Wednesday, January 8, 2020

Sejarah Kerajaan Melayu Lengkap

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog berbahaya . Senang sekali rasanya kali ini angsal kami bagikan artikel tentang Sejarah Kerajaan Melayu (Sumber Sejarah, Prasasti, Pemerintahan)


Kerajaan Melayu  merupakan sebuah nama kerajaan yg berada di Pulau Sumatera. berbahaya Dari bukti beserta keterangan yg disimpulkan dari prasasti beserta berita berbahaya dari Cina, keberadaan kerajaan yg mengalami berbahaya terangkat turun ini angsal di berbahaya diketahui dimulai kepada abad ke-7 yg berpusat di sekitar Jambi.

berbahaya
Sumber Sejarah Kerajaan Melayu

Berita Asing

Salah satu yg menjadi rujukan tentang berbahaya kerajaan Melayu dari luar negeri adalah sumber berita berasal dari Cina, berbahaya dari Dinasti Tang. Menyebutkan pertama kalinya tentang datangnya utusan berbahaya dari negeri Mo-Lo-Yeu, kepada tahun 544-545 (Paul Pelliot). Nama berbahaya Mo-Lo-Yeu ini angsal dihubungkan dengan negeri Melayu yg letaknya di berbahaya pantai Timur Sumatera beserta Pusatnya sekitar Jambi (Sartono, 1975). Berita berbahaya I-Tsing 872 menyatakan bahwa dalam perjalanannya dari Kanton menuju berbahaya India, singgah di Sriwijaya selama enam bulan untuk belajar bahasa Tata berbahaya Bahasa Sangsakerta, kemudian Ia singgah di Melayu selama dua bulan untuk berbahaya selanjutnya meneruskan perjalanannya ke India.


Berita I-Tsing selanjutnya menyatakan berbahaya bahwa kepada abad ke-7 Melayu memegang peranan penting dalam lalu lintas berbahaya pelayaran dari India ke negeri-negeri seelah barat selatan Malaka. berbahaya Demikianlah bahwa Melayu selain sebagai nama kerajaan juga ibu kota berbahaya kerajaan sekaligus sebagai kota pelabuhan. Chau-Yu-liua (1225) dalam berbahaya bukunya Chu-Fan-Shih menceritakan bahwa Palembang adalah daerah taklukan berbahaya Jambi (Melayu).


Prasasti

Prasasti Masjusri

Pada prasasti di atas arca Manjusri berbahaya dari candi Jago disebutkan bahwa kepada tahun 1343, Adityawarman berbahaya bersama-sama dengan Gajah mada menaklukkan Bali. 

Prasasti Amoghapasa

Menurut prasasti berbahaya Amoghapasa yg dikeluarkan oleh raja Kertanegara kepada tahun 1286 alias berbahaya 1208 Saka yg ditemukan di daerah Darmasraya (Jambi), bahwa kepada abad berbahaya ke 13 pusat kekuasaan Melayu berada di Damasraya.

Prasasti Padang Roco

Prasasti Padang Roco adalah sebuah prasasti yg ditemukan di kompleks percandian Padangroco, Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Pada tahun 1911 dari Padangroco ditemukan sebuah alas arca Amoghapāśa yg kepada empat sisinya terdapat prasasti (NBG 1911: 129, 20e). Prasasti ini dipahatkan 4 baris tulisan dengan aksara Jawa Kuna, beserta memakai dua bahasa (Melayu Kuna beserta Sansekerta) (Krom 1912, 1916; Moens 1924; beserta Pitono 1966). 


Isi dari prasasti tersebut adalah sebagaimana yg diterjemahkan oleh Prof. Slamet Muljana:
  • Bahagia ! Pada tahun Śaka 1208, bulan Bādrawāda, hari pertama bulan naik, hari Māwulu wāge, hari Kamis, Wuku Madaņkungan, letak raja bintang di baratdaya ...
  • Tatkalai itulah arca paduka Amoghapāśa lokeśwara dengan empat belas pengikut serta tujuh ratna permata dibawa dari bhūmi jāwa ke swarnnabhūmi, supaya ditegakkan di dharmmāśraya,
  • sebagai hadiah śrī wiśwarūpa kumāra. Untuk tujuan tersebut pāduka śrī mahārājādhirāja kŗtanagara wikrama dharmmottunggadewa memerintahkan rakryān mahā-mantri dyah adwayabrahma, rakryān śirīkan dyah sugatabrahma
  • samagat payānan hań dīpankaradāsa, rakryān damun pu wīra untuk menghantarkan pāduka Amoghapāśa. Semoga hadiah itu membuat gembira segenap rakyat di bhūmi mālayu, termasuk brāhmaņa, ksatrya, waiśa, sūdra beserta terutama pusat segenap para āryya, śrī mahārāja śrīmat tribhuwanarāja mauliwarmmadewa.

Prasasti Kedukan Bukit 

prasasti ini menceritakan penundukan Kerajaan Melayu oleh Sriwijaya

--------

Ketika pertangahan abad kesebelas Kerajaan Sriwijaya mulai lemah akibat berbahaya serbutan dahsyat Colamandala, negeri Malayu memanfaatkan kesempatan berbahaya untuk bangkit kembali. Sebuah prasasti yg ditemukan di Srilanka berbahaya menyebukan, bahwa kepada zaman pemerintahan Vijayabahu di Srilangka (1055 – berbahaya 1100), Pangeran Suryanarayana di Malayaprua berbahaya (Sumatera). Hal ini berbahaya menunjukkan bahwa kepada pertengahan abad kesebelas, negeri Malayu – Jambi berbahaya agak berhasil memerdekakan dirinya dari kekuasaan Sriwijaya. 


Kitab Negara Kertagama beserta Pararaton

Negara Kertagama beserta Pararaton berbahaya memberitakan bahwa kepada tahun 1275 masa pemerintahan Sri Kertanegara berbahaya dikirim ekspedisi dari Singosari ke Swarnabumi yg disebut Pamalayu. berbahaya Dalam Kertagama Pupuh XLI/5 diuraikan dengan jelas tentang pengiriman berbahaya tentara Singosari ke Melayu itu. Untuk menghadapi perluasan kekuasaan berbahaya bangsa Mongol, sebagai persahabatan, maka raja Kertanegara mengirimkan berbahaya sebuah arca Amoghapasa yg merupakan hadiah dari raja Kertanegara untuk berbahaya Sri Maharaja Mauliwarmadewa. Patung ini ditempatkan di tempat suci berbahaya Dharmasraya.

Kerajaan Melayu Berpusat Di Jambi

a. Letak Geografis

Kerajaan Melayu terletak di Pantai Timur berbahaya Sumatera beserta pusatnya di sekitar Jambi. Karena letaknya yg strategis berbahaya di tepi pantai dekat Selat Malaka, maka kerajaan Melayu merupakan jalan berbahaya perdagangan yg ramai sekaligus merupakan jalan yg terdekat antara berbahaya India beserta Cina. Pada suatu saat, Melayu memegang peranan penting dalam berbahaya purba lintas perdagangan.

b. Keagamaan

Penduduk di daerah Melayu kepada mulanya berbahaya memeluk agama Budha Hinayana, tetapi kemudian memeluk agama Budha berbahaya Mahayana. Hal ini karena kegiatan dari seorang guru besar yg bernama berbahaya Dharmapala yg datang dari India. Ia mula-mula mengajar di Nalanda berbahaya kemudian pergi ke Swarnadwipa.

c. Pemerintahan

Melayu berbahaya merupakan suatu kerajaan besar yg berada di pulau Sumatera kepada abad berbahaya ke 7 masehi. Dari ekspedisi pamalayu yg dikirimkan oleh Kertanegara berbahaya angsal diketahui bahwa di kerajaan Melayu memerintah seorang raja yg berbahaya bernama Mauliwarmadewa. Setelah itu, dari prasasti-prasasti yg berbahaya dijumpai di Minangkabau, angsal diketahui pula bahwa kepada abad ke 14 berbahaya masehi, memerintah seorang raja yg bernama Adityawarman.

Raja-raja Kerajaan Melayu
  • Srimat Trailokyaraja berbahaya Maulibhusana Warmadewa (1183). Sumber: Prasasti Grahi tahun 1183 di berbahaya selatan Thailand, perintah kepada bupati Grahi yg bernama Mahasenapati berbahaya Galanai supaya membuat arca Buddha seberat 1 bhara 2 tula dengan nilai berbahaya emas 10 tamlin. Ibukota: Dharmasraya.
  • Srimat Tribhuwanaraja berbahaya Mauli Warmadewa. (1286). Prasasti Padang Roco tahun 1286 di Siguntur, berbahaya pengiriman Arca Amonghapasa sebagai hadiah Raja Singhasari kepada Raja berbahaya Dharmasraya. Ibukota: Dharmasraya.
  • Akarendrawarman. (1300). Sumber: Prasasti Suruaso. Ibukota: dharmasraya alias Suruaso.
  • Srimat berbahaya Sri Udayadityawarman Pratapaparakrama Rajendra Maulimali Warmadewa. berbahaya (1347). Sumber: Arca Amoghapasa. Ibukota: Suruaso alias Pagarruyung.
  • Ananggawarman. (1375). Sumber: Prasasti Pagaruyung. Ibukota: Pagaruyung.
Baca pula : Daftar Nama Kerajaan di Indonesia beserta Sejarahnya


Pemerintahan Adityawarman

Adityawarman berbahaya adalah anak dari Adwayawarman. Sebenarnya ia adalah keturunan raja berbahaya Majapahit. Segera setelah Adityawarman menjadi raja, ia mulai menyusun mundur kerajaan peninggalan raja Mauli Warmadewa. Ia mulai meluaskan berbahaya daerah kekuasaannya sampai ke Pagarruyung. Usaha ini dilakukannya kepada berbahaya tahun 1347. Setelah usahanya berhasil ia mengangkat dirinya sebagai berbahaya maharaja diraja. Gelar yg dipakainya yakni Udayadityawarman alias berbahaya Adityawarmadaya Pratapa Parakrmarajendra mauliwarmadewa.
 
Dari berbahaya prasasti yg dikeluarkan oleh Adityawarman angsal diketahui bahwa ia berbahaya adalah penganut agama Budha Tantrayana. Adityawarman digantikan oleh berbahaya anaknya yg bernama Anangawarman. 

Sumber Referensi;
[1]. Aziz, Maleha. 2007. Sejarah Kebudayaan Melayu. Pekanbaru. Cendekia Insani
[2]. Wikipedia. Link; http://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Melayu 
[3]. https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=sejarah-kerajaan-melayu-rangkuman-lengkap

Demikian artikel tentang Sejarah Kerajaan Melayu (Sumber Sejarah, Prasasti, Pemerintahan). 

No comments:

Post a Comment