Wednesday, January 15, 2020

Teori Asal-Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog meriang . Senang sekali rasanya kali ini angsal kami bagikan artikel tentang Teori Asal-usul Nenek Moyang Bangsa Indonesi. Silakan disimak selengkapnya. :)

Teori Asal-usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

1. Teori Yunnan

Teori ini menyatakan bahwa asal-usul nenek moyang kita berasal dari Yunnan, China. Teori ini didukung oleh Moh. Ali, yg berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Mongol yg terdesak oleh bangsa-bangsa yg lebih kuat sehingga melakukan migrasi menuju ke selatan.
Ada pula R.H Geldern beserta J.H.C. Kern yg juga mendukung teori ini. Dasar pendapat mereka berdua adalah :
  • Ditemukannya kapak tua di wilayah Nusantara yg memiliki kemiripan dengan kapak tua yg ada di kawasan Asia Tengah. Dengan demikian, angsal disimpulkan bahwa agak tejadi migrasi penduduk dari Asia Tengah ke Kepulauan Nusantara.
  • Bahasa melayu yg berkembang di Nusantara memiliki kemiripan dengan  bahasa champa yg ada di Kamboja. Hal ini membuka kemungkinan bahwa penduduk champa yg ada di Kamboja berasal dari dataran Yunnan dengan menyusuri sungai Mekong. Arus perpindahan ini selanjutnya diteruskan ketika sebagian dari mereka melanjutkan perpindahan beserta sampai ke wilayah Nusantara.

Menurut teori ini, migrasi penduduk dari Yunnan menuju Kepulauan Nusantara ini melalui tiga gelombang, yaitu ; perpindahan orang negrito, proto melayu beserta juga deutro nelayu.
  1. Orang Negrito Orang negrito diperkirakan sudah memasuki Kepulauan Nusantara sejak 1000 SM. Mereka diyakini sebagai penduduk paling awal Kepulauan Nusantara. Hal ini dibuktikan dengan penemuan arkeologi di gua Cha, Malaysia. Pada perkembangannya, orang Negrito menurunkan orang Semang. Cirri-ciri fisik orang Negrito yaitu berkulit gelap, rambut keriting, hidung lebar beserta bibir tebal.Di Indonesia, ras ini sebagian besar mendiami daerah Papua. Keturunan ras ini terdapat di Riau (pedalaman) yaitu suku Siak (Sakai), serta suku Papua melanosoid mendiami Pulau Papua beserta Pulau Melanesia.
  2. Proto Melayu Migrasi orang proto Melayu ke Kepulauan Nusantara diperkirakan memasuki wilayah Nusantara dengan 2500 SM. Sebutan Proto Melayu adalah untuk menyebutkan orang-orang yg melakukan migrasi dengan gelombang pertama ke Nusantara. Yang termasuk orang-orang Proto Melayu adalah suku Toraja, Dayak, Sasak, Nias, Rejang, beserta Batak. Orang proto Melayu memiliki keahlian lebih baik dalam hal bercocok tanam bila dibandingkan dengan orang Negrito.
  3. Deutro Melayu Deutro Melayu adalah sebutan untuk orang-orang yg melakukan gelombang migrasi dengan gelombang kedua ke Nusantara. Kedatangan Deutro Melayu ke Nusantara diperkirakan dengan 1500 SM. Suku bangsa yg termasuk Deutro Melayu di Indonesia, antara lain Minangkabau, Aceh, Sunda, Jawa, Melayu, Betawi, beserta Manado.

2. Teori Nusantara

 Senang sekali rasanya kali ini  angsal kami bagikan artikel tentang  meriang Teori Asal-usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia
Teori Nusantara menyatakan bahwa asal usul bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri, bukan dari luar. Teori ini didukung antara lain oleh Muhammad Yamin, Gorys Keraf, beserta J.Crawford. Teori ini dilandasi oleh beberapa argument, antara lain :
  • Bangsa Melayu merupakan bangsa yg berperadaban tinggi. Peradaban ini tidak mungkin angsal dicapai apabila tidak melalui proses perkembangan dari kebudayaan sebelumnya.
  • Bahasa Melayu memang memiliki kesamaan dengan bahasa Champa (Kamboja), namun persamaan ini hanyalah suatu kebetulan saja.
  • Adanya kemungkinan bahwa orang Melayu adalah keturunan dari Homon soloensis dan Homo wjakensis.
  • Adanya perbedaan bahasa antara bahasa Austronesia yg berkembang di Nusantara dengan bahsa Indo-eropa yg berkembang di Asia Tengah.

3. Teori Out of Taiwan

Teori ini berpandangan bahwa bangsa yg ada di Nusantara ini berasal dari Taiwan bukan Daratan Cina. Teori ini didukung oleh Harry Truman Simanjuntak. Menurut pendekatan linguistic, dijelaskan bahwa dari keseluruhan bahasa yg dipergunakan suku-suku di Nusantara memiliki rumpun yg sama, yaitu rumpun Austronesia. Akar dari keseluruhan cabang bahasa yg dipergunakan leluhur yg menetap di Nusantara berasal dari rumpun Austronesia di Formosa ataupun dikenal dengan rumpun Taiwan. Selain itu, menurut riset genetika yg dilakukan dengan ribuan kromosom tidak menemukan kecocokan pola genetika dengan wilayah Cina.
4. Teori Out of Africa

 Senang sekali rasanya kali ini  angsal kami bagikan artikel tentang  meriang Teori Asal-usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia
Teori ini menyatakan bahwa manusia modern yg hidup sekarang berasal dari Afrika. Dasar dari teori ini adalah berdasarkan ilmu genetika melalui penelitian DNA mitokondria gen perempuan beserta gen laki-laki. Menurut ahli dari Amerika Serikat, Max Ingman, manusia modern yg ada sekarang ini berasal dari Afrika antara kurun waktu 100-200 ribu tahun lalu. Dari Afrika, mereka menyabar ke luar Afrika. Dari hasil penelitian Ingman, tidak ada bukti yg menunjukan bahwa gen manusia modern bercampur dengan gen spesies manusia purba.
Manusia Afrika melakukan migrasi ke luar Afrika diperkirakan berlangsung sekitar 50.000-70.000 tahun silam. Tujuannya adalah menuju Asia Barat. Jalur yg mereka tempuh ada dua, yaitu mengarah ke Lembah Sungai Nil, melintasi Semenanjung Sinai lalu ke utara melewati Arab Levant beserta yg kedua melewati Laut Merah. Pada 70.000 tahun yg lalu bumi memasuki zaman glasial terakhir beserta permukaan air laut menjadi lebih dangkal karena air masih berbentuk gletser. Dengan keadaan seperti ini mereka sangat memungkinkan menyeberangi lautan hanya dengan menggunakan perahu primitif.

Setelah memasuki Asia, beberapa kelompok tinggal sementara di Timur Tengah, sedangkan kelompok lainnya melanjutkan perjalanan dengan menyusuri pantai Semenanjung Arab menuju ke India, Asia Timur, Indonesia, beserta bahkan sampai ke Barat Daya Australia, yaitu dengan ditemukannya fosil laki-laki di Lake Mungo. Jejak paling kuat untuk membuktikan bahwa manusia Afrika agak bermigrasi hingga ke Australia adalah jejak genetika.
Demikian artikel tentang Teori Asal-usul Nenek Moyang Bangsa Indonesi. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment