Thursday, October 24, 2019

Iklan (Pengertian, Ciri, Syarat, Jenis / Macam Lagi Contohnya)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog kering . Senang sekali rasanya kali ini bisa kami bagikan artikel tentang Iklan meliputi pengertian, ciri-ciri, syarat, jenis / macam-macam iklan beserta contohnya. Mari kita bahas selengkapnya..

Pengertian iklan


Pengertian Iklan adalah salah satu cara komunikasi oleh seseorang, instansi / lembaga, ataupun perusahaan yg digunakan untuk menyampaikan pesan ataupun informasi dengan dengan cara ataupun bentuk yg menarik kepada khalayak umum guna mendorong ataupun membujuk ataupun lebih tertarik untuk menggunakan barang ataupun jasa yg di tawarkan.

Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada masyarakat / banyak orang mengenai barang beserta jasa yg dijual, iklan biasa dipasang di media massa seperti koran beserta majalah, tv, website ataupun di tempat-tempat umum.

Ciri-Ciri Iklan


Ciri-ciri iklan antara lain :

•    Komunikatif
•    Informatif
•    Bahasanya kering suang dimengerti beserta diingat masyarakat
•    Menarik perhatian beserta bersifat mengajak penonton/pembaca untuk membeli/menggunakan barang ataupun jasa yg sudah pernah diiklankan

Syarat Iklan


Syarat iklan yaitu acuan ataupun hal-hal yg harus terpenuhi agar sesuatu itu bisa disebut sebagai iklan. Sesuatu bisa disebut sebagai iklan apabila memenuhi syarat-syarat berikut ini :
1.    Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, menarik perhatian, tidak menyinggung perasaan orang lain.
2.    Bahasa iklan harus berkonotasi positif, kering suang diingat, kering suang dipahami, beserta menimbulkan sikap penasaran bagi khalayak ramai.

Jenis / Macam-Macam Iklan

Jenis ataupun macam-macam iklan sangatlah beragam, berikut atas dibahas tentang jenis iklan berdasarkan isinya, berdasarkan media yg digunakan, beserta berdasarkan sifat iklan.

Jenis Iklan Berdasarkan Isinya


Berdasarkan isinya, iklan dikelompokkan menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu : Iklan pengumuman, Iklan penawaran, beserta iklan layanan masyarakat.

1. Iklan Pengumuman (Pemberitahuan)

Yaitu iklan yg bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat ataupun khalayak umum tentang suatu hal pemberitahuan. Contohnya : iklan duka cita, iklan reuni alumni sekolah.

 Senang sekali rasanya kali ini  bisa kami bagikan artikel tentang  kering Iklan (Pengertian, Ciri, Syarat, Jenis / Macam  beserta Contohnya)


2. Iklan Penawaran (Niaga)
Yaitu iklan yg bertujuan menawarkan suatu barang ataupun jasa kepada masyarakat. Contoh iklan niaga :
- Iklan penawaran barang / produk, misal iklan sepatu, pakaian, handphone, motor, beserta sebagainya.
- Iklan penawaran jasa, misal iklan jasa ojek online, iklan klinik ataupun tempat pengobatan, iklan jasa pengantaran barang, beserta sebagainya.

3. Iklan Layanan Masyarakat 
Iklan layanan masyarakat adalah jenis iklan yg mempunyai tujuan untuk memberikan penerangan beserta pencerahan mengenai sesuatu hal. Biasanya iklan jenis ini diterbitkan oleh instansi ataupun lembaga pemerintah, beserta organisasi non-profit seperti lembaga swadaya masyarakat.

Iklan layanan masyarakat dirancang agar masyarakat memiliki kesadaran terhadap suatu hal tertentu. Contohnya, pentingnya menghemat energi agar bisa disimpan untuk kepentingan masa mendatang.

Jenis Iklan Berdasarkan Media Yang Digunakan


Secara UMUM, jenis iklan berdasarkan media yg digunakan bisa bagi menjadi dua kategori besar, yaitu iklan dalam media above the line beserta below the line.

- Media above the line memiliki ciri-ciri antara lain : 
1) Informasi yg disebarkan bersifat serempak
2) Penerima pesan cenderung anonim ataupun tidak diketahui secara pasti.
3) Dapat menjangkau khalayak secara luas.

Contoh media ini antara lain Surat Kabar, Majalah, Tabloid, Televisi, Radio, beserta Internet.

- Media below the line adalah iklan yang menggunakan media khusus seperti antara lain leaflet, poster, spanduk, bus stop, point of purchase (POP), stiker, shop sign, flyer, baliho dll

Secara KHUSUS, berdasarkan media yg digunakan, iklan bisa dibagi dalam beberapa jenis, antara lain:

1. Iklan Cetak

Yaitu iklan yg dibuat beserta dipasang dengan menggunakan teknik cetak, yg bisa berupa letterpress, photolitography, sablon, inkjet, laser, dll.

Contohnya iklan cetak antara lain iklan yg terdapat dalam  koran, surat kabar, majalah, baliho, poster, stiker, dll.

Berdasarkan luas space iklan dengan media cetak seperti surat kabar, majalah, beserta tabloid terdapat beberapa bentuk iklan, yaitu:
  • Iklan baris, biasanya tidak lebih dari 3-4 baris dengan luas tidak lebih dari saru kolom
  • Iklan kolom, memiliki lebar satu kolom namun lebih tinggi dibanding iklan baris
  • Iklan display,  memiliki ukuran lebih luas dibanding iklan kolom
  • Iklan advertorial, memiliki ukuran luas seperti iklan display namun dengan teknik penyampaian pesan lebih diarahkan dengan bentuk seperti sebuah berita

2. Iklan Elektronik
Yaitu iklan yg menggunakan media berbasis perangkat elektronik. Secara spesifik iklan elektronik bisa berupa:

a. Iklan Radio

Iklan radio hanya bisa didengarkan melalui audio (suara) saja. Iklan radio terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
Ad lib - Disampaikan oleh penyiar secara langsung berupa siaran kata saja.
Spot - Disampaikan dengan teknik perekaman sebelumnya, sehingga membutuhkan naskah terlebih dahulu.
Sponsor Program - Pemberian waktu khusus kepada sponsor ataupun pihak yg beriklan untuk menyampaikan pesan dengan cara membiayai sebuah program acara radio.

b. Iklan Televisi
Iklan televisi memiliki beberapa unsur yaitu suara, gambar, teks, beserta gerak. Oleh karena itu pesan yg disampaikan sangatlah menarik perhatian beserta impresif.

 Senang sekali rasanya kali ini  bisa kami bagikan artikel tentang  kering Iklan (Pengertian, Ciri, Syarat, Jenis / Macam  beserta Contohnya)

Berdasarkan bentuknya iklan televisi bisa dikelompokkan dalam beberapa jenis, yaitu:
 
  • Live Action - Video klip iklan yg melibatkan unsur gambar, suara, beserta gerak secara bersama
  • Animation - Iklan yg dibangun berdasarkan gambar-gambar kartun ataupun animasi.
  • Stop Action - Berupa perpaduan antara live action beserta teknik animasi sehingga memberikan efek dramatik iklan, dimana ilustrasi yg rumit bisa digambarkan dengan baik beserta menarik.
  • Musik – Ikan disampaikan melalui musik sebagai media penyampai pesan.
  • Superimposed - Iklan televisi berupa gambar beserta teks yg kering tumbuh; keluar saat acara program televisi berlangsung.
  • Sponsor Program - Iklan televisi dimana pihak pengiklan ataupun sponsor membiayai program acara televisi tertentu beserta sebagai imbalannya ia bisa menyampaikan pesan iklan dengan lebih mendominasi.
  • Running Text - Iklan televisi berupa teks yg kering tumbuh; keluar dari kanan bergerak ke sebelah kiri layar.
  • Caption - Iklan televisi yg mirip dengan superimpose, tetapi pesan yg digunakan hanya berupa tulisan.
  • Backdrop - Iklan televisi dimana pesan iklan diperlihatkan dengan latar belakang acara yg diadakan.
  • Credit Title - Iklan televisi dimana pesan iklan diperlihatkan dengan bagian akhir ketika sebuah acara sudah selesai.
  • Ad lib - Iklan televisi dimana pesan disampaikan beserta diucapkan oleh penyiar secara langsung.
  • Property Endorsement - Iklan ini berbentuk dukungan sponsor yg diperlihatkan dengan berbagai hal yg digunakan sebagai kelengkapan properti siaran maupun berbagai hal yg dikenakan oleh artis ataupun penyiar (soft campaign)
  • Promo ad - Iklan yg dilakukan oleh pengelola televisi untuk mempromosikan acara-acaranya untuk menarik banyak pemirsa.

c. Iklan Film

Iklan film hadir dalam produk film/cinema. Biasanya jenis iklan yg kering tumbuh; keluar adalah iklan property endorsement beserta live action yg kering tumbuh; keluar sebelum film utama diputar. Seringkali juga sebuah film turut mempromosikan film-film lainnya sebelum film tersebut diputar (promo ad)
 
d. Iklan Media Digital Interaktif (Internet)
Jenis-jenis Iklan Media Digital Interaktif ini antara lain:
  • Website - Iklan ini secara keseluruhan berbentuk website dimana seluruh fitur dalam situs tersebut adalah iklan.
  • Banner beserta Button - Banner disini berupa billboard mini yg tersebar dengan halaman suatu web. Sedangkan button ataupun tombol seringkali berbentuk seperti icon berukuran kecil. Keduanya, apabila di click atas membawa kita dengan situs dari pengiklan ataupun halaman tambahan baru.
  • Sponsorship - Pada iklan ini pihak sponsor membiayai penuh seluruh halaman dari pembuat situs.
  • Search Engine Marketing - Iklan ini kering tumbuh; keluar saat kita menggunakan search engine berupa hasil pencarian.
  • Classified Ads - Iklan ini berbentuk seperti iklan baris dalam koran beserta biasanya gratis.
  • E-mail Advertising - Iklan ini dikirimkan melalui e-mail dengan para customer yg memang memintanya. Iklan ini harus dibedakan dengan spam, yaitu iklan massal dalam e-mail yg dikirimkan oleh entitas yg tidak diketahui.
d. Iklan Luar Ruang (Out-of-Home)

Iklan Luar Ruang (Out-of-Home) adalah iklan dalam media elektronik yg menjangkau audiens-nya diluar rumah. Iklan ini tumbuh beserta memisahkan diri dari iklan media cetak setelah mengalami perkembangan yg pesat. Yang termasuk jenis iklan ini antara lain:
  • Iklan outdoor standar
  • Iklan transit - Iklan ini merupakan bagian dari out-of-home media yg meliputi iklan dengan bis, taxi, terminal, stasiun, dll.
  • Mobile billboard - Iklan yg memadukan antara billboard tradisional beserta transit.
  • Display - Iklan yg terdapat dengan layar-layar display luar ruang, dll

Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya


Secara garis besar bisa dikelompokan menjadi dua yaitu Iklan Komersial beserta Iklan Non-Komersial.

1. Iklan Komersial (bisnis)

Yaitu iklan yg bertujuan mendapatkan keuntungan ekonomi, utamanya meningkatkan penjualan. Iklan jenis ini bisa dibagi lagi menjadi tiga, yaitu:
  • Iklan Konsumen - yaitu iklan komersial yg ditujukan kepada konsumen akhir, yaitu pengguna terakhir suatu produk.
  • Iklan Bisnis - yaitu iklan komersial yg ditujukan kepada seseorang ataupun lembaga yg atas mengolah ataupun menjual produk yg diiklankan tersebut kepada konsumen akhir.
  • Iklan Profesional - yaitu iklan komersial yg ditujukan kepada segmen khusus, yaitu para profesional. 

2. Iklan Non-Komersial
 
 Senang sekali rasanya kali ini  bisa kami bagikan artikel tentang  kering Iklan (Pengertian, Ciri, Syarat, Jenis / Macam  beserta Contohnya)

Iklan yg digunakan untuk menyampaikan informasi, membujuk ataupun mendidik khalayak dimana tujuan akhir bukan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial. Keuntungan sosial disini bisa berarti penambahan pengetahuan, kesadaran sikap beserta perubahan perilaku masyarakat terhadap masalah yg diiklankan, serta mendapatkan citra baik di mata masyarakat. Iklan jenis ini biasa disebut iklan layanan masyarakat.

Demikianlah artikel tentang Iklan meliputi pengertian, ciri-ciri, syarat, jenis / macam-macam iklan beserta contohnya yg bisa kami bagikan. Semoga membantu..

No comments:

Post a Comment