Friday, January 10, 2020

Lidah Manusia (Artikel Lengkap)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog . Senang sekali rasanya kali ini becus kami bagikan artikel lengkap tentang Lidah Manusia, meliputi Pengertian Lidah, Fungsi Lidah Manusia, Bagian-bagian lidah bersama fungsinya, serta penyakit dengan lidah manusia.

A. PENGERTIAN LIDAH


Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang becus membantu pencernaan makanan dengan mengunyah bersama menelan. Lidah dikenal sebagai indera pengecap yg banyak memiliki struktur tunas pengecap. Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara.Struktur lainnya yg berhubungan dengan lidah sering disebut lingual, dari bahasa Latin lingua atau glossal dari bahasa Yunani.
Lidah merupakan bagian tubuh penting untuk indra pengecap yg terdapat kemoreseptor untuk merasakan respon rasa asin, asam, pahit bersama rasa manis. Tiap rasa dengan zat yg masuk ke dalam rongga mulut bakal direspon oleh lidah di tempat yg berbeda-beda.
Pada hakekatnya, lidah mempunyai hubungan yg sangat erat dengan indra khusus pengecap, lidah tersusun atas otot rangka yg terlekat dengan tulang hyoideus, tulang rahang bawah bersama processus styloideus di tulang pelipis.Lidah sebagian besar terdiri dari dua kelompok otot yaitu otot intrinsik bersama ektrinsik. Otot intrinsik lidah melakukan semua gerakan halus,sementara otot ektrinsik mengaitkan lidah dengan bagian-bagian  sekitarnya serta melaksanakan gerakan-gerakan kasar yg sangat penting dengan saat mengunyah bersama menelan. Lidah mengaduk-aduk makanan, menekannya dengan langit-langit bersama gigi bersama akhirnya mendorongnya masuk farinx.
Lidah terletak dengan dasar mulut, sementara pembuluh darah bersama urat saraf masuk bersama keluar dengan akarnya. Ujung serta pinggiran lidah bersentuhan dengan gigi-gigi bawah, sementara dorsum merupakan permukaan melengkung dengan bagian atas lidah. Bila lidah digulung kebelakang maka tampaklah permukaan bawahnya yg disebut frenulum linguae, sebuah struktur ligament halus yg mengaitkan bagian posterior lidah dengan bagian dasar mulut. Bagian anterior lidah bebas tidak terkait. Bila dijulurkan, maka ujung lidah meruncing, bersama bila terletak tenang didasar mulut,maka ujung lidah berbentuk bulat. 
Lidah ini, juga dibangun oleh suatu struktur yg disebut kuncup pengecap (taste buds). Pada lidah lebih kurang 10.000 kuncup pengecap yg tersebar dipermukaan atas bersama di sepanjang pinggir lidah. Kuncup pengecap tertanam dibagian epitel lidah bersama bergabung dengan tonjolan-tonjolan lidah yg disebut papilla.

B. FUNGSI LIDAH MANUSIA


1. Indera pengecap ataupun perasa


Lidah menjadi salah satu dari kelima indera manusia yg bertugas sebagai pengecap ataupun perasa, baik makanan maupun minuman. Alat ini sangat peka terhadap rangsangan rasa makanan, seperti manis, asam, pahit, pedas, bersama sebagainya. Selain itu juga mampu mengukur kualitas tekstur bersama struktur makanan, apakah lembut seperti kue bersama roti ataukah kasar bersama berserat seperti daging. Hal ini memberikan nilai tambah bersama sangat di gunakan oleh koki ataupun juru masak.

2.    Menunjukkan kondisi tubuh


Selaput lidah manusia becus digunakan sebagai indikator metabolism tubuh,terutama kesehatan tubuh manusia.
1.      Warna Lidah
Kuning menandakan adanya infeksi bakteri, lamun warna kuning menuju kehijauan adanya infeksi bakteri akut. Merah menandakan aktivitas kemarau tubuh, lamun hanya terdapat dengan ujung lidah berarti adanya kemarau pd jantung,jika terdapat dengan sisi kanan kiri menandakan adanya ganguan ginjal bersama kandung empedu. Ungu berarti adanya aktivitas statis darah, darah tidak lancar bersama ada gangguan. Biru menandakan adanya aktivitas dingin yg menyebabkan statis darah.
2.      Bentuk Lidah
Tipis, lamun bentuk lidah tipis bersama berwarna pucat menandakan defisiensi (kekurangan ) darah yg berhubungan dengan hati semakin pucat semakin parah gangguan hati tebal ,sirkulasi darah tidak normal menandakan gangguan ginjal bersama limpa kaku ,menandakan masuk angin panjang,adanya akivitas kemarau dengan jantung Retak,adanya ganguan dengan lambung limpa bersama jantung

3. Membantu mencerna makanan


Bukan hanya itu, baik lidah manusia ataupun hewan semua di lengkapi kelenjar yg berguna merawat bersama membantu lidah menjalankan fungsinya. Salah satunya adalah untuk mencerna makanan. Jadi di lidah terdapat kelenjar air liur yg membantu manusia untuk mengolah makanan yg ada di dalam tubuh. Bantuan tersebut membuat makanan menjadi lebih lembut, serta membantu lidah untuk membaui apakah rasa dari makanan tersebut. Kelenjar ini juga membantu lidah untuk meneruskan makanan dari mulut ke kerongkongan untuk pencernaan makanan lebih lanjut. Peristiwa ini di namakan dengan gerakan peristaltic.

4. Membantu manusia berbicara


Bisakah anda berbicara kata ‘dodi’ tanpa menggerakan lidah anda? tentu saja tidak bisa! Dalam beberapa kata bersama percakapan manusia memerlukan lidah untuk membantu menjelaskan makna bersama maksud pembicaraan. Misalnya saat anda mengatakan ‘dodi’, bagian ujung lidah bakal menempel dengan langit langit mulut. Mengapa? Karena hal ini bisa memperjelas ucapan anda. lamun anda hendak mengucapkan kata ‘dodi’ tanpa menggerakkan lidah, kata yg keluar nantinya adalah ‘oi’ saja.

5. Membantu melembabkan mulut


Apakah anda juga mengalami bibir kering saat siang hari yg di sebabkan karena panasnya matahari ataupun dehidrasi? Bagaimana dengan mengatasinya agar bibir anda tetap segar? Biasanya orang orang membasahi bibirnya dengan air liur yg di salurkan melalui lidah. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembaban bibir, agar tidak terlihat semakin pecah pecah. Sebab lamun anda membiarkan bibir tersebut sampai parah tingkat kepecah pecahannya, bakal menimbulkan luka sampai berdarah. Keadaan ini memungkinkan seseorang terkena infeksi yg di tandai dengan pembengkakan di daerah lidahnya. Tentu saja mengganggu penampilan anda, bukan?

6. Membantu gigi memproses makanan


Jika mulut anda hanya terdapat gigi bersama air liur saja, bisakah makanan di cerna mulut? Mungkin bisa untuk terus di gigit gigiti saja, tapi makanan tersebut tidak bisa di balik, tidak bisa di tata di dalam mulut. Masalah ini seperti ketika anda ‘seliliden’ ataupun terselipnya makanan di sela antara gigi anda. Sangat menggelikan, sehingga secara tidak sadar lidah langsung merangsang makanan tersebut agar segera keluar. Jika tidak ada bantuan lidah, maka selipan makanan tersebut tidak bakal bisa keluar dari gigi.

7. Pengirim pesan makanan ke otak


Baik gigi, air liur, langit langit mulut, bibir bersama semua organ oral tidak memiliki sistem syaraf yg mampu secara peka terhadap rangangan mengirimkan pesan ke otak. Lidah menjadi salah satu organ yg paling peka mengirimkan pesan terhadap otak, entah bagian gigi ada yg keropos, bibir terluka seperti sariawan sampai berdarah, hingga ada lemak yg masih menempel di langit langit mulut, hanyalah lidah yg mampu merasakan dengan syarafnya yg peka. Kemudian di kirimkan pesan tersebut ke otak bersama di olah di sistem informasi. Baru setelah itu, otak memberikan tindak lanjut apa yg harus dilakukan.

8. Pengaturan suhu antara dalam tubuh dengan lingkungan


Salah satu keistimewaan lidah ini adalah sebagai pengatur suhu antara dalam tubuh dengan udara yg ada di luar. Seperti ketika anda sakit, maka tubuh anda bakal terasa kemarau tinggi di dalam. Atau dengan kata lain, suhu yg ada di dalam tubuh naik. Pertama kali yg merasa kenaikan suhu tersebut adalah lidah. Di dalam mulut bakal terasa panas, lalu merasakan pahit. Dengan adanya pengontrol suhu yg ada di lingkungan dengan tubuh membantu anda dalam mempercepat penanganan agar segera sembuh.

9. Pencegah bahaya yg masuk ke dalam mulut


Anda pernah merasakan superpel, sunlight, ataupun detergen masuk ke dalam tubuh melalui mulut? Bagaimana rasanya, sangat pahit bukan? Saat pertama kali masuk ke dalam tubuh, apakah lidah anda langsung menerima? Secara normal lidah bisa memberikan insting kuat, makanan mana yg layak di makan ataupun tidak. Hal ini berkaitan bahwa lidah menjadi salah satu pelindung tubuh manusia dari racun. Ketika lidah merasa makanan yg masuk adalah racun, ataupun mengandung zat zat yg sangat kuat, yg mana bisa merusak tubuh, maka secara sadar bakal menolak. Namun kemampuan ini tidaklah kuat. Bukan berarti semua makanan yg masuk, dengan indikasi di beri racun, bisa langsung di tolak lidah. Jika makanan yg masuk ke dalam tubuh di manipulasi dengan sesuatu yg menurut lidah enak bersama lezat serta pantas untuk di makan, maka lidah juga bakal menerimanya.

C. BAGIAN-BAGIAN LIDAH DAN FUNGSINYA


Lidah tersusun dari otot lurik yg dilapisi oleh membran mukosa. Lidah beserta oto-totot yg berhubungan dengan lidah merupakan bagian yg menyusun dasar dari rongga mulut. Lidah dibagi menjadi dua bagian yg lateral simetris oleh septum median yg berada disepanjang lidah. Lidah menempel dengan tulang hyoid dengan bagian inferior, prosesus styloid dari tulang temporal bersama mandibula.

Setiap bagian lateral dari lidah memiliki komponen otot-otot ekstrinsik bersama intrinsik yg sama. Otot ekstrinsik lidah terdiri dari otot hyoglossus, otot genioglossus bersama otot styloglossus. Otot-otot tersebut berasal dari luar lidah (menempel dengan tulang yg ada di sekitar bagian tersebut) bersama masuk kedalam jaringan ikat yg ada di lidah. Otot-otot eksternal lidah berfungsi untuk menggerakkan lidah dari sisi yg satu ke sisi yg berlawanan bersama menggerakkan ke arah luar bersama ke arah dalam.

Pergerakan lidah karena otot tersebut memungkinkan lidah untuk memosisikan makanan untuk dikunyah, dibentuk menjadi massa bundar, bersama dipaksa untuk bergerak ke belakang mulut untuk proses penelanan. Selain itu, otot-otot tersebut juga membentuk dasar dari mulut bersama mempertahankan agar posisi lidah tetap dengan tempatnya.

Otot-otot intrisik lidah berasal dari dalam lidah bersama berada dalam jaringan ikat lidah. Otot ini mengubah bentuk bersama ukuran lidah dengan saat berbicara bersama menelan. Otot tersebut terdiri atas : otot longitudinalis superior, otot longitudinalis inferior, otot transversus linguae, bersama otot verticalis linguae. Untuk menjaga agar pergerakan lidah terbatas ke arah posterior bersama menjaga agar lidah tetap dengan tempatnya, lidah berhubungan langsung dengan frenulum lingual, yaitu lipatan membran mukosa yg berada dengan bagian tengah sumbu tubuh bersama terletak di permukaan bawah lidah, yg menghubungkan langsung antara lidah dengan dasar dari rongga mulut.

Pada bagian dorsum lidah (permukaan atas lidah) bersama permukaan lateral lidah, lidah ditutupi oleh papila. Papila adalah proyeksi dari lamina propria yg ditutupi oleh epitel pipih berlapis. Sebagian dari papila memiliki kuncup perasa, reseptor dalam proses pengecapan, sebagian yg lainnya tidak. Namun, papila yg tidak memiliki kuncup perasa memiliki reseptor untuk sentuhan bersama berfungsi untuk menambah gaya gesekan antara lidah bersama makanan, sehingga mempermudah lidah untuk menggerakkan makanan di dalam rongga mulut.

Lidah merupakan suatu massa otot lurik yg diliputi oleh membran mukosa. Serabut-serabut otot satu sama lain saling bersilangan dalam 3 bidang, berkelompok dalam berkas-berkas, biasanya dipisahkan oleh jaringan penyambung. Pada permukaan bawah lidah, membran mukosanya halus, sedangkan permukaan dorsalnya ireguler, diliputi oleh banyak tonjolan-tonjolan kecil yg dinamakan papilae.

Papilae lidah merupakan tonjolan-tonjolan epitel mulut bersama lamina propria yg diduga bentuk bersama fungsinya berbeda. Terdapat 4 jenis papilae, yaitu:

1. Papilae filiformis: mepunyai bentuk penonjolan langsing bersama konis, sangat banyak, bersama terdapat di seluruh permukaan lidah. Epitelnya tidak mengandung puting kecap (reseptor).

2. Papilae fungiformis menyerupai bentuk jamur karena mereka mempunyai tangkai sempit bersama permukaan atasnya melebar. Papilae ini, mengandung puting pengecap yg tersebar dengan permukaan atas, secara tidak teratur terdapat di sela-sela antara papilae filoformis yg banyak jumlahnya.

3. Papilae foliatae, tersusun sebagai tonjolan-tonjolan yg sangat padat sepanjang pinggir lateral belakang lidah, papila ini mengandung banyak puting kecap.

4. Papilae circumvallate merupakan papilae yg sangat besar yg permukaannya pipih meluas di atas papilae lain. Papilae circumvalate tersebar dengan daerah “V” dengan bagian posterior lidah. Banyak kelenjar mukosa bersama serosa (von Ebner) mengalirkan isinya ke dalam alur dalam yg mengelilingi
pinggir masing-masing papila.

Susunan yg menyerupai parit ini memungkinkan aliran cairan yg kontinyu di atas banyak puting kecap yg terdapat sepanjang sisi papila ini. Aliran sekresi ini penting untuk menyingkirkan partikel-partikel dari sekitar puting kecap sehingga mereka becus menerima bersama memproses rangsangan pengencapan yg baru. Selain kelenjar-kelenjar serosa yg berkaitan dengan jenis papila ini, terdapat kelenjar mukosa bersama serosa kecil yg tersebar di seluruh dinding rongga mulut lain-epiglotis, pharynx, palatum, bersama sebagainya-untuk memberi respon terhadap rangsangan kecap.

Berikut ini penampang lidah bersama bagian-bagiannya:


Didalam papillae terdapat banyak putting pengecap (taste buds). Setiap putting pengecap terdiri atas dua jenis sel seperti berikut ini :


1. Sel-sel pengecap memiliki tonjolan-tonjolan seperti rambut yg menonjol keluar dari pengecap.
2. Sel-sel penunjang yg berfungsi untuk menyokong sel-sel pengecap.

Indera pengecap yg terdapat di lidah memiliki 4 modalitet rasa, yaitu:
a. Manis : dengan puncak ataupun ujung lidah.
b. Asin : dengan tepi lidah (samping kiri bersama kanan).
c. Asam : dengan tepi lidah (samping kiri bersama kanan).
d. Pahit : dengan punca lidah.


D. PENYAKIT PADA LIDAH


Berikut ini adalah beberapa penyakit lidah:

1.SARIAWAN

Sariawan ataupun canker sores ataupun ulkus aftosa merupakan gejala erosi dengan kulit mulut, yakni di bagian dinding dalam pipi ataupun lidah. Penyebab dari sariawan ini adalah diantaranya: kekurangan vitamin C, alergi, mengkonsumsi makanan / minuman yg terlalu panas, kekurangan asupan zat besi, ataupun bisa juga disebabkan oleh penurunan daya tahan tubuh.

Pada dasarnya sariawan merupakan luka terbuka yg bisa menimbulkan rasa nyeri. Dalam ukuran kecil  dengan diameter kurang dari 1 cm, sariawan bisa berdiri dalam satu kelompok yg terdiri dari 2 - 3 luka yg biasanya bakal sembuh dalam waktu kurleb 10 hari tanpa meninggalkan bekas

Meskipun tergolong penyakit lidah yg sederhana, sariawan ini bakal cukup menggangu aktivitas yg bakal dijalankan oleh lidah anda.

2.KANKER LIDAH

 Kanker lidah merupakan suatu pertumbuhan jaringan yg tidak normal (neoplasma) yg mucul dari jaringan epitel mukosa lidah

Keganasan kanker lidah terjadi paling sering dengan bagian tengah lateral lidah bersama seringkali asimtomatik. Penyebaran kanker ini  bisa meluas melalui submukosa ke basal lidah bersama menyerang garis tengah ataupun ke lateral menuju dasar mulut.

Tembakau bersama alkohol merupakan dua hal yg disinyalir sebagai pemicu semakin cepatnya pertumbuhan sel kanker lidah. Namun ada juga hal lain  yang becus memicunya seperti jarang merawat kebersihan gigi, pemakaian gigi tiruan yg tidak sesuai .

3.GEOGRAPHIC TOUNGE

GEOGRAPHIC TOUNGE merupakan peradangan dengan lidah yg biasanya bersifat kronis bersama terjadi lamun ada gangguang dengan saluran pencernaan. Penyakit dengan lidah dinamakan GEOGRAPHIC TOUNGE karena bercak dengan lidah seperti pulau pulau. Bagian Pulau itu berwarna merah bersama lebih licin. Pada kondisi yg lebih parah, daerah berbentuk pulau bakal dikelilingi lapisan tebal berwarna putih. Penyakit dengan lidah ini bisa terjadi akibat alergi.

4.PERADANGAN PADA LIDAH (ATROPHIC GLOSSITIS)

Atrophic Glosstis adalah suatu penyakit dengan lidah yg ditandai dengan kondisi lidah yg kehilangan rasa karena degenerasi ujung papil (bagian menonjol dengan selaput yg berlendir di bagian atas lidah).

Penderita yg mengalami penyakit dengan lidah ini . lidahnya bakal tampak licin bersama mengkilat, baik seluruh bagian lidah maupun hanya sebagian. Penyakit ini sering kali timbul akibat kekurangan zat besi. Oleh karena itu penyakit dengan lidah ini banyak ditemukan dengan penderita anemia.

5.FISSURED TOUNGE

 FISSURED TOUNGE ataupun lidah retak retak merupakan penyakit dengan lidah yg membuat lidah yg membuat lidah tampak seperti terbelah ataupun retak retak. Garis retakan yg berdiri jumlahnya kadang hanya satu bersama berada di tengah lidah. Namun bisa juga bercabang cabang kondisi ini tidak terlalu membahayakan, tapi sewaktu waktu becus menimbukan perih bersama nyeri di lidah.

6.LIDAH BERSELAPUT (COATED TOUNGE)

Penyakit dengan lidah ini merupakan kondisi klinis dengan dorsum lidah tampak tertutup oleh suatu lapisan yg umumnya berwarna putih ataupun mengikuti warna dari jenis makanan ataupun minuman yg dikonsumsi. Selaput lidah ini bisa terjadi pad orang yg mengalami penyakit kronis bersama sistemik, dehidrasi bersama penyakit infeksi.

7.GLOSSOPYROSIS

Jika seseorang menderita penyakit dengan lidah yg satu ini, lidah mereka bakal terasa perih bersama terbakar, namun tidak ditemukan gejala apa pun dalam pemeriksaan. Penggunaan obat kumur dalam jangka waktu panjang yg sering, ditambah lamun cairan obat kumur tersebut mesih sangat pekat, bisa menimbulkan GLOSSOPYROSIS dengan lidah.

8.GLOSOPTOSIS

Glosoptosis sama dengan penyakit dengan lidah yg berupa lidah yg tertarik ke belakang. Pada bayi baru timbul ataupun dengan anak-anak kondisi glosoptosis sangan berbahaya karena bisa saja sewaktu-waktu lidahnya menutup saluran nafas yg bila tidak segera ditangani dengan benar bisa menyebabkan kematian

Penyakit dengan lidah iti tidak bakal terjadi lamun kebersihan daerah mulut terjaga. Menjaga kebersihan mulut yg paling sederhana adalah dengan :

@Menggosok gigi minimal dua kali sehari
@Membersihkan lidah dengan alat tertentu
@Hindari menggunakan obat kumur secara berlebihan
@Menghindari makanan bersama minuman dengan suhu ekstrem,
@Mengontrolkan kesehatan gigi anda setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi.
@Bila ketika merasakan hal yg ganjil dengan lidah, ada baiknya lamun periksakan kesehatan anda.
Referensi :
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=sistem-pencernaan-manusia-lengkap-dgn
http://dosenbiologi.com/manusia/fungsi-lidah-manusia
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=sistem-pencernaan-manusia-lengkap-dgn 
https://plus.google.com/112811728148721842799/posts/gbVJJiFFhrj

Demikian artikel tentang Lidah Manusia, meliputi Pengertian Lidah, Fungsi Lidah Manusia, Bagian-bagian lidah bersama fungsinya, serta penyakit dengan lidah manusia. Semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment