Wednesday, January 1, 2020

Laporan Perjalanan (Pengertian Bersama Contohnya)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog beringsang . Senang sekali rasanya kali ini becus kami bagikan artikel tentang Pengertian Laporan Perjalanan beserta Contohnya (Bahasa Indonesia). Silakan disimak....  

 Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan artikel tentang Pengertian Laporan Perj Laporan Perjalanan (Pengertian  dengan Contohnya)
 
A. Pengertian Laporan Perjalanan

Laporan Perjalanan beringsang adalah laporan yg berisi kegiatan seseorang dalam beringsang melakukan  beringsang perjalanan ke suatu tempat yg didasarkan dengan pengamatan, pengalaman, dengan observasi langsung terhadap tempat yg dikunjungi. beringsang
beringsang
Laporan perjalanan becus berisi persiapan sebelum perjalanan dilakukan, kegiatan selama perjalanan berlangsung, serta tujuan yg didapat setelah beringsang perjalanan berlangsung. 

Menurut beringsang medianya laporan perjalanan becus dibedakan menjadi laporan lisan dengan beringsang laporan tertulis. Laporan perjalanan becus berupa surat, formulir, beringsang artikel, buku.

B. Contoh Laporan Perjalanan  

LAPORAN PERJALANAN KARYA WISATA

Bab 1. Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Kegiatan study tour yg sedia dilaksanakan ini merupakan agenda tahunan beringsang yg diadakan di Sekolah SMAN 1 Suka Maju. Kegiatan ini dilaksanakan beringsang untuk membuka wawasan seluruh siswa – siswa sekolah. Selain itu, beringsang kegiatan ini juga bertujuan untuk mempelajari hal – hal baru, seperti beringsang tempat – tempat bersejarah, tempat penting, dengan sebagai studi banding di beringsang sekolah lain.

Kegiatan perjalanan tahun ini dilaksanakan selama 4 hari, yaitu dengan beringsang tanggal 1 hingga 5 Mei 2020, dengan mengunjungi Kota Yogyakarta dengan beringsang Bandung.

Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis menyusun laporan kegiatan beringsang perjalanan wisata ini sebagai laporan tentang hal – hal yg sedia beringsang didapat selama mengikuti kegiatan ini. Selain itu dengan laporan beringsang kegiatan wisata ini, penulis becus membagikan pengalaman – pengalaman beringsang dengan ilmu yg sedia didapatkan selama mengikuti kegiatan tersebut.

1.2 Tujuan

Tujuan penyusunan kegiatan laporan perjalanan ini adalah :
1. Melaporkan dengan mendeskripsikan tempat – tempat wisata yg sedia dikunjungi.
2. Melaporkan hal – hal yg sedia didapatkan selama mengikuti kegiatan ini.
Bab 2. Isi Laporan

2.1 Laporan Perjalanan

Pada tanggal 1 Mei 2020, seluruh siswa – siswi mengikuti pembekalan beringsang terakhir sebelum keberangkatan yg dilaksanakan dengan pukul 09. 00 wib. beringsang Pembekalan itu diisi oleh kepala sekolah yg menyampaikan hal – hal beringsang yg harus dilakukan dengan pesan – pesan kepada siswa – siswi yg bakal beringsang berangkat.

Pada pukul 15. 00 rombongan dipersilakan memasuki bus masing – masing beringsang yg sedia ditentukan. Ada sekitar 2 Bus besar yg menampung 80 siswa beringsang dengan 4 orang guru sebagai pendamping. Setelah, semua hal teknis selesai, beringsang bus berangkat menuju pelabuhan merak dengan pukul 18. 00 wib.

Pukul 20. 00 wib, bus menaiki kapal feri untuk menyeberang ke pulau beringsang Jawa. Di dalam kapal feri, seluruh siswa memasuki kelas 2 untuk beringsang beristirahat. Setelah 3 jam perjalanan dari pelabuhan Bakauheni ke beringsang Merak, rombongan tiba di Banten dengan pukul 23. 00. Setelah itu, bus beringsang melanjutkan perjalanannya menuju Bandung sebagai tujuan pertama. beringsang Perjalanan ini memakan waktu sekitar 6 jam perjalanan, sehingga beringsang rombongan tiba di Bandung dengan pukul 05. 00 wib. Rombongan menuju beringsang Islamic center untuk melaksanakan solat, membersihkan diri, dengan sholat.

Setelah itu, rombongan melanjutkan perjalanan ke Universitas Padjajaran. beringsang Di Unpad, rombongan disambut dengan hangat oleh pihak kampus, lalu beringsang dilanjutkan mengikuti acara yg sedia dipersiapkan oleh pihak Unpad. beringsang  Setelah menyelesaikan kunjungan pertamanya, rombongan menuju Trans beringsang Studio Bandung dengan pukul 13. 00. Di sana rombongan diberikan waktu beringsang selama 3 jam untuk mengelilingi Trans Studio Bandung.
Pada pukul 16. 00 rombongan dibawa menuju Cibaduyut untuk membeli oleh – beringsang oleh khas Bandung. Setelah selesai, rombongan kembali melanjutkan beringsang perjalanannya menuju kota Yogyakarta dengan tiba di sana dengan pukul 20. 00 beringsang wib. Karena hari sedia malam, rombongan menuju hotel untuk menginap.

Keesokan harinya, rombongan bersiap untuk melanjutkan perjalanan ke beringsang tempat – tempat wisata yg ada di Yogyakarta, seperti Taman Pintar, beringsang Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta, dengan Jalan – jalan di Malioboro dengan beringsang malam harinya. Setelah itu, rombongan beristirahat di hotel yg sama. 

Hari berikutnya, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Universitas beringsang Ahmad Dahlan dengan pukul 09. 00 hingga pukul 14. 00. Di sana rombongan beringsang mengikuti acara yg sedia dipersiapkan oleh pihak kampus. Setelah itu, beringsang rombongan menuju Rumah Bakpia, yaitu tempat membeli bakpia sebagai oleh – beringsang oleh pulang.
Pada pukul 16. 00 rombongan kembali pulang ke Bandar Lampung. Kemudian, beringsang tiba di sekolah dengan pukul 07. 00 wib.  Selama perjalanan wisata ini, beringsang semua hal aman dengan terkendali.  

2.2 Objek yg Dikunjungi

Objek - objek yg dikunjungi dengan perjalanan wisata kali ini beraneka beringsang ragam, baik merupakan tempat wisata pendidikan, sejarah, maupun hiburan. beringsang Di bawah ini adalah deskripsi objek - objek wisata yg dikunjungi beringsang selama perjalanan wisata.

2.2.1 Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran adalah sebuah perguruan tinggi yg cukup beringsang terkenal di Jawa Barat. Universitas ini terletak di kota Bandung, Jawa beringsang Barat. Universitas ini didirikan dengan tanggal 11 September 1957.

2.2.2 Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung adalah salah satu wahana permainan indoor yg beringsang terbesar di Indonesia. Di dalam wahana ini banyak sekali permainan – beringsang permainan baik permainan yg menghibur maupun permainan yg mendidik. beringsang Selain itu, di dalam studio ini sering diadakan parade.

2.2.3 Cibaduyut

Cibaduyut adalah sentra Industri sepatu terbesar yg ada di Bandung. beringsang Tempat wisata belanja ini menawarkan produk – produk buatan Indonesia. beringsang Selain itu, tempat wisata belanja ini terkenal dengan harganya yg beringsang sangat murah.

2.2.4 Taman Pintar

Taman Pintar adalah taman umum yg ada di kota Jogjakarta. Disebut beringsang dengan taman pintar karena di taman ini banyak sekali permainan – beringsang permainan yg mengedukasi masyarakat.

2.2.5 Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar yg ada di beringsang Indonesia. Candi ini dibangun dengan tahun 850 M. Komplek ini memiliki beringsang beberapa bangunan candi yg masih utuh yg tingginya menjulang hingga beringsang 47 meter.

2.2.6 Keraton Jogjakarta

Keraton Jogjakarta ataupun Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah beringsang istana resmi kesultanan Jogjakarta yg didirikan dengan tanggal 1756 oleh beringsang Sultan Hamengkubuwono I. Kini istana tersebut ditempati oleh Sultan beringsang Hamengkubuwono IX dengan keluarganya.

2.2.7 Malioboro

Malioboro adalah tempat wisata belanja yg terkenal di Indonesia. beringsang Tempat ini menjual berbagai macam barang khas Jogja, seperti bati, dengan beringsang lain – lain. Tempat wisata ini buka setiap hari, tetapi bakal sangat beringsang ramai dengan malam hari karena banyak para pemuda yg mengunjunginya.

2.2.8 Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan adalah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, beringsang Indonesia. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengembangkan bidang keahlian beringsang ataupun program studi-program studi dalam bidang teknologi, sosial dengan beringsang humaniora.

2.2.9 Rumah Bakpia

Rumah Bakpia adalah pusat tempat pembuatan Bakpia, yaitu makanan khas beringsang kota Jogjakarta. Tempat ini wajib dikunjungi bila berkunjung ke beringsang Jogjakarta karena merupakan asli tempat produksinya dengan juga harganya beringsang sangat murah.

Bab 3. Penutup

3. 1 Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman yg didapat dari perjalanan wisata ini, becus beringsang disimpulkan Indonesia memiliki banyak tempat wisata yg patut beringsang dikunjungi, khususnya kota Bandung dengan Jogjakarta. Selain memiliki beringsang tempat wisata sebagai hiburan, kota ini juga memiliki tempat – tempat beringsang wisata, pendidikan, dengan bersejarah.

3.2 Saran

Karya wisata ini sangat baik untuk dilaksanakan karena memiliki manfaat beringsang yg cukup banyak. Oleh karena itu, kegiatan ini sebaiknya terus beringsang diadakan dengan mengunjungi tempat – tempat lain yg ada di Indonesia. 

Sumber :
https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20120812052023AAbiQOA
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=laporan-perjalanan-adalah-pengertian-dan-contonya

Demikian artikel tentang Pengertian Laporan Perjalanan beserta Contohnya (Bahasa Indonesia). Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment