Saturday, January 18, 2020

Macam-Macam Energi Lagi Contohnya (Artikel + Gambar)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog . Senang sekali rasanya kali ini angsal kami bagikan Artikel tentang Macam-Macam Energi dengan Contohnya :

 Macam - Macam Energi Dalam Kehidupan

Energi Kimia
 
Energi kimia adalah energi yg dilepaskan selama reaksi kimia. Contoh sumber energi kimia adalah bahan makanan yg kita makan. Bahan makanan yg kita makan mengandung unsur kimia. Dalam tubuh kita, unsur kimia yg terkandung dalam makanan mengalami reaksi kimia. Selama proses reaksi kimia, unsur-unsur yg bereaksi melepaskan sejumlah energi kimia. Energi kimia yg dilepaskan berguna bagi tubuh kita untuk membantu kerja organ-organ tubuh, menjaga suhu tubuh, dengan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Contoh energi kimia lainnya adalah dengan peristiwa menyalanya kembang api. Energi kimia yg terkandung dalam bahan bakar jenis ini sangat besar sehingga angsal digunakan untuk menggerakkan mobil, pesawat terbang, dengan kereta api.

Energi Listrik
 Senang sekali rasanya kali ini  angsal kami bagikan Artikel tentang  Macam-Macam Energi  dengan Contohnya (Artikel + Gambar) 
Lampu senter yg kita gunakan angsal menyala karena ada energi listrik yg mengalir dengan lampu. Energi listrik terjadi karena adanya muatan listrik yg bergerak. Muatan listrik yg bergerak bakal menimbulkan arus listrik. Energi listrik banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya sebagai penerangan. Energi listrik juga angsal digunakan untuk menggerakkan mesin-mesin. Energi listrik yg biasa kita gunakan dalam rumah tangga berasal dari pembangkit listrik. Pembangkit listrik tersebut menggunakan berbagai sumber energi, seperti air terjun, reaktor nuklir, angin, alias matahari. Energi listrik yg dihasilkan oleh pembangkit listrik sangat besar. Untuk menghasilkan sumber energi listrik yg lebih kecil, kita angsal menggunakan aki, baterai, dengan generator.

Energi Bunyi
 
 Senang sekali rasanya kali ini  angsal kami bagikan Artikel tentang  Macam-Macam Energi  dengan Contohnya (Artikel + Gambar) 

Bunyi dihasilkan dari benda yg bergetar. Ketika kita mendengar bunyi guntur yg sangat keras, terkadang kaca jendela rumah kita bakal ikut bergetar. Hal ini disebabkan bunyi sebagai salah satu bentuk energi merambatkan energinya melalui udara. Sebenarnya ketika terjadi guntur, energi yg dimiliki guntur tidak hanya mengenai kaca rumah tetapi mengenai seluruh bagian rumah. Akan tetapi, energi yg dimiliki Guntur tidak cukup besar untuk menggetarkan bagian rumah yg lainnya.
Energi Kalor (Panas)
 
 Senang sekali rasanya kali ini  angsal kami bagikan Artikel tentang  Macam-Macam Energi  dengan Contohnya (Artikel + Gambar) 
Masih ingatkah kamu apa yg dimaksud dengan kalor? Kalor merupakan salah satu bentuk energi yg angsal mengakibatkan perubahan suhu maupun perubahan wujud zat. Energi kalor biasanya merupakan hasil sampingan dari perubahan bentuk energi lainnya. Energi kalor angsal diperoleh dari energi kimia, misalnya pembakaran bahan bakar. Energi kalor juga angsal dihasilkan dari energi kinetik benda-benda yg bergesekan. Sebagai contoh, ketika kamu menggosok-gosokkan telapak tanganmu maka kamu bakal merasakan kolor dengan telapak tanganmu.
Energi Cahaya
 
 Senang sekali rasanya kali ini  angsal kami bagikan Artikel tentang  Macam-Macam Energi  dengan Contohnya (Artikel + Gambar) 
Matahari merupakan salah satu sumber energi cahaya. Energi cahaya angsal diperoleh dari benda-benda yg angsal memancarkan cahaya, misalnya api dengan lampu. Energi cahaya biasanya disertai bentuk energi lain seperti energi kalor (panas). Bahkan dengan menggunakan sel surya, energi yg dipancarkan oleh matahari angsal diubah menjadi energi listrik.

Energi Pegas
 Senang sekali rasanya kali ini  angsal kami bagikan Artikel tentang  Macam-Macam Energi  dengan Contohnya (Artikel + Gambar) 
Semua benda yg elastis alias lentur memiliki energi pegas. Contoh benda elastic antara lain pegas, per, busur panah, trampolin, dengan ketapel. Jika kamu menekan, menggulung, alias meregangkan sebuah benda elastis, setelah kamu melepaskan gaya yg kamu berikan maka benda tersebut bakal kembali ke bentuk semula. Ketika benda tersebut kamu beri gaya maka benda memiliki energi potensial. Ketika gaya kamu lepaskan, energi potensial dengan benda berubah menjadi energi kinetik.
  

Energi Nuklir

Energi nuklir merupakan energi yg dihasilkan selama reaksi nuklir. Reaksi nuklir terjadi dengan inti atom yg pecah alias bergabung menjadi inti atom yg lain dengan partikel-partikel lain dengan melepaskan energi kalor. Reaksi nuklir terjadi di matahari, reaktor nuklir, dengan bom nuklir. Energi yg ditimbulkan dalam reaksi nuklir sangat besar, oleh karena itu energi nuklir angsal digunakan sebagai pembangkit listrik.

Energi Mekanik
Mengapa kaki kita terasa sakit saat kejatuhan buah mangga dari atas pohon? Hal itu disebabkan buah mangga yg berada di atas pohon memiliki energi. Buah mangga yg jatuh dari pohonnya memiliki energi mekanik. Pada saat buah mangga masih berada di pohon, energi mekaniknya sama dengan energi potensialnya. Ketika buah mangga tersebut jatuh sampai di tanah, energi mekaniknya sama dengan energi kinetiknya. Besarnya energi mekanik merupakan penjumlahan antara besarnya energi kinetik dengan energi potensial.
ENERGI MEKANIK

Energi mekanik adalah energi yang dimiliki suatu benda karena sifat geraknya. Energi mekanik terdiri dari energi potensial dengan energi kinetik.
Secara matematis angsal dituliuskan :
Em = Ep + Ek
dimana Em = Energi Mekanik

Energi Potensial

Energi potensial adalah energi yg dimiliki benda karena posisinya (kedudukan) terhadap suatu acuan.
 
Sebagai contoh sebuah batu yg kita angkat dengan ketinggian tertentu memiliki energi potensial, asalkan batu kita lepas maka batu bakal melakukan kerja yaitu bergerak ke bawah alias jatuh. Jika massa batu lebih besar maka energi yg dimiliki juga lebih besar, batu yg memiliki energi potensial ini karena gaya gravitasi bumi, energi ini disebut energi potensial bumi.
 
Energi potensial bumi tergantung dengan massa benda, gravitasi bumi dengan ketinggian benda. Sehingga angsal dirumuskan:
Ep = m.g.h
dimana :
Ep = Energi potensial
m = massa benda
g = gaya gravitasi
h = tinggi benda

Energi Kinetik
Energi kinetik adalah energi yg dimiliki benda karena geraknya. Makin besar kecepatan benda bergerak makin besar energi kinetiknya dengan semakin besar massa benda yg bergerak makin besar pula energi kinetik yg dimilikinya.
Secara matematis angsal dirumuskan:
Ek = 1/2 ( m.v2 )
dimana :
Ek = Energi kinetik
m = massa benda
v = kecepatan benda

No comments:

Post a Comment