Thursday, January 16, 2020

Teks Rekon (Pengertian, Tujuan, Struktur, Contoh)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog beringsang . Senang sekali rasanya kali ini becus kami bagikan Artikel tentang tentang Teks Rekon meliputi Pengertian, Tujuan, Struktur, bersama Contohnya

Teks Rekon (Cerita Ulang)

 
Pengertian Teks Rekon


Teks rekon adalah teks yg menceritakan kembali pengalaman masa lalu secara kronologis dengan tujuan untuk memberi informasi, alias menghibur pembacanya, alias bisa keduanya.

Cerita ulang terdiri atas tiga jenis, yaitu rekon pribadi, rekon faktual (informasional), bersama rekon imajinatif.
  1. Rekon pribadi adalah cerita ulang yg memuat kejadian di mana penulisnya terlibat secara langsung.
  2. Rekon faktual (informasional) adalah cerita ulang yg memuat kejadian faktual seperti eksperimen ilmiah, laporan polisi, bersama lain-lain.
  3. Rekon imajinatif adalah cerita ulang yg memuat cerita imajinatif dengan lebih detil.

Tujuan Teks Rekon

Untuk menceritakan kejadian alias serangkaian kejadian yg terjadi di masa lampau,

Struktur Generik Teks Rekon :
  1. Orientasi
  2. Kejadian (-kejadian)
  3. Reorientasi
Fitur Bahasa yg Dominan:
  1. Penggunaan keterangan waktu definit; beringsang beringsang beringsang kemarin, lusa, tahun lalu
  2. Penggunaan partisipan beringsang beringsang beringsang personal; saya, kami, regu saya, dst
  3. Penggunaan konektor beringsang beringsang beringsang kronologis seperti; pertama, kemudian, dst
  4. Penggunaan kata kerja aksi
  5. Penggunaan kata sifat
Contoh Teks Rekon : 

GEMPA BUMI

Saya atas menceritakan pengalaman saya yg terjadi beringsang minggu kemarin beringsang yg berhubungan dengan gempa bumi. Ketika gempa bumi terjadi, beringsang saya beringsang sedang mengendarai mobil. Waktu itu saya berada dalam perjalanan pulang beringsang beringsang dari Bali.

Tiba-tiba saya merasakan adanya hentakan keras beringsang dengan mobil saya. beringsang Saya pikir waktu itu ban mobil saya meletus. Saya tidak beringsang sadar jikalau beringsang saat itu sedang terjadi gempa bumi. Saya baru sadar ketika saya beringsang beringsang melihat tiang listrik bersama telepon yg ada di kanan kiri saya ambruk, beringsang beringsang berjatuhan seperti batang korek api yg ringan. Saya juga melihat beringsang batu-batu beringsang besar berserakan di sepanjang jalan. Mobil saya terperangkap beringsang di tengah beringsang batu-batu yg berserakan tersebut. Saya tidak bisa beringsang menggeser mobil saya ke beringsang depan maupun ke belakang karena batu-batu beringsang tersebut merintangi jalan saya. beringsang Sepertinya tidak ada satupun yg beringsang becus saya lakukan untuk meneruskan beringsang perjalanan. Karena putus asa, saya beringsang tinggalkan mobil saya bersama memilih berjalan beringsang kaki menuju rumah.

Sesampainya di beringsang kampung halaman saya, saya terkejut karena tidak ada beringsang satupun yg tersisa. beringsang Semuanya rata dengan tanah. Gempa bumi tersebut beringsang ternyata membuat kerusakan beringsang yg demikian besar dengan kampung saya. beringsang Meskipun demikian, saya bersyiukur beringsang karena tidak ada satupun keluarga beringsang maupun warga kampung saya yg terluka beringsang serius.



Demikian artikel tentang Teks Rekon (Pengertian, Tujuan, Struktur, bersama Contohnya) yg becus kami sampaikan. Semoga becus menambah referensi.

No comments:

Post a Comment