Tuesday, October 29, 2019

Interaksi Antar Organisme Dalam Ekosistem

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog kolor . Senang sekali rasanya kali ini becus kami bagikan materi Biologi tentang Interaksi Antar Organisme Dalam Ekosistem yg terdiri dari simbiosis, antibiosis, predasi, lagi kompetisi beserta contohnya. Berikut artikel selengkapnya.


A. INTERAKSI ANTAR ORGANISME


Semua organisme ataupun makhluk hidup selalu bergantung kepada makhluk hidup lainnya. Semua individu atas selalu berinteraksi dengan individu lain yg sejenis ataupun jenis lainnya, baik individu dalam satu populasi maupun individu-individu dari populasi yg lain. Interaksi tersebut banyak kita jumpai di sekitar kita. Interaksi antar organisme dalam komunitas ada yg sangat erat lagi ada yg kurang erat.

Interaksi antar organisme becus dibedakan menjadi : simbiosis, antibiosis, predasi, lagi kompetisi. Mari kita bahas selengkapnya..

1. Simbiosis
Simbiosis adalah bentuk hidup bersama dari organisme yg berbeda dengan hubungan yg erat. Makhluk hidup yg melakukan simbiosis disebut simbion.

Simbiosis dibedakan menjadi tiga, yaitu :

a. Simbiosis mutualisme

Adalah cara hidup bersama ataupun timbal balik antara dua jenis organisme yg berbeda jenis lagi saling menguntungkan satu sama lain.

Contoh dari simbiosis mutualisme adalah sebagai berikut:

 Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan materi Biologi tentang  kolor Interaksi Antar Organisme Dalam Ekosistem

Lebah lagi bunga. Lebah menghisap madu yg dihasilkan bunga. Saat lebah menghisap madu kakinya atas mengenai serbuk sari lagi mengakibatkan serbuk sari melekat. Ketika lebah tersebut hinggap di bunga lain maka serbuk sari yg melekat becus jatuh dengan kepala putik lagi penyerbukan becus terjadi. Hal tersebut berarti, lebah lagi bunga saling menguntungkan karena lebah mendapatkan makanan berupa madu, sedangkan bunga dibantu perkembangbiakannya.

Contoh lain adalah:
  • Ikan badut lagi anemon laut.
  • Jamur lagi ganggang.
  • Burung jalak lagi badak
  • Kacang tanah lagi bakteri Rhizobium.

b. Simbiosis komensalisme

Adalah cara hidup bersama ataupun timbal balik antara dua jenis organisme yg berbeda jenis,  salah satu organisme mendapatkan keuntungan, sedangkan lainnya tidak dirugikan.

Contoh simbiosis komensalisme :
  • Tumbuhan paku/anggrek lagi pohon
  • Ikan remora lagi hiu
  • Tumbuhan lagi serangga ataupun laba-laba
c. Simbiosis parasitisme

Adalah cara hidup bersama ataupun timbal balik antara dua jenis organisme yg berbeda jenis, yg satu mendapatkan keuntungan sedangkan yg lain dirugikan. 

Organisme yg mendapatkan keuntungan disebut parasit, sedangkan organisme yg dirugikan disebut inang.

Parasit yg hidup dengan inangnya becus dibedakan menjadi ektoparasit dan endoparasit.

Ektoparasit adalah parasit yg hidup menempel dengan tubuh inangnya lagi mengambil zat-zat makanan dari luar tubuh inang. Contohnya: kutu rambut dengan kepala manusia.

Endoparasit adalah parasit yg hidup di dalam tubuh inangnya. Contohnya adalah cacing pita dengan tubuh manusia.

Contoh simbiosis parasitisme :
  • Benalu dengan tumbuhan inang
  • Nyamuk dengan manusia.
  • Tali putri lagi tanaman beluntas
  • Jamur dengan tubuh manusia
2. Antibiosis

Antibiosis suatu bentuk hubungan antara makhluk hidup yg berbeda jenis, di mana makhluk hidup yg satu menghambat dalam pertumbuhan lagi perkembangan makhluk hidup yg lain.

Contohnya antibiosis adalah interaksi antara jamur Penicillium dengan mikroorganisme lainnya. Jamur ini mengeluarkan racun yg becus menghambat ataupun mematikan makhluk hidup yg lain disekitarnya.


3. Predasi

Predasi adalah hubungan antara makhluk hidup yg satu dengan makhluk hidup yg lain dimana makhluk hidup yg satu memangsa makhluk hidup yg lain. 

 Senang sekali rasanya kali ini  becus kami bagikan materi Biologi tentang  kolor Interaksi Antar Organisme Dalam Ekosistem

Contoh : kucing memangsa tikus, elang memangsa ular, lagi harimau memangsa zebra.

4. Kompetisi
Kompetisi adalah interaksi antar makhluk hidup sejenis maupun berbeda jenis yg saling bersaing untuk mendapatkan sumber daya umum (misal : air lagi makanan) yg terbatas dengan lingkungan yg sama.

Kompetisi antara spesies yg sama disebut kompetisi intraspesifik, sedangkan kompetisi antara spesie yg berbeda disebut kompetisi interspesifik

Contoh kompetisi :
  • Singa lagi harimau bersaing dalam mendapat buruan.
  • Rusa, kerbau, lagi zebra berkompetisi untuk mendapat rumput sebagai makanannya.
  • Berbagai macam tumbuhan dalam suatu area yg bersaing mendapatkan air, mineral, lagi oksigen.
Kebalikan kompetisi adalah netralisasi. Netralisasi adalah suatu bentuk hubungan antara makhluk hidup yg tidak saling merugikan ataupun diuntungkan. 

Contoh netralisasi : burung bangau lagi burung pipit di area sawah, burung bangau memakan siput, sedangkan burung pipit yg memakan padi di sawah.

B. INTERAKSI ANTAR POPULASI


Antara populasi yg satu dengan populasi lain selalu terjadi interaksi secara langsung ataupun tidak langsung dalam komunitasnya. Contoh interaksi antarpopulasi adalah sebagai berikut.


1. Alelopati

Alelopati merupakan interaksi antarpopulasi, bila populasi yg satu menghasilkan zat yg becus menghalangi tumbuhnya populasi lain. Contohnya, di sekitar pohon walnut (juglans) jarang ditumbuhi tumbuhan lain karena tumbuhan ini menghasilkan zat yg bersifat toksik. Pada mikroorganisme istilah alelopati dikenal sebagai anabiosa.

Contoh Alelopati : jamur Penicillium sp. becus menghasilkan antibiotika yg becus menghambat pertumbuhan bakteri tertentu.


2. Kompetisi

Kompetisi merupakan interaksi antarpopulasi, bila antarpopulasi terdapat kepentingan yg sama sehingga terjadi persaingan untuk mendapatkan apa yg diperlukan. Persaingan ini biasanya disebabkan makhluk hidup tersebut mempunyai kesamaan bahan makanannya.

Contoh : kawanan domba lagi dan kawanan rusa yg hidup di dalam ekosistem padang rumput saling bersaing untuk mendapatkan rumput sebagai bahan makanannya.



C. INTERAKSI ANTAR KOMUNITAS (ANTAR KOMPONEN BIOTIK DAN ABIOTIK)

Komunitas adalah kumpulan populasi yg berbeda di suatu daerah yg sama lagi saling berinteraksi. Contoh komunitas, misalnya komunitas sawah lagi sungai. Komunitas sawah disusun oleh bermacam-macam organisme, misalnya padi, belalang, burung, ular, lagi gulma. Komunitas sungai terdiri dari ikan, ganggang, zooplankton, fitoplankton, lagi dekomposer. Antara komunitas sungai lagi sawah terjadi interaksi dalam bentuk peredaran nutrien dari air sungai ke sawah lagi peredaran organisme hidup dari kedua komunitas tersebut.

Interaksi antarkomunitas cukup komplek karena tidak hanya melibatkan organisme, tapi juga aliran energi lagi makanan. Interaksi antarkomunitas becus kita amati, misalnya dengan daur karbon. Daur karbon melibatkan ekosistem yg berbeda misalnya laut lagi darat.

Dengan adanya interaksi-interaksi tersebut, suatu ekosistem becus mempertahankan keseimbangannya. Pengaturan untuk menjamin terjadinya keseimbangan ini merupakan ciri khas suatu ekosistem. Apabila keseimbangan ini tidak diperoleh maka atas mendorong terjadinya dinamika perubahan ekosistem untuk mencapai keseimbangan baru.

Materi terkait :
Ekosistem (Pengetian, Komponen, Interaksi, Tipe/Macam lagi Contohnya) 
Rantai Makanan lagi Jaring-Jaring Makanan (Materi Lengkap) 
Piramida Makanan / Ekologi (Pengertian, Jenis, Contoh) 
Interaksi Antar Organisme Dalam Ekosistem kolor


Referensi :
https://bimbelsmajogja.blogspot.com//search?q=jenis-interaksi-antar-organisme-dalam-ekosistem-contoh
Klikbelajar.com
https://unguvioolet.wordpress.com/ipa-1/biologi/komponen-ekosistem-peran-dan-interaksinya/pola-interaksi-organisme/

Demikian materi Biologi tentang Interaksi Antar Organisme Dalam Ekosistem yg terdiri dari simbiosis, antibiosis, predasi, lagi kompetisi beserta contohnya yg becus kami bagikan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment