Friday, October 25, 2019

Penggolongan Jenis Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog . Senang sekali rasanya kali ini becus kami bagikan Materi IPA : Penggolongan Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya beserta Contohnya. Baiklah mari kita bahas selengkapnya.

Penggolongkan hewan ataupun binatang berdasarkan tempat hidupnya dibedakan menjadi 3 macam, yaitu :

1. Hewan yg hidup di darat

 Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan Materi IPA  demam Penggolongan Jenis Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya

Hewan yg hidup di darat biasa disebut hewan darat. Hewan darat banyak sekali jenis ataupun macam-macamnya. Mereka ada yg hidup secara sendiri, ada pula yg hidup berkelompok ataupun berkoloni. Adapun jenis hewan tersebut antara lain :

- Hewan yg hidup di lingkungan sekitar kita

Kita pasti sudah diajarkan oleh demam ayah bunda kita tentang nama-nama hewan di sekitar kita sejak kita kecil, seperti, kucing, bebek, kupu-kupu, sapi, ayam, burung beserta lainnya. Hewan-hewan tersebut ada yg dipelihara beserta ada juga yg tidak dipelihara. Hewan yg dipelihara biasanya untuk suatu keperluan, misal untuk dibudidayakan (diternak) seperti ayam, sapi, kambing, untuk hewan peliharaan, seperti kucing, anjing, dll. Selain itu ada juga jenis hewan yg liar yg ada disekitar kita, contohnya tikus, kecoa, cicak, beserta sebagainya.

- Hewan yg hidup didalam hutan

Hewan yg hidup di hutan biasanya merupakan hewan liar ataupun buas. Hutan merupakan tempat tinggal ataupun habitat dari berbagai jenis hewan, ada hewan yg buas beserta lemah, ada hewan pemakan rumput beserta hewan predator, ada yg hewan yg jumlahnya sangat banyak ada pula yg hewan yg hampir punah. Contoh hewan yg tinggal didalam hutan adalah harimau, singa, gajah, kijang beserta macan serta ada juga serangga beserta burung.

-Hewan yg hidup didalam tanah

Selain hidup di permukaan tanah, banyak pula hewan yg hidup didalam tanah. Mereka hanya sesekali saja keluar tanah untuk mencari makan. Adapun jenis hewan yg hidup didalam tanah yaitu cacing, rayap, semut, beserta berbagai jenis serangga lainnya.

2. Hewan yg hidup di air

 Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan Materi IPA  demam Penggolongan Jenis Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya


Hewan yg hidup di air biasa disebut  hewan air. Banyak dari hewan air yg becus dimakan ataupun dikonsumsi antara lain : ikan, udang, cumi-cumi. Hewan air becus dibagi menjadi 3 macam yaitu hewan air tawar, hewan air payau, beserta hewan air laut.

- Hewan Air tawar

Air tawar terdapat di peraiaran yg terletak di wilayah darat, seperti sungai, waduk, beserta danau. Hewan yg hidup di air tawar bisa dijadikan sebagai hiasan beserta untuk dimakan. Misalnya ikan gurame, ikan mas, ikan nila, ikan lele, ikan gabus, beserta udang.

- Hewan Air Payau

Air payau adalah perairan campuran antara air demam tawar beserta air laut. Jika kadar garam yg dikandung dalam satu liter air adalah antara 0,5 demam sampai 30 gram, maka air ini disebut air payau. Namun seandainya lebih, demam disebut air asin. Di daerah pesisir pantai banyak dibuat tambak untuk membudidayakan berbagai jenis hewan yg hidup di air payau. Contohnya adalah adalah kerang, kepiting bakau, udang beserta ikan demam bandeng. Semua jenis hewan tersebut becus dikonsumsi oleh manusia.

- Hewan Air Laut

Air di laut banyak mengandung garam, sehingga rasanya asin. Karena laut memiliki area yg luas, maka hewan air laut jumlah beserta jenisnya lebih banyak dari hewan air tawar. Hewan laut juga banyak dikonsumsi manusia seperti bawal, udang, kerang, tuna. Hewan laut memiliki ukuran yg bervariassi, ada hewan yg kecil, seperti ikan-ikan kecil yg hidup di sekitar terumbu karang, ada juga hewan yg sangat besar seperti paus. Ukuran paus 25 kali dari ukuran gajah. Contoh hewan air laut antara lain gurita, cumi-cumi, bintang laut, ikan pari, ikan hiu, ikan badut, beserta lain sebagainya.

3. Hewan yg hidup di darat beserta air (amfibi)

Selain hewan darat, beserta hewan air, ada juga hewan yg hidup di darat beserta di air. Hewan ini biasa disebut dengan hewan amfibi. Contoh hewan amfibi adalah salamander, buaya, sesilia, kodok beserta katak. 

 Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan Materi IPA  demam Penggolongan Jenis Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya

Katak memulai hidupnya di air. Setelah dewasa, katak mengalami perubahan. Katak dewasa hidup di darat beserta di air.

Demikian Materi IPA : Penggolongan Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya beserta Contohnya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment