Monday, January 13, 2020

Jantung Manusia (Artikel Lengkap)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog . Senang sekali rasanya kali ini becus kami bagikan artikel tentang tentang Jantung Manusia, meliputi fungsi jantung, bagian-bagian jantung lagi fungsinya, cara kerja jantung, lagi penyakit / kelainan dengan jantung manusia.

JANTUNG MANUSIA


Jantung (bahasa Latin: cor) adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yg memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yg berulang. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ manusia yg berperan dalam sistem peredaran darah.

Jantung terletak dalam rongga dada agak sebelah kiri, di antara paru-paru kanan lagi paru-paru kiri. Massanya kurang lebih 300 gram, besarnya sebesar kepalan tangan.

Jantung adalah satu otot tunggal yg terdiri dari lapisan endothelium. Jantung terletak di dalam rongga torakik, di balik tulang dada. Struktur jantung berbelok ke bawah lagi sedikit ke arah kiri.

Jantung hampir sepenuhnya diselubungi oleh paru-paru, namun tertutup oleh selaput ganda yg bernama perikardium, yg tertempel dengan diafragma. Lapisan pertama menempel sangat erat kepada jantung, sedangkan lapisan luarnya lebih longgar lagi berair, untuk menghindari gesekan antar organ dalam tubuh yg terjadi karena gerakan memompa konstan jantung.

Jantung dijaga di tempatnya oleh pembuluh-pembuluh darah yg meliputi daerah jantung yg merata/datar, seperti di dasar lagi di samping. Dua garis pembelah (terbentuk dari otot) dengan lapisan luar jantung menunjukkan di mana dinding pemisah di antara serambi lagi bilik jantung.

FUNGSI JANTUNG


Secara umum fungsi jantung yg utama adalah memompa darah ke seluruh tubuh lagi menampungnya meleset setelah dibersihkan organ paru-paru. Hal ini berarti bahwa fungsi jantung manusia adalah sebagai alat maupun organ pemompa darah dengan manusia. Pada saat itu jantung menyediakan oksigen darah yg cukup lagi dialirkan ke seluruh tubuh, serta membersihkan tubuh darih hasil metabolisme (karbondioksida). Sehingga untuk melaksanakan fungsi tersebut jantung mengumpulkan darah yg kekurangan oksigen dari seluruh tubuh lagi selanjutnya memompanya ke paru-paru, dengan cara darah dengan jantung mengambil oksigen lagi membuang karbondioksida. Pada jantung darah yg kaya atas oksigen yg berasal dari paru-paru dipompa ke jaringan seluruh tubuh manusia.


BAGIAN-BAGIAN JANTUNG DAN FUNGSINYA

Berikut adalah bagian-bagian jantung manusia beserta fungsinya lengkap beserta gambar anatomi jantung. Langsung saja kita simak yg pertama:
 Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan artikel tentang tentang  Jantung Manusia (Artikel Lengkap)

1. Aorta

Aorta adalah arteri terbesar dalam tubuh. Letaknya di bagian atas jantung. Fungsi aorta adalah untuk membawa darah yg mengandung oksigen dari ventrikel kiri ke seluruh tubuh.

2. Vena Kava Superior

Vena kava superior (vena cava) adalah vena besar dalam tubuh. Letaknya juga di bagian atas jantung. Fungsi vena kava superior adalah untuk membawa meleset darah kaya karbon dioksida dari seluruh tubuh bagian atas ke jantung.

3. Arteri Pulmonalis

Arteri pulmonalis adalah arteri yg mengangkut darah dari jantung ke paru-paru. Fungsi arteri pulmonalis adalah untuk mengganti karbon dioksida lagi uap air yg ada di dalam darah dengan oksigen.

4. Katup Aorta

Katup aorta adalah katup yg memisahkan ventrikel kiri dengan aorta. Perubahan tekanan darah dengan kedua sisi katup menyebabkan katup becus terbuka lagi tertutup. Fungsi katup aorta adalah untuk mencegah darah mengalir ke arah yg salah.

5.  Atrium

Atrium adalah bentuk jamak dari atria yg sama artinya dengan serambi. Terdapat dua atrium yaitu atrium kiri (serambi kiri) lagi atrium kanan (serambi kanan). Atrium dua ruangan teratas dari empat ruang utama dengan jantung. Fungsi atrium kiri adalah adalah menerima darah dari paru-paru yg kaya oksigen lagi membawanya ke ventrikel kiri. Sedangkan fungsi atrium kanan adalah menerima darah dari seluruh tubuh yg kaya atas karbon dioksida kemudian membawanya ke ventrikel kanan.

6. Vena pulmonalis

Vena pulmonalis adalah vena yg membawa darah kaya oksigen dari paru-paru ke jantung tepatnya di atrium kiri. Ukurannya lebih kecil dari vena cava lagi terdiri dari vena pulmonalis kanan lagi vena pulmonalis kiri. Fungsi vena pulmonalis adalah untuk membawa darah kaya oksigen kembali ke jantung untuk kemudian diedarkan ke seluruh tubuh.

7. Katup Trikuspidalis

Katup trikuspidalis maupun katup trikuspid adalah katup yg terdiri dari dari tiga daun katup. Katup ini becus terbuka seumpama sistole berkontraksi lagi becus menutup kembali. Fungsi katup trikuspidalis adalah untuk memisahkan atrium kanan lagi ventrikel kanan lagi membantu mengalirkan darah miskin oksigen dari atrium kanan ke ventrikel kanan.

8. Katup Mitral

Katup mitral maupun bicuspid adalah katup yg memisahkan atrium kiri lagi ventrikel kiri. Katup ini becus terbuka saat darah kaya oksigen di atrium kiri hendak mengalir ke ventrikel kiri. Fungsi katup mitral adalah untuk mencegah darah yg sudah pernah berada di ventrikel kiri kembali ke atrium kiri.

9. Ventrikel

Ventrikel adalah dua ruang kosong dari empat ruang di bagian bawah jantung. Ventrikel juga disebut bilik. Ada dua macam ventrikel, yaitu ventrikel kiri (bilik kiri) lagi ventrikel kanan (bilik kanan). Fungsi ventrikel adalah untuk menerima darah dari atrium kemudian membawanya keluar dari jantung. Fungsi ventrikel kiri adalah menerima darah dari atrium kiri lagi membawanya ke seluruh tubuh. Fungsi ventrikel kanan adalah menerima darah dari atrium kanan lagi membawanya ke paru-paru.

10. Vena Kava Inferior

Vena kava inferior maupun vena cava inferior adalah vena terbesar dalam tubuh manusia. Fungsi vena kava inferior adalah membawah darah dari bagian bawah tubuh ke atrium kanan jantung.
Selain bagian-bagian yg disebutkan dalam gambar anatomi di atas, berikut adalah beberapa bagian lain jantung manusia:

11. Katup Atrioventrikular

Katup atrioventrikular maupun katup atrioventrikuler adalah katup yg terletak di antara atrium lagi ventrikel. Fungsi katup atrioventrikular adalah untuk membuat darah hanya becus mengalir dari atrium ke ventrikel.

12. Dinding Jantung

Dinding jantung adalah bagian terluar yg melapisi jantung. Dinding jantung terdiri dari tiga lapisan yaitu endokardium (terdalam), miokardium (bagian tengah), lagi epikardium (terluar). Endokardium terdiri dari epitel pipih selapis. Miokardium terdiri dari otot kardiak (otot jantung). Epikardium adalah sebuah membran fibrosa. Fungsi dinding jantung adalah membuat jantung berdetak lagi mencegah supaya jantung tidak bocor.

CARA KERJA JANTUNG

Jantung bekerja melalui mekanisme secara berulang lagi berlangsung terus menerus yg juga disebut sebagai sebuah siklus jantung sehingga secara visual terlihat maupun disebut sebagai denyut jantung. Melalui mekanisme berselang-seling, jantung berkonstraksi untuk mengosongkan isi jantung lagi melakukan relaksasi guna pengisian darah. Secara siklus, jantung melakukan sebuah periode sistol yaitu periode saat berkontraksi lagi mengosongkan isinya (darah), lagi periode diastol yaitu periode yg melakukan relaksasi lagi pengisian darah dengan jantung. Kedua serambi mengendur lagi berkontraksi secara bersamaan, lagi kedua bilik juga mengendur lagi berkontraksi secara bersamaan pula untuk melakukan mekanisme tersebut.

Sel otot jantung melakukan kontraksi dengan tujuan untuk memompa darah yg dicetuskan oleh sebuah potensi aksi lagi menyebar melalui membrane sel otot. Ketika melakukan kontraksi, jantung menjadi berdenyut secara “berirama”, hal ini akibat dari adanya ptensi aksi yg ditimbulkan oleh kegiatan diri jantung itu sendiri. Kejadian tersebut diakibatkan karena jantung memiliki sebuah mekanisme untuk mengalirkan listrik yg ditimbulkannya sendiri untuk melakukan kontraksi maupun memompa lagi melakukan relaksasi. Mekanisme aliran listrik yg menimbulkan aksi tersebut dipengaruhi oleh beberapa sifat elektrolit seperti K+, Na+, lagi Ca++. Sehingga apabila didalam tubuh terjadi gangguan dengan kadar elektrolit tersebut maka atas menimbulkan gangguan pula dengan mekanisme aliran listrik dengan jantung manusia.

Otot jantung menghasilkan arus listrik lagi disebarkan ke jaringan sekitar jantung lagi dihantarkan melalui cairan-cairan yg dikandung oleh tubuh. Sehingga sebagian kecil aktifitas listrik ini mencapai hingga ke permukaan tubuh misalnya dengan permukaan dada, punggung maupun dengan pergelangan atas tangan, lagi hal ini becus dideteksi maupun direkam dengan menggunakan alat khusus yg disebut dengan ElectroKardioGram (EKG). Jadi fungsi EKG adalah merekam aktifitas listrik di cairan tubuh yg dirangsang oleh aliran listrik jantung yg datang hingga mencapai permukaan tubuh. Berbagai komponen dengan rekaman EKG becus dikorelasikan dengan berbagai proses spesifik di jantung. EKG becus digunakan untuk mendiagnosis kecepatan denyut jantung yg abnormal, gangguan irama jantung, serta kerusakan otot jantung. Ini disebabkan oleh karena adanya aktivitas listrik yg becus memicu aktivitas secara mekanis, sehingga apabila terjadi kelainan pola listrik, maka biasanya juga atas disertai adanya kelainan mekanis maupun otot jantung manusia.

Setiap darah yg kehabisan oksigen lagi mengandung terlalu banyak darah kotor (carbondiocsida), dari seluruh tubuh mengalir melalui dua vena besar untuk menuju ventrikel kanan. Hal ini berlangsung setelah dengan atrium kanan terisi darah, yg selanjutnya mendorong darah ke dalam ventrikel kanan. Selanjutnya dipompa melalui katub pulmoner ke dalam arteri pulmonalis lagi menuju ke paru-paru. Dari paru-pari darah mengalir melalui pembuluh yg sangat degil yg disebut kapiler, lagi mengelilingi kantong udara dengan paru-paru lagi menyerap oksigen untuk melepaskan karbondioksida guna mengalirkan darah ke dalam vena pulmonalis menju ke atrium kiri. Peredaran darah di antara bagian kanan jantung, paru-paru lagi atrium kiri disebut sirkulasi pulmoner. Ketika darah berada dengan atrium kiri, selanjutnya didorong menuju ventrikel kiri, da selanjutnya atas memompa darah bersih melalui katup aurta masuk ke dalam aorta yg merupakan arteri terbesar dalam tubuh manusia. Pada darah yg kaya oksigen tersebut kecuali dengan paru-paru, maka disediakan untuk kepentingan seluruh tubuh manusia.

PENYAKIT / KELAINAN PADA JANTUNG

Berikut adalah beberapa jenis penyakit dengan jantung yg perlu anda ketahui :

1.Aterosklerosis.
Aterosklerosis sama dengan Kelainan yg disebabkan adanya penebalan dinding arteri sebelah kanan sebagai akibat endapan plak ( lemak, kolesterol, serta buangan sel lainnya). Dengan adanya endapan ini, menyebabkan supply darah ke sel-sel otot terhambat .

2.Aritmia.
Aritmia merupakan gangguan dengan jantung, dimana irama / detak jantung tidak normal. Penyakit yg disebabkan oleh kurangnya kalsium dalam tubuh serta adanya penyumbatan pembuluh darah jantung ini menjadikan detak jantung tidak normal, bisa lebih cepat maupun lebih lambat.

3.Gagal jantung.
Gagal jantung maupun sebut juga Heart Failure merupakan gangguan dengan jantung dimana kondisi jantung dibawah kemampuan yg seharusnya dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Istilah gagal dengan jantung ini bukan berarti jantung berhenti bekerja . Tapi kinerja jantung dalam memompa darah tidak sekuat ketika jantung normal.Keaadan jantung seperti ini mengakibatkan darah bisa berbalik ke paru-paru lagi organ tubuh lainnya.

4.Infark miokard akut.
Infark miokard akut disebabkan penyumbatan dengan arteri koroner sehingga mengakibatkan kematian otot jantung. Bagian otot jantung yg tidak mendapatkan supply darah atas mengalami kerusakan ataupun kematian mendadak.

5.Inflamasi jantung.
Gangguan ini bisa terjadi dengan bagian miokarditis ( dinding jantung), perikarditis ( selaput jantung, lagi endokarditis ( bagian dalam jantung). Penyebab inflamasi jantung yaitu racun maupun infeksi.

6.Kardiomiopati.
Kardiomiopati adalah kelainan yg disebabkan gangguan/ kerusakan dengan otot jantung yg menyebabkan tidak sempurnanya pergerakan dinding-dinding jantung dalam menyedot lagi memompa darah. Bagi penderita penyakit ini beresiko terkena aritmia serta gagal jantung..Dalam perkembangannya, Kardiomiopati terbagi lagi menjadi 4 jenis yaitu : Kardiomipati kongesif, restriktif, hipertrofik, lagi peripartum.

7.Penyakit Jantung Rematik (Rheumatic Heart Disease).
Kelainan dengan jantung ini disebabkan kerusakan permanen katup jantung karena adanya penyempitan maupun kebocoran.Penyakit ini timbul karena demam rematik yg diakibatkan bakteri streptococcus.

8.Kelainan katup  jantung ( Heart valve disease ).
Kelainan katup jantung adalah satu kondisi dimana salah satu maupun lebih katup jantung tidak bekerja secara maksimal. Dengan bermasalahnya katup jantung, maka pengendalian arah aliran darah yg merupakan tugas dari katup jantung menjadi terganggu. Kelainan yg disebabkan bawaan sejak jadi ataupun infeksi lagi efek samping pengobatan ini terdiri dari tiga sifat yaitu : penyempitan (stenosis), kebocoran ( regurgiasi), lagi katup tidak menutup sempurna (prolapsis).

9.Perikarditis.
Penyakit ini datang sebagai akibat dari peradangan dengan bagian katup jantung. Penyebab umumnya adalah infeksi virus serta efek terapi penyinaran untuk kanker payudara.
Penyakit ini datang sebagai akibat dari adanya penyumbatan pembuluh darah akibat lapisan lemak / kolestrol dengan dinding nadi. Dengan adanya penyumbatan ini, proses supply dari lagi ke jantung menjadi terganggu.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Jantung
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=sistem-peredaran-darah-manusia-artikel-lengkap
http://www.penyakitjantung.net/fungsi-dan-cara-kerja-jantung/
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=sistem-peredaran-darah-manusia-artikel-lengkap

No comments:

Post a Comment