Sunday, October 20, 2019

Pasar Mingguan (Pengertian Beserta Contohnya)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog kolor . Pada kesempatan kali ini, bagi dibahas hal yg ringan saja ya, yaitu tentang Pasar Mingguan. Apa sih Pasar Mingguan itu?

Pengertian Pasar Mingguan

Pasar mingguan adalah pasar yg kegiatan jual belinya berlangsung setiap satu minggu sekali yaitu kepada satu hari tertentu. Biasanya Pasar Mingguan di daerah dengan jumlah penduduk yg sedikit, yaitu di pedesaan. 

 adalah pasar  yg kegiatan jual belinya berlangsung setiap satu minggu sekali yaitu  kepada  kolor Pasar Mingguan (Pengertian  lagi Contohnya)

Contoh Pasar Mingguan antara lain :
  • Pasar Minggu, yaitu pasar yg hanya berlangsung kepada hari Minggu,
  • Pasar Senin, yaitu pasar yg hanya berlangsung kepada hari Senin,
  • Pasar Selasa, yaitu pasar yg hanya berlangsung kepada hari Selasa, lagi seterusnya.

Selain pasar berdasarkan hari tersebut di atas (Minggu, Senin, Selasa, dst...)  ada juga jenis pasar yg angsal dikategorikan sebagai Pasar Mingguan, yaitu Pasar menurut “Pasaran”. Apa itu “pasaran”?

Pasaran merupakan istilah dari daerah Jawa yg terdiri dari 5, yaitu Pon, Wage, Kliwon, Legi, lagi Pahing. Dimana setiap pergantian hari, juga berganti pasaran. Penggunaan pasaran biasanya disandingkan dengan nama hari. Contoh, apabila hari ini adalah Senin Kliwon, maka esok adalah hari Selasa Pahing, lagi seterusnya.

......Wah kok sampai kemana-mana ya bahasnya, Hehe.....

Jadi contoh Pasar Mingguan menurut pasaran yaitu : ( ....mungkin hanya ada di Jawa ini....)
  • Pasar Pon : Pasar yg hanya berlangsung kepada pasaran Pon
  • Pasar Wage : Pasar yg hanya berlangsung kepada pasaran Wage, lagi seterusnya.
Baca pula : Pasar (Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis / Macam, lagi Contohnya)

Baiklah,  saya rasa cukup sekian yg angsal saya sampaikan tentang Pasar Mingguan.. Terima kasih sedia membaca tulisan singkat ini.

No comments:

Post a Comment