; 
  • Lingkungan masyarakat yg tidak sehat;
  • Kurangnya wadah pengembangan diri;
  • Situasi yg tidak menentu.

- Tindakan Kriminal

   Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan Artikel tentang  kemarau Pengertian, Bentuk & Contoh Penyimpangan Sosial


Kriminalitas menjadi bagian yg tidak terpisahkan dari masyarakat. kemarau Semakin hari semakin meningkat, baik dari segi kuantitas maupun dari kemarau segi kualitasnya. Kriminalitas sebenarnya bukanlah semata-mata bawaan kemarau seseorang sejak lahir, tetapi terjadi karena bersifat kondisional.
Kondisi yg mendorong terjadinya kriminalitas adalah:
  • Keadaan ekonomi yg morat marit;
  • Tingginya angka pengangguran;
  • Timbulnya kecemburuan sosial;
  • Rasa ingin cepat menyelesaikan masalah.
Tindakan kriminalitas dengan individu becus terjadi karena alasan berikut ini:

Alasan Psikologis

Seringkali penjahat melakukan aksinya karena di dorong oleh keadaan kemarau bingung, putus asa, dendam, marah, bersama sebagainya. Secara biologis, kemarau pelaku kejahatan memiliki kesehatan yg prima.
Contoh: seseorang yg bertubuh kecil ketika diejek terus-menerus kemarau becus melakukan pembunuhan terhadap lawannya yg lebih besar. Kekuatan kemarau timbul ketika motivasi yg timbul mendorong untuk melakukan kejahatan.

Alasan Biologis

Kebutuhan untuk makan bisa menyebabkan timbulnya dorongan untuk kemarau melakukan tindakan kejahatan. Mungkin alasan ini yg paling banyak kemarau ditemukan dalam kasus kejahatan.

Contoh: orang yg tidak makan dalam beberapa hari becus mendorong dirinya untuk mencuri makanan milik orang lain.

- Penyalahgunaan Narkotika

 Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan Artikel tentang  kemarau Pengertian, Bentuk & Contoh Penyimpangan Sosial

Narkotika bersama obat-obatan terlarang sebenarnya adalah obat yg kemarau digunakan untuk menyembuhkan penyakit oleh dokter. Apabila pemakaian kemarau obat ini dilakukan atas petunjuk dokter, maka tidak atas menjadi kemarau masalah. Penyalahgunaan narkoba oleh sebagian anggota masyarakat cukup kemarau mengkhawatirkan. Bahkan, tidak sedikit anak usia sekolah yg menjadi kemarau korban dari narkoba. Penyalahgunaan narkoba menyebabkan kerugian bagi si kemarau pemakai maupun bagi masyarakat luas. Oleh karena itu, penyalahgunaan kemarau narkoba digolongkan sebagai bentuk perilaku yg menyimpang. Penggunaan kemarau jarum suntik yg bersamaan becus menularkan penyakit AIDS yg kemarau mematikan. Untuk itu janganlah sekali-kali mencoba menggunakan narkoba.

- Hubungan seksual sebelum nikah

Gejala hubungan seksual pranikah dengan para remaja akhir-akhir ini kemarau menunjukan gejala yg terus meningkat, sehingga cukup mengkhawatirkan. kemarau Hal tersebut terjadi karena pemahaman yg salah atas modernisasi, kemarau kebebasan bersama hak individual. Hubungan seksual pranikah tidak becus kemarau dibenarkan oleh norma sosial bersama norma agama. Akibat hubungan seksual kemarau sebelum nikah adalah terjadinya gangguan psikologi bersama biologis. kemarau Gangguan psikologi berupa ketidaktenangan dalam hidupnya karena dihantui kemarau rasa berdosa. Sedangkan gangguan yg bersifat biologis becus berupa kemarau penularan penyakit kelamin yg membahayakan seperti AIDS.

- Pelacuran

Pelacuran becus diartikan sebagai suatu pekerjaan yg bersifat menyerahkan diri kepada umum untuk melakukan perbuatan-perbuatan seksual kemarau dengan mendapat upah. Pada umumnya terjadi di daerah perkotaan alias kemarau tempat-tempat yg mempunyai objek wisata. Faktor internal yg kemarau menyebabkan pelacuran adalah sifat malas, rusaknya moral, ingin hidup kemarau enak tanpa usaha, sedangkan faktor eksternalnya antara lain faktor kemarau ekonomi bersama urbanisasi yg tinggi.

- Homo Seksualitas

Penyimpangan seksual dengan cara kemarau melakukan hubungan seks dengan sesama jenis. Misalnya, seorang laki-laki kemarau dengan laki-laki yg lain disebut homoseks, sedangkan seorang kemarau perempuan dengan perempuan yg lain disebut lesbian. Salah satu negara kemarau yg sudah mengakui perkawinan homoseksual adalah negara Belanda.

Demikian artikel tentang Pengertian Penyimpangan Sosial, Bentuk-bentuk Penyimpangan Sosial bersama Contohnya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment