Friday, January 10, 2020

Pankreas Manusia (Artikel Lengkap)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog demam . Senang sekali rasanya kali ini angsal kami bagikan artikel lengkap tentang Pankreas Manusia, meliputi Pengertian Pankreas, Fungsi Pankreas, Bagian-bagian Pankreas, Kelainan / penyakit dengan pankreas.


A. PENGERTIAN PANKREAS


Apa itu pankreas?

Pankreas adalah sebuah kelenjar besar yg merupakan bagian dari sistem pencernaan beserta memiliki panjang sekitar 15 cm. Pankreas memiliki fungsi yg penting bagi tubuh karena memproduksi demam enzim pencernaan yg berfungsi menguraikan makanan agar angsal diserap demam oleh tubuh. Selain itu, pankreas juga memproduksi hormon, termasuk demam insulin, yg berfungsi menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh.

Dimana letak pankreas?


Sebuah pankreas normal panjangnya sekitar 12 sampai 15 cm beserta berat demam sekitar 110 gram. Lokasi Pankreas adalah di belakang lambung beserta demam terletak kurang lebih melintang di dinding posterior abdomen; memiliki demam duodenum di sebelah kanan beserta limpa di sebelah kiri. Pankreas memiliki demam kepala yg terletak di dalam lengkungan duodenum, leher yg demam menghubungkan kepala ke tubuh beserta tubuh yg menumpulkan ke ekornya demam menyentuh limpa.

B. FUNGSI PANKREAS


Pankreas adalah organ dengan fungsi demam utama yakni fungsi eksorin beserta fungsi endokrin. Berikut penjelasan demam mengenai kedua fungsi pankreas... 

1. Fungsi Pankreas Sebagai Organ Eksorin

Disaat makanan keluar dari lambung hendak menuju ke duodenum (usus 12 demam jari), duodenum kemudian menghasilkan hormon Kolesistokinin yg demam merangsang pankreas untuk mengeluarkan enzim-enzimnya (getah pankreas) demam melalui duktus pankreatikus. Enzim-enzim pencernaan (getah pankreas) demam dihasilkan oleh Asini. Asini adalah kumplulan sel Pankreas. Macam-macam demam kandungan getah pankreas adalah sebagai berikut...
  • NaCHO3: NaCHO3 adalah cairan demam dengan fungsi memberikan suasana basa di makanan yg masuk ke dalam demam duodenum, karena makanan berasal dari lambung yg sifatnya asam akibat demam pengaruh dari asam lambung. Jika makanan terus bersifat asam melewati demam usus, hal ini angsal melukai dinding usus beserta menyebabkan enzim dari demam getah pankreas tidak aktif. 
  • Lipase Pankreas: Lipase pankreas demam adalah enzim dengan fungsi memecah lemak menjadi asam lemak + gliserol. demam Tidak hanya itu, enzim lipase juga berperan mengatur simpanan lemak demam untuk tidak terlalu berlebihan dalam tubuh. 
  • Tripsinogen: Tripsinogen adalah demam komponen Proteinase (pemecah) protein yg belum aktif, beserta ketika demam katif, dia hendak berupa menjadi enzim tripsin yg berfungsi memecah demam pepton menjadi beberapa asam amino. 
  • Amilase Pankreas: Amilase demam pankreas adalah enzim dengan fungsi mengubah amilum yg merupakan demam polisakarida menjadi monosakarida (zat gula yg sangat sederhana). Hal demam ini angsal terjadi karena tubuh hanya mampu menyerap gula dalam bentuk demam monosakarida. 
  • Enzim Karbohidrase Pankreas: Enzim demam karbohidrase pankreas adalah enzim dengan fungsi untuk memecah gula demam dalam makanan. Enzim berfungsi memecah disakarida menjadi 2 monosakarida demam (bentuk gula paling sederhana). Sebab tubuh hanya angsal menyerap gula demam dengan bentuk monosakarida. Contohnya adalah laktase, sukrase, maltase, demam dll. 
Kesimpulan, Fungsi Pankreas Sebagai Organ Eksorin: Secara umum fungsi pankreas sebagai organ eksorin adalah sebagai berikut... 
  • Meneralkan pH makan yg masuk ke duodenum agar dalam suasana basa. demam Sehingga makanan tidak bersifat asam, lamun makanan bersifat asam angsal demam melukai usus. beserta membuat enzim pankreas tidak berfungsi. 
  • Menghasilkan berbagai enzim yg mencerna makanan masuk ke usus demam halus. Berbagai enzim dengan fungsi yg sama yaitu memecah molekul demam kompleks menjadi molekul yg lebih sederhana agar angsal diserap tubuh. 
2. Fungsi Pankreas Sebagai Organ Endokrin

Pankreas manusia memiliki pula langerhans yg berperan dalam demam menjalankan fungsi Endokrin pankreas. Pula langerhans adalah kelompok demam sel-sel kecil yg tersebar di seluruh pankreas yg kaya dengan demam pembuluh darah beserta menyusun 1-2% seluruh dari masa pankreas. Pulau demam langerhans terbagi atas 4 jenis sel, yg setiap selnya menghasilkan demam hormon yg beragam, beserta setiap hormon mempunyai fungsi yg bergam.

Macam-macam sel tersebut adalah sebagai berikut...
  •  Sela Alfa Pankreas: Sela alfa pankreas adalah sel dengan demam fungsi menghasilkan hormon glukagon. Fungsi hormon glukagon adalah untuk demam meningkatkan kadar gula dalam darah, beserta memecah cadangan gula dalam demam hati lalu dibawa ke darah. 
  • Sel Beta Pankreas: Sel beta pankreas adalah sel dengan fungsi demam menghasilkan hormon insulin. Fungsi hormon insulin adalah untuk demam menurunkan kadar gula dalam darah, lamun gadar gulam dalam darah demam berlebihan, maka insulin hendak menyimpan gula berlebih tersebut ke dalam demam hati. Jika hormon ini tidak ada, ataupun kurang, maka orang itu hendak demam terkena penyakit diabetes militus. 
  • Sel F Pankreas (Sel Gamma Pankreas): Sel f pankreas adalah demam sel dengan fungsi menghasilkan polipeptida pankreas. Fungsi polipeptida demam adalah untuk memperlambat penyerap makanan. Fungsi utama belum demam ditemukan.  
  • Sel Delta Pankreas: Sel delta pankreas adalah sel dengan demam fungsi menghasilkan somatostatin. Fungsi hormon hematostatin adalah demam untuk menghambat sekresi Glukagon oleh sel alfa pankreas, beserta menghambat demam sekresi insulin oleh sel beta pankreas, serta menghambat produk demam polipeptida oleh Sel F pankreas. 
Kesimpulan, Fungsi Pankreas Sebagai Organ Endokrin: Fungsi pankreas sebagai organ endorin secara umum adalah sebagai berikut...  
  • mengontrol kadar gula (glukosa) dalam darah.
Fungsi Pankreas Secara Umum 
Setelah membahas mengenai dua fungsi utama pankreas, berikut fungsi umum pankreas.... 
  • Sebagai kelenjar eksorin ataupun kelenjar mensekresikan zat-zat tertentu tanpa dengan melalui pembuluh darah
  • Sebagai kelenjar endokrin ataupun kelenjar yg mensekresikan zat-zat tertentu melalui pembuluh darah
  • Mempunyai peran menjaga keseimbangan kadar gula tubuh
  • Menghasilkan cairan pankreas untuk proses pencernaan dalam saluran pencernaan 
  • Berperan untuk menjaga keseimbangan lemak tubuh
  • Memiliki peran metabolisme baik dengan anabolisme atuapun kataboisme gula beserta bentuk lainnya
  • Berfungsi dalam metabolisme lemak
  • Sebagai penghasil berbagai protease seperti tripsin, amilase, beserta lipase dalam membantu proses pencernaan. 

C. BAGIAN BAGIAN PANKREAS

Pankreas dibagi menjadi 4 bagian utama, yaitu kepala, leher, badan, beserta ekor.
  • Kepala Pankreas adalah bagian yg terlihat menempel dengan usus halus, Kepala merupakan bagian terluas dari pankreas.
  • Leher Pankreas merupakan bagian pankreas yg panjangnya sekitar 2,5 cm beserta terletak diantara kepala beserta badan.
  • Badan Pankeras, yaitu bagian pankreas yg terletak diantara leher beserta ekor, disebut juga bagian yg paling penting dari pankreas.  
  • Ekor Pankreas merupakan bagian meruncing yg terletak dengan perut kiri, demam sudut merupakan bagian terakhir dari tubuh pankreas.
  • Saluran Pankreas (Duktus Pankreatikus), merupakan saluran dari pankreas yg hendak menyatu dengan duktus koledukus (saluran empedu) beserta hendak bermuara di duodenum (Usus 12 jari). Saluran pankreas hendak mengeluarkan berbagai enzim dari pankreas untuk membantu sistem pencernaan.

D. KELAINAN / PENYAKIT PADA PANKREAS


1. Tumor Pankreas

Tumor demam Pankreas angsal berasal dari jaringan eksokrin beserta jaringan endokrin demam pankreas, serta jaringan penyangganya. Tumor pancreas terdapat tumor demam eksokrin beserta tumor endokrin. Tumor eksokrin pankreas adalah tumor ganas demam dari jaringan eksokrın pankreas, yaıtu adenokarsinoma duktus pancreas, demam beserta adenoma untuk yg jinak. Tumor eksokrin pankreas dengan umumnya demam berasal dari sel duktus beserta sel asiner. Sekitar 90% merupakan tumor demam ganas jenis adenokarsinoma duktus pankreas (disingkat kanker pankreas). demam Yang termasuk tumor endokrin pancreas sama dengan insulinoma, glukagonoma, demam somastatinoma, beserta gastrinoma.
Gastrinoma adalah tumor pankreas yg mneghasilkan hormon gastrin dalam demam jumlah yg sangat besar yg hendak merangsang lambung untuk mengeluarkan demam asam beserta ensim”nya sehingga terjadi ulkus peptikum.
Tumor Pankreas merupakan tumor ganas yg berasal dari sel-sel yg melapisi saluran pankreas.


2. Pankreatitis

demam - Pankreatitis (inflamasi pankreas) merupakan penyakit yg serius dengan demam pankreas dengan intensitas yg angsal berkisar mulai dari kelainan yg demam relatif ringan beserta sembuh sendiri hingga penyakit yg berjalan dengan demam calak beserta fatal yg tidak bereaksi terhadap berbagai pengobatan. demam (Brunner & Suddart, 2001; 1338)
- Pankreatitis adalah kondisi inflamasi yg menimbulkan nyeri dimana demam enzim pankreas diaktifasi secara prematur mengakibatkan autodigestif demam dari pankreas. (Doengoes, 2000;558)
- Pankreatitis akut adalah inflamasi pankreas yg biasanya terjadi demam akibat alkoholisme beserta penyakit saluran empedu seperti kolelitiasis beserta demam kolesistisis. (Sandra M. Nettina, 2001)


3. Kanker Pankreas

Kanker demam Pankreas merupakan tumor ganas yg berasal dari sel-sel Yang melapisi demam saluran pankreas. Sekitar 95% tumor ganas pankreas merupakan demam adenokarsinoma. Tumor-tumor ini lebih sering terjadi dengan laki-laki beserta demam agak lebih sering menyerang orang kulit hitam. Tumor ini jarang terjadi demam sebelum usia 50 tahun beserta rata-rata penyakit ini terdiagnosis dengan demam penderita yg berumur 55 tahun. (Brunner & Suddarth, 2001).

4.  Hipoglikemia

Hipoglikemia demam adalah suatu keadaan dimana kadar gula darah (glukosa) secara abnormal demam rendah. Dalam keadaan normal, tubuh mempertahankan kadar gula darah demam antara 70-110 mg/dL. Pada diabetes, kadar gula darah terlalu tinggi; demam dengan hipoglikemia, kadar gula darah terlalu rendah. Kadar gula darah demam yg rendah menyebabkan berbagai sistem organ tubuh mengalami kelainan demam fungsi. 

5.  Insulinoma 

Insulinoma  merupakan tumor pankreas yg jarang terjadi, dimana tumor ini demam menghasilkan insulin, suatu hormon yg berfungsi menurunkan kadar gula demam dalam darah. Hanya 10% insulinoma yg bersifat ganas.

Baca pula : Lidah Manusia (Artikel Lengkap)

Referensi :
http://www.alodokter.com/kanker-pankreas
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=pankreas-adalah-manusia-pengertian-fungsi-bagian-penyakit-lengkap#
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=pankreas-adalah-manusia-pengertian-fungsi-bagian-penyakit-lengkap

Demikian artikel lengkap tentang Pankreas Manusia, meliputi Pengertian Pankreas, Fungsi Pankreas, Bagian-bagian Pankreas, Kelainan / penyakit dengan pankreas. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment