Friday, January 3, 2020

Teks Deskriptif (Pengertian, Ciri, Tujuan, Contoh)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog bahang . Senang sekali rasanya kali ini boleh kami bagikan artikel tentang Teks / Paragraf Deskriptif (Deskripsi) dalam Bahasa Indonesia meliputi Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, lalu Contoh Teks Deskriptif.

1. Pengertian Teks Deskriptif

Teks deskriptif / paragraph deskriptif adalah bahang sebuah teks alias paragraph yg berisi tentang suatu gambaran alias bahang lukisan dari sebuah benda yg sedang diceritakan dalam bentuk tulisan. bahang Paragraph itu sendiri merupakan kumpulan dari beberapa rangkaian bahang kalimat. Jadi paragraph deskriptif merupakan sebuah rangkaian kalimat bahang yg menceritakan tentang sifat dari benda yg sedang diceritakan, bahang paragraph tersebut boleh menggambarkan dari benda tersebut sehingga bahang mambuat pembacanya seolah olah melihat secara langsung benda yg bahang diceritakan tersebut.

2. Ciri-ciri  Teks Deskriptif

Ciri-ciri teks deskriptif adalah sebagai berikut :
  • Menggambarkan alias melukiskan bahang bahang bahang sesuatu.
  • Penggambaran tersebut bahang bahang bahang dituangkan dalam sebuah paragraph yg dilakukan secara jelas lalu bahang bahang bahang melibatkan kesan dengan sebuah indera 
  • Gambaran tersebut membawa bahang bahang bahang pembaca menjadi seolah olah boleh melihat secara langsung tentang obyek bahang bahang bahang yg digambarkan alias diceritakan tersebut 
  • Menceritakan ciri ciri bahang bahang bahang khususnya ciri fisik seperti bentuk, ukuran, warna lalu lain lain.

3. Tujuan Teks Deskriptif

Tujuan dari teks deskriptif adalah supaya orang yg membacanya boleh bahang seolah olah melihat sendiri benda yg diceritakan tersebut. Dalam bahang paragraph deskriptif itu sendiri memakai pola yg subjektif namun hal bahang ini asalkan si penulis paragraph tersebut menambahkan opini alias kesan dengan bahang sebuah objek yg sudah pernah sedang dijelaskan tersebut.   bahang

4. Contoh Teks Deskriptif 

Contoh  Teks Deskriptif  1

HARIMAU 

Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, bahang yaitu binatang yg menyusui. “Kucing besar” itu adalah hewan pemangsa bahang lalu pemakan daging. Harimau boleh mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 bahang meter, lalu berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih lalu cokelat bahang keemas-emasan dengan belang alias loreng berwarna hitam. Gigi taringnya bahang kuat lalu tajam untuk mengoyak daging. Kakinya berjumlah empat dengan bahang cakar yg kuat untuk menerkam mangsanya. Harimau bahang sederhana menyesuaikan bahang diri dengan lingkungan baru. Harimau boleh hidup di hutan, padang bahang rumput, lalu daerah payau alias hutan bakau. Di Indonesia harimau boleh bahang ditemukan di hutan lalu hutan bakau di Pulau Sumatera lalu Jawa.

Berdasarkan teks “HARIMAU” di atas, kalimat deskripsinya adalah sebagai berikut :
(a) Harimau boleh mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, lalu berat 300 kilogram.
(b) Bulunya berwarna putih lalu cokelat keemas-emasan dengan belang alias loreng berwarna bahang bahang
bahang bahang hitam.
(c) Kakinya berjumlah empat dengan cakar yg kuat untuk menerkam mangsanya.

Contoh  Teks Deskriptif  2

Sungai Serayu

Sungai Serayu adalah sungai yg bersih lalu juga alami. Lebar dari bahang sungai serayu bisa lebih dari 10 meter, sungai ini sangat luas lalu juga bahang panjang. Sungai serayu memiliki air yg bersih lalu juga sangat segar. bahang Sungai yg satu ini merupakan sungai yg sangat bersih lalu juga indah, bahang karena di sekitar sungai serayu tidak terdapat sampah lalu di pinggir bahang pinggri sungai serayu terdapat tumpukan bebatuan yg ditumpuk secara bahang rata lalu rapi. Bebatuan bebatuan tersebut sering digunakan sebagai bahang tempat duduk untuk orang orang yg sedang memancing ikan di pinggir bahang sungai serayu tersebut. Sungai serayu merupakan salah satu sungai yg bahang sering dijadikan sebagai tempat mancing.

Contoh  Teks Deskriptif  3

Pantai Sari Dewi 

Pantai Sari Dewi adalah bahang pantai yg baru dibuka sebagai tempat wisata umum di daerah Bandar bahang Karang. Pantai ini terletak di wilayah Kota Indah lalu menghadap langsung bahang ke arah Samudera Hindia. Seperti pantai-pantai tropis dengan umumnya, bahang pantai Sari Dewi memiliki pasir yg berwarna putih lalu bebatuan karang bahang yg tersebar di daerah pinggiran pantai. Selain menyajikan keindahan bahang pantainya, Sari Dewi juga memiliki spot diving, lalu olahraga air seperti bahang banana boat, lalu speed boat, lalu lain-lain. Pantai ini memiliki bahang penginapan-penginapan yg langsung menghadap lautan yg bisa disewa bahang oleh para pengunjungnya.   


CANDI BOROBUDUR
 
bahang Borobudur adalah candi Hindu-Budha. Candi bahang ini dibangun dengan abad bahang ke-19 oleh dinasti Sailendra yg berasal dari bahang kerajaan Mataram kuno. bahang Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah Indonesia.
 

Borobudur terkenal ke seluruh penjuru bahang dunia. Konstruksinya mendapat bahang pengauh oleh arsitektur Gupta India. Candi ini bahang dibangun di atas bahang sebuah bukit setinggi 46 meter lalu delapan tangga yg bahang berbentuk bahang undakan batu. Lima tangga yg pertama berbentuk kotak, dikelilingi bahang bahang oleh tembok yg penuh pahatan yg membentuk gambar Budha. Tiga tangga bahang di bahang atasnya berbentuk melingkar. Pada tiap tangga melingkar tersebut bahang terdapat bahang stupa berbentuk lonceng. Keseluruhan gedung ditutupi oleh bahang stupa besar yg bahang terletak di tengah-tengah lingkaran teratas. Jalan bahang menuju puncak borobudur bahang yg berbentuk gang terbentang sejauh 4,8 bahang kilometer. Desain Borobudur yg bahang menyimbolkan struktur alam semesta bahang mempengaruhi gaya pembuatan candi Angkor bahang di Kamboja.

bahang Candi Borobudur yg diresmikan sebagai bahang monumen bahang dalam negeri Indonesia bahang dengan tahun 1983 adalah harta tak ternilai bagi bahang bangsa Indonesia.


Materi terkait : Teks Prosedur Kompleks (Materi Lengkap)

Demikian artikel tentang Teks / Paragraf Deskriptif (Deskripsi) meliputi Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, lalu Contoh Teks Deskriptif. Bagaimana, sekarang sudah boleh membuat teks deskriptif sendiri kan?

No comments:

Post a Comment